Ingin Jago Renang? Pelajari Teknik Macam-Macam Gaya Renang Berikut Ini

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang menarik banyak perhatian dan peminat. Sebab dengan rajin melakukan olahraga tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit. Olahraga sendiri memiliki berbagai cabang yang berbeda. Sebut saja olahraga renang yang saat ini semakin hits di kalangan remaja dengan macam-macam gaya renang terbaik yang memiliki manfaat dan tingkat kesulitan yang berbeda. Tentunya teknik dasar renang ini menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat terutama bagi para pemula untuk dipelajari. 

Macam-Macam Gaya Renang Teknik Dasar Pemula

Selain menyehatkan tubuh, renang juga memiliki daya tarik yang kuat karena dipercaya sebagai cara terbaik untuk membuat tubuh menjadi lebih tinggi. Sehingga banyak tidak heran jika ditemui atlit-atlit renang dengan rata-rata postur tubuh yang tinggi. 

Agar gaya renang Anda bervariasi maka penting sekali untuk menyimak penjelasan macam-macam gaya renang terupdate yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. 

1. Renang Gaya Dada

Di antara maca-macam gaya renang yang ada, renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling sering dilakukan karena tekniknya yang mudah dan santai untuk dilakukan. Gaya renang ini biasanya digunakan bagi para pemula sebagai pelajaran awal bagaimana gaya berenang di air. Pada gaya ini, posisi tubuh dilakukan secara stabil serta bagian kepala dapat berada luar air dengan waktu yang cukup lama. Sebagian orang menyebut gaya renang ini dengan nama gaya katak. 

Teknik untuk melakukan renang gaya dada cukup mudah. Mula-mula Anda harus memposisikan dada menghadap ke permukaan air sedangkan posisi kedua kaki menendang ke arah luar serta kedua tangan yang diluruskan ke arah depan. 

Kemudian kedua tangan yang telah diluruskan ke depan, secara perlahan kedua tangan tersebut dibuka ke arah samping seperti membelah air yang bertujuan untuk membawa tubuh dapat maju  dengan lebih cepat. Sedangkan posisi kaki meniru gaya katak yang juga membantu untuk membawa tubuh berjalan dalam air. 

Dalam melakukan gaya renang jenis ini, Anda dapat mengambil napas ketika berada di permukaan air yaitu setidaknya setelah satu kali perpaduan gerakan tangan dan kaki atau dua kali gerakan tangan dan kaki. Namun di antara macam-macam gaya renang yang ada, gaya katak ini merupakan gaya yang paling lambat untuk dapat sampai ke tepi kolam. 

2. Renang Gaya Punggung

Gaya renang selanjutnya yang juga banyak disukai oleh para perenang adalah berenang dengan menggunakan gaya punggung. Saat berenang menggunakan gaya punggung, posisi tubuh berenang menghadap ke atas serta bagian punggung yang menghadap ke permukaan air. Kelebihan dari gaya renang ini dibandingkan macam-macam gaya renang yang lain adalah pada kemudahan untuk mengambil nafas. 

Dengan posisi wajah yang menghadap ke atas otomatis membuat perenang mudah untuk mengambil pernafasan saat berenang dalam air. Tetapi ada satu hal yang menjadi kelemahan atau kekurangan berenang dengan menggunakan gaya punggung yaitu dari sisi penglihatan yang hanya bisa memandang ke satu arah saja yaitu melihat kea rah atas dana tidak dapat melihat ke arah depan. 

Saat berenang dengan menggunakan gaya ini perenang harus pandai menghitung perkiraan dinding tepi kolam dengan menghitung panjang kolam dan menghitung jumlah gerakkan yang dilakukan. Posisi tubuh dengan gaya renang ini sama dengan saat berenang menggunakan gaya bebas, tetapi posisi tubuh telentang di permukaan air. 

3. Renang Gaya Kupu-Kupu

Didengar dari namanya saja sudah sangat menarik, apalagi kalau mempraktikkannya sendiri di rumah pasti akan jauh lebih seru dan menyenangkan. Namun sebelum Anda mempraktikkan sendiri di rumah terlebih dahulu simak baik-baik penjelasannya ya supaya tidak salah dalam melakukannya.

Berenang dengan gaya kupu-kupu atau juga dikenal dengan gaya renang lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang yang cukup populer di kalangan atlit renang dibandingkan macam-macam gaya renang yang lain. 

Untuk dapat melakukan gaya renang ini, mula-mula Anda harus memposisikan dada menghadap kea rah permukaan air dalam kolam kemudian posisi kedua tangan yang ditekan ke arah bawah secara bersamaan serta diayunkan ke luar sebelum mengayunkannya ke arah depan. Sedangkan untuk kedua kaki diberikan gerakan menendang ke bawah secara bersamaan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. 

Dalam pengambilan nafas pada gaya renang kupu-kupu ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan menghembuskan udara sekuat-kuatnya dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari permukaan  kemudian udara dihirup dari mulut ketika kepala berada di luar air. 

teknik renang gaya dada katak punggung bebas kupu-kupu

4. Renang Gaya Bebas

Cara melakukan renang gaya bebas ini tergolong mudah, yaitu dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air sedangkan kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakkan mengayuh sekuat-kuatnya untuk memperoleh kesempatan maksimal. Untuk gerakkan kedua kaki sendiri dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian. 

Anda bisa menggunakan salah satu gaya renang yang sesuai dengan keinginan dari macam-macam gaya renang yang telah disebutkan. Sebagai pemula, rekomendasi sekali untuk melakukan gaya renang standar atau yang termudah yaitu gaya renang dada atau gaya renang bebas untuk melatih pernapasan dengan baik saat berada di dalam air. Kemudian setelah tubuh terbiasa melakukannya baru bisa dilanjutkan dengan gaya renang berikutnya yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)