Sejarah dan Pencipta Permainan Bola Basket

Olahraga basket yang telah menjadi trend pada masa sekarang ini tentu tidak bisa terlepas dari sejarah juga penemu pertama permainan atau olahraga ini. Pencipta permainan bola basket ini tentu menjadi tokoh bersejarah yang patut dikenang atas jasanya di bidang olahraga. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai  sejarah permainan bola basket, pencipta permainan bola basket ataupun pencipta bola basket, berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah Pencipta Permainan Bola Basket di dunia Indonesia

Sejarah Permainan Bola Basket

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dianggap unik. Awalnya, permainan ini diciptakan oleh seorang guru olahraga pada tahun 1891 di negara Kanada. Orang yang telah berjasa menciptakan olahraga ini ialah seorang guru olahraga di sebuah sekolah siswa profesional yang terkenal yaitu YMCA. Guru olahraga tersebut bernama Dr. James Naismith.

Dr. James Naismith menciptakan permainan bola basket dengan terinspirasi dari permainan yang pernah dimainkannya pada waktu kecil di Ontario. Penemuan permainan bola basket tersebut tepatnya pada tanggal 15 Desember 1891. Berdasarkan cerita, setelah adanya penolakan-penolakan permainan bola basket yang dianggap terlalu keras serta kurang sesuai jika dimainkan pada ruangan tertutup lalu Dr. James Naismith memutuskan untuk menulis aturan dasar permainan bola basket dan membuat ring yang ditempelkan pada tembok gelanggang olahraga.

Setelah itu, beliau meminta siswanya untuk mempraktikan permainan bola basket berdasarkan aturan yang telah dia buat. Tak lama kemudian diadakan pertandingan bola basket yang pertama pada tanggal 20 Januari 1982 di tempat kerja Dr. James Naismith. Pasca pertandingan tersebut, olahraga permainanbola basket semain terkenal seantero Amerika dan disusul dengan banyaknya pertandingan.

Pencipta Permainan Bola Basket

Setelah kita ketahui mengenai sejarah permainan bola basket maka selanjutnya akan kita kupas mengenai pencipta permaian bola basket. Bola basket diciptakan pertama kali oleh seorang guru olahraga di sebuah sekolah YMCA di Kanada bernama Dr. James Naismith. Guru olahrgaga ini merupakan orang pertama kali yang memperkenalkan permainan bola basket serta  menulis aturan dasar permainan bola basket. Pada awalnya, permainan bola basket dimainkan oleh sembilan orang pada setiap tim. Bola basket digiring bukan dengan cara di dribble melainkan dengan cara melempar.

Dr. James Naismith lahir pada tanggal 6 November 1861 di Almonte, Canada West, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939 pada usia 78 tahun. Ketika De. James Smith bekerja sebagai seorang guru pendidikan di sekolah YMCA di Springfield, beliau berusaha untuk mencari cara guna menghilangkan kebosanan pada murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Akhirnya Dr. James Smith menciptakan sebuah permainan yang disebut dengan permainan bola basket yang terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan di Ontario.

Pada saat menghadiri Olimpiade Berlin pada tahun 1936, Dr. James Smith mendapatkan gelar sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Beliau ini terlahir sebagai warga Kanada namun resmi berpindah kenegaraan Amerika pada 4 Mei 1925.

Pencipta Bola Basket

Dr. James Naismith merupakan orang pertama yang memperkenal permainan bola basket sekaligus pencipta bola basket. Pada awalnya, Dr. James Naismith mendapatkan penolakan ketika mulai memperkenalkan permainan tersebut karena dianggap permainan bola basket terlalu keras dan tidak cocok jika dimainkan pada gelanggang olahraga yang tertutup.

Akhirnya Dr. James Naismith membuat sebuah ring pada sebuah tembok di gelanggang olahraga dan meminta muridnya untuk memainkan permainan tersebut. Disamping itu Dr. James Naismith juga membuat peraturan dasar yang akan digunakan pada permainan bola basket tersebut.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Beberapa sumber seperti sejarah basket wikipedia menyebutkan permainan bola baket masuk ke Indonesia yakni pada saat bersamaan dengan datangnya para pedagang  Cina ketika menjelang kemerdekaan Republik Indonesia. Lebih tepatnya pada tahun 1894, masyarakat di Tientsien sudah memainkan bola basket disana lalu menyebar ke seluruh daratan Cina. Mereka para pedagang yang datang ke Indonesia merupakan kelompok menengah kaya dengan memilih olahraga basket sebagai identitas untuk kelompok Cina yang modern.

Hal ini makin diperkuat dengan fakta saat awal dan menjelang kemerdekaan RI dimana beberapa nama klub bola basket yang ada di sejumlah kota besar di Indonesia sebagian besar berasal dari sekolah Cina. Berangkat dari klub tersebut lah lalu muncul sosok salah satu nama pemain yang legenda dari Indonesia seperti Liem Tjien Siong atau yang mungkin lebih dikenal dengan Sonny Hendrawan. Ia merupakan pemain terbaik saat Kejuaraan Bola Basket Asia ke4 di Seoul Korea Selatan pada Tahun 1967. Saat itu tim dari Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 4 setelah Filipina, Korea dan Jepang.

Pada Tahun 1948 saat Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk pertama kalinya dan ternyata permainan bola basket telah masuk dalam salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingan. Hal ini sebagai bukti bahwa permainan basket sudah diterima dan digemari masyarakat serta diakui secara resmi oleh negara. Sekitar tiga tahun setelah itu sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi menteri Olahraga, Maladi meminta untuk membentuk suatu badan organisasi bola basket. Dan akhirnya karena tuntutan agar menyatukan organisasi basket maka pada tahun 1955 terbentuklah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau disingkat dengan Perbasi.

Nah demikian diatas sekelumit informasi mengenai penciptan dan sejarah permainan bola basket dunia dan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)