Senar Raket Badminton / Bulutangkis

Memilih Senar Raket Badminton 

Antara raket dan senar adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dimana keduanya memiliki keterkaitan yang begitu erat. Apalah artinya kita memiliki sebuah raket yang bagus akan tetapi tidak sesuai dengan senar yang dipakainya. Oleh karenanya penting juga kita perhatikan dalam memilih senar yang bagus tentunya untuk mengoptimalkan permainan kita dan agar kita nyaman dalam memakainya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih senar raket badminton antara lain jenis senar, tarikan senar, dan simpul senar yang akan digunakan.

jenis senar raket badminton
Senar raket badminton

Jenis Senar Raket Badminton

Seperti halnya raket, pada senar badminton pun memiliki beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan ketebalan senar. Adapun jenis-jenis senar raket badminton antara lain:

Senar BG 66

Senar jenis ini memiliki kelebihan akurasi dan kelenturan yang bagus sehingga cocok untuk pemain dengan tipe permainan bertahan. Sedangkan kekurangnya adalah tidak terlalu tebal sehingga lebih mudah putus.

Senar BG 65 ti/68 ti

Senar ini mempunyai kelebihan akurasi dan kekuatan yang bagus dan cocok untuk pemain bertipe menyerang. Kekurangan dari senar jenis ini adalah kurang lentur sehingga sulit melakukan kontrol.

Senar BG 66 Sharp

Senar jenis ini memiliki kelebihan akurasi, kelenturan dan kekuatan yang bagus dan cocok untuk pemain dengan tipe menyerang atau bertahan. Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal. 

Senar raket badminton juga memiliki tarikan yang biasanya diatur oleh alat untuk menganyam senar ke raket. Tiap raket ada batas maksimum untuk dianyam, Anda bisa lihat di gagang raket, biasanya terdapat rekomendasi tarikan minimum dan maksimum raket.

Tarikan Senar Raket Badminton

Untuk mengetahui tentang tarikan senar raket, berikut ini ada beberapa informasi terkait dengan tarikan senar badminton:

Tarikan 22-25

Tarikan ini memiliki kekuatan yang bagus, bagi yang terbiasa dengan permainan menyerang maka Anda bisa menggunakan tarikan jenis ini. Namun keakuratan agak sedikit menurun sehingga harus bisa mengontrol dengan baik ketika melakukan smash.

Tarikan 27-28

Pada tarikan ini keakuratan dan kestabilan raket terbilang bagus, maka tipe ini cocok bagi mereka yang terbiasa dengan permaianan bertahan dan menyerang.

Tarikan 29-30

Tarikan ini memiliki keakuratan yang sangat bagus, biasa digunakan untuk pemain ganda yang biasa bermain di depan. Usahakan raket yang sobat gunakan mampu mencapai tarikan ini, jika pembuat raket tidak merekomendasikan sampai ke tarikan ini, saya sarankan jangan ditarik sampai 29/30, kemungkinan raket bisa tidak simetris bahkan jika raket yang dipilihnya palsu bisa saja membuat raket menjadi bengkok ataupun retak.

Nah selain tipe dan tarikan senar, hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah simpul senar raket. Simpul juga mempunyai pengaruh terhadap permainan badminton maka pemilihan simpul yang tepat pastinya akan memudahkan kita dalam bermain.

Simpul Senar Raket Badminton

Beberapa hal yang juga perlu untuk diketahui tentang simpul senar raket badminton antara lain:

Senar dengan Simpul 2

Tarikan senar raket jenis ini diikat dengan simpul dua, 1 di atas dan 1 di bawah. Senar raket dengan simpul ini merupakan simpul senar yang paling banyak dipakai karena penyenarannya tidak membutuhkan waktu lama. Kelebihan lain dari simpul 2 ini adalah senar raket cenderung tidak mudah putus, namun hal lain yang akan terjadi jika senar tidak putus-putus adalah senar bisa kendor seiring dengan banyaknya pukulan yang dilakukan. Kelemahan lainnya dari simpul ini adalah tekanan pada frame yang kurang merata.

Senar dengan Simpul 4

Jenis tarikan senar raket ini diikat di 4 simpul, 1 diatas dan 3 dibawah. Bagi yang memesan penyenaran dengan simpul 4 ini perlu menanyakan kepada tukang senarnya, terkadang tidak semuanya bersedia menggarapnya karena memang waktu pengerjaannya yang lebih lama. Kelemahan lainnya adalah senar raket cenderung lebih mudah putus jika terus menerus melakukan pukulan smash. Namun keunggulan dari simpul ini adalah tekanan di frame yang lebih merata dan senar tidak cepat kendor karena disimpul di empat sisi.

Ringkasnya untuk mempermudah pemilihan senar raket, perhatikan hal-hal berikut ini:
·  Jika Anda adalah pemain yang terbiasa dengan tipe permainan menyerang maka sebaiknya menggunakan tipe senar BG 65 ti/68 ti/66 sharp dengan tarikan 22-25 dan simpul 4.
·    Jika Anda adalah pemain yang terbiasa dengan tipe permainan bertahan sebaiknya Anda memilih tipe senar BG 66, dengan tarikan 29-30 dan simpul 2.
·   Jika Anda adalah pemain yang terbiasa dengan tipe permainan menyerang dan bertahan maka sebaiknya Anda memilih tipe senar BG 66 sharp dengan tarikan 27-28 dan simpul 2 atau 4.

Jika Anda adalah pemula biasanya masih bermasalah dengan power pukulannya jadi lebih baik gunakan tarikan senar yang rendah (18-21 lbs) karena jika menggunakan string yang kenceng justru tidak akan memberikan power pada pukulan. Berbeda dengan para atlet, otot tangan mereka telah terlatih sedemikian rupa sehingga tidak lagi terpengaruh dengan perbedaan tarikan yang menghasilkan pukulan yang kuat/ lemah, makanya mereka prefer pada tarikan yang kuat agar lebih meningkatkan akurasi dan kontrol pukulan.

Pemilihan senar raket untuk permainan badminton sebenarnya memang tergantung pada kesukaan masing-masing, namun tetaplah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe permainan yang digunakan sehingga nyaman saat memakainya dan dengan pilihan senar raket yang tepat Anda bisa lebih mengoptimalkan permainan serta meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Demikian penjelasan tentang senar raket bulutangkis, jangan lupa untuk membaca artikel Tips Memilih Raket Badminton yang tepat sebelum membeli, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
5 Juni 2016 09.31 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)