Sejarah Tenis Meja di Dunia

Bagi pecinta pingpong mungkin tidak lengkap rasanya jika tak tahu tentang bagaimana sejarah tenis meja di dunia maupun di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, dari berbagai jenis olahraga yang ada di dunia, olahraga tenis meja merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat di Indonesia terutama dari kalangan dewasa. Umumnya olahraga ini dilakukan pada waktu tertentu seperti sore hari sebagai olahraga santai sekaligus penyalur hobbi yang menyenangkan dan menyehatkan. Permainan tenis meja itu sendiri memiliki aturan main yang harus dipahami secara benar oleh para pemain.

Sejarah Tenis Meja

Sebab dalam segala jenis permainan dan olahraga apapun tentulah memiliki sejarah terbentuknya serta aturan permainan yang ditentukan dan tidak boleh dilanggar. Dalam artikel ini akan dibahas tentang sejarah permainan tenis meja supaya kita lebih memahami terhadap pertandingan yang kita lakukan, silahkan disimak baik-baik ulasan di bawah ini. 

Sejarah Permainan Tenis Meja

Permainan tenis meja mulai fenomenal di Inggris sejak abad ke 19 silam dengan nama permainan bola pimpong, gossima, dan juga whif whoff. Kemudian seiring berjalannya waktu berubah nama menjadi permainan tenis meja dan mulai dikenal oleh berbagai kalangan negara pada tahun 1901 dari penyelanggaraan sebuah turnamen tenis meja.

Sebenarnya pada awal tahun 1900-an, permainan tenis meja sempat dilarang oleh Negara Rusia dengan alasan bahwa memainkan permainan ini dapat memberikan efek negative terhadap penglihatan pemain. Kemudian pada tahun 1921, Inggris membuat sebuah ikatan tertentu yang diberi nama TTA yang merupakan singkatan dari Assosiasi Tenis Meja dan diadakan Federasi tenis Meja International (ITTF) pada tahun 1926.

Kota London menjadi tuan rumah kejuaraan dunia resmi pertama pada tahun tersebut. Kemudian dibentuk lagi Assosiasi Tenis Meja Amerika Serikat pada tahun 1993. Sekitar tahun 1950 an, raket dengan karet yang digabung dengan lapisan spons membuat permainan menjadi lebih dramatis serta meningkatkan kecepatan perputaran bola. 

Olahraga tenis meja sendiri secara resmi diperkenalkan sebagai cabang olimpiade pada tahun 1988 dan tetap eksis hingga saat ini sebagai salah satu permainan olahraga yang mempunyai banyak peminat.

Sejarah Permainan Tenis Meja di Dunia Indonesia

Sudah tahu kan bagaimana sejarah tenis meja, khususnya bagi pemain pemula yang masih awam dengan permainan yang satu ini. Mungkin segelintir orang bilang olahraga bola ini kuno, tetapi kenyataannya sekarang sangat banyak orang yang masih menggemari permainan tenis tersebut. Mungkin sekian yang bisa dibagikan kali ini semoga menambah wawasan kita tentang dunia olahraga. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)