Teknik Dasar Permainan Voli

Cara Bermain Voli 

Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang lebih banyak menggunakan tangan dalam permainannya. Oleh karena itu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli adalah berkaitan erat dengan kemampuan seorang pemain dalam mengolah bola dengan tangannya.

Teknik dasar permainan voli

Secara umum, teknik dasar permainan voli terdiri dari 4 macam yaitu service, passing, smash dan blocking. Lalu, bagaimana cara melakukan ke empat teknik dasar tersebut? Untuk lebih memahami bagaimana cara bermain voli dengan benar, berikut ini teknik dasar yang harus diperhatikan dengan baik bagi setiap pemain:

Teknik Servis 

Service ialah teknik memukul bola voli hingga mampu melewati net area kosong di daerah lawan, teknik service berperan  agar  lemparan bola tidak mampu diolah oleh pihak lawan sehingga tim akan berhasil mendapat poin. 

Service dilakukan saat bola voli sudah jatuh ke tanah. Pada saat itulah salah tim berhasil memperoleh poin. Oleh karena itu, service hanya dapat dilakukan oleh para pemain dari tim yang telah berhasil memperoleh poin. Pada dasarnya, teknik service terbagi menjadi beberapa cara yaitu: servis bawah, samping, atas dan jumping. 

Teknik Passing 

Passing adalah strategi penerangan dalam permainan volley dengan memberikan bola voli pada teman satu tim melalui teknik tertentu. Diperlukan  tenik yang tepat dan akurat dalam melakukan passing. Ada beberapa cara melakukan teknik passing dalam permainan bola voli yang baik dan benar antara lain sebagai berikut :

Passing Atas

Passing atas dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan posisi berdiri dengan sikap tubuh yang siap lalu regangkan kedua kaki hingga selebar bahu.
  2. Pastikan posisi kedua lutut sedikit menekuk hingga badan mudah dibungkukkan ke depan.
  3. Tumpuh seluruh berat badan Anda pada ujung kaki bagian depan.
  4. Saat bola datang, tempat badan Anda di bawah bola secepatnya.
  5. Angkat lengan dan tangan lalu sedikit di tekuk. Lalu, buka jari-jari tangan selebar mungkin hingga berbentuk menyerupai mangkuk.
  6. Saat bola sudah mencapai badan bagian atas lakukan perkenaan bola dengan teknik yang tepat yaitu tepat berada di jari-jari tangan.
  7. Saat bola berada pada posisi menyentuh jari-jari,  tambahkan kekuatan pada jari-jari Anda agar bola memantul dengan sempurna lalu dorong dengan tangan.
  8. Saat melakukan gerakan mendorong, jari yang paling sering digunakan adalah jari tengah, jari telunjuk dan ibu jari.
  9. Dengan sedikit mendorong sedikit tumit dan meliuruskan kedua lengan Anda dapat mengakhiri gerakan mendorong.

Passing Bawah

Berikut ini langkah-langkah melakukan Passing Bawah:
  1. Pertama, berdirilah dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu
  2. Kedua lengan Anda luruskan dan rapatkan di depan badan hingga ibu jari dapat sejajar.
  3. Kedua lengan Anda ayunkan dengan bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu.
  4. Luruskan lutut saat bola menyentuh kedua lengan.
  5. Posisi bola yang tepat adalah berada di pergelangan tangan bagian atas.
  6. Saat melakukan passing bawang ke depan sebaiknya lengan Anda ayunkan tidak lebih tinggi dari bahu atau badan.

Teknik Smash

Spike atau Smash merupakan teknik dasar permainan voli yang diawali dengan melakukan pemukulan bola menggunakan kekuatan yang besar. 

Teknik Blocking

Teknik ini digunakan untuk melakukan pencegahan serangan oleh tim lawan. Pencegahan serangan dapat dilakukan dengan kedua tangan dengan diikuti lompatan yang tinggi lalu bola ditahan agar tidak masuk ke daerah tim sendiri. 

Nah, itulah ulasan tentang 4 teknik dasar dalam permainan bola voli yang harus dikuasai dengan baik sehingga cara bermain voli tiap pemain bisa berkualitas, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)