Sejarah Permainan Futsal

Sejarah Futsal di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan permainan bola futsal yang satu ini. Olahraga ini sudah sangat familier dan membaur di kalangan kita saat ini, tidak hanya kaum muda yang terobsesi dengan olahraga ini para orang tua pun juga tidak sedikit yang gemar menjalaninya, baik di Indoensia, Malaysia bahkan seluruh dunia. Sebelum membahas tentang olahraga futsal lebih lanjut adakah diantara kalian yang sudah tahu asal usul sejarah tentang futsal bagaimana pertama kali olahraga futsal diciptakan di dunia dan bagaimana sejarah perkembangan futsal di Indonesia?


sejarah permainan futsal di dunia indonesia

Sejarah Futsal Dunia

Futsal berasal dari bahasa Spanyol yaitu dari kata Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan) dan jika digabung artinya menjadi  Sepak Bola dalam Ruangan. Futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Juan Carlos Ceriani adalah seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Keunikan futsal ternyata mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan di dalam permainan ini bisa dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan oleh pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa.

Sebagai contoh adalah Pele, bintang terkenal dari Brasil yang mengembangkan bakatnya dari permainan futsal. Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, dan permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan juga Oseania.

Sejarah futsal versi FIFA ini tidak bisa diterima begitu saja, ternyata ada beberapa negara yang mengklaim bahwa permainan Futsal berasal dari negara mereka masing-masing yaitu dari Negara Kanada dan Brasil. Futsal berkembang sangat pesat di Brazil, pada tahun 1936 dibuatlah kesepakatan dan penetapan aturan main futsal. Saat itu, Peraturan Futsal juga tidak banyak berbeda dengan peraturan futsal saat ini. Dengan adanya peraturan ini, futsal semakin berkembang dan digemari di Amerika Latin, bahkan ke seluruh dunia.

Pada tahun 1950an futsal mulai dikenal di Italia. Futsal di Italia diperkenalkan oleh pemain sepak bola impor dari Amerika latin yang bermain di Seri A (Liga Italia). Di waktu senggang, para pemain itu bermain futsal dan akhirnya futsal semakin dikenal dan digemari di Italia. Di Inggris para pemain sepak bola sering melakukan latihan tanding enam lawan enam di lapangan rumput. Futsal akhirnya terkenal juga di Inggris, hingga suatu saat diselenggarakan turnamen futsal yang disponsori oleh London Express, salah satu harian terkemuka di London. Sedangkan di Spanyol, perkembangan permainan futsal jauh lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena budaya dan gaya bermain bola di Spanyol sangat mirip dengan budaya Amerika Latin.

Baca juga : Lama Permainan Futsal

Pada 1965 kompetisi internasional Futsal digelar untuk pertama kalinya, dengan Paraguay menjadi juara pertama. Lalu pada tahun-tahun berikutnya hingga tahun 1979 Brazil merajai kompetisi ini. Brazil juga memenangi piala Pan Amerika untuk kali pertama di tahun 1980 dan 1984. Di tahun 1974 diadakan pertemuan perwakilan futsal dari berbagai negara. Pertemuan di Sao Paulo itu menggagas dibentuknya FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebol de Salao / Federasi Futsal AS) sebagai organisasi resmi yang mewadahi futsal. FIFUSA saat itu menunjuk Joao Havelange sebagai ketua umum. Setelah eksisnya FIFUSA ini futsal semakin cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Kejuaraan dunia futsal pertama diselenggarakan oleh FIFUSA pada 1982 di Sao Paulo Brazil. Pada even edisi perdana ini Brazil keluar sebagai juara. Tiga tahun berikutnya, even yang sama digelar di Spanyol. Ini adalah kali pertama even tiga tahunan ini dihelat di benua Eropa, dan lagi-lagi Brazil keluar sebagai juara. Dan pada 1988 Brazil berhasil dikalahkan oleh Paraguay di Australia.

Setelah beberapa tahun eksis, Futsal semakin terorganisir, dan FIFA pun tertarik. Karena bagaimanapun juga futsal turut memajukan industri sepakbola internasional. Pada 1989 FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai salah satu bagian dari sepakbola, dan FIFA juga mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal.

Itulah asal usul sejarah permainan futsal di dunia yang mungkin perlu kita ketahui sebagai pecinta olahraga bola. Jika ingin menambah wawasan lebih tentang sejarah futsal wikipedia mungkin bisa dipelajari lebih lanjut. Setelah tahu tentang sejarahnya maka silahkan pelajari juga Peraturan permainan futsal yang penting untuk kalian tahu, semoga bermanfaat.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)