Jumlah Pemain dan Tugas Posisi Pemain Voli

Pemain Voli

Salah satu komponen dalam permainan bola voli yang sangat penting adalah tentunya tentang pemain voli. Jumlah pemain voli tidak boleh sembarangan, tim harus melibatkan jumlah pemain bola voli sesuai ketetapan, serta harus memahami tugas dan posisi pemain voli saat melakukan pertandingan. Supaya tidak salah, berikut penjelasan seputar pemain voli yang wajib diketahui.

Jumlah Pemain Tugas Nama Posisi Pemain Voli

Jumlah Pemain Bola Voli

Menurut standar internasional, jumlah pemain bola voli ada 10 orang. Pembagiannya yaitu, 6 orang sebagai pemain voli inti dan 4 orang sebagai pemain voli cadangan. Namun, pertandingan bola voli tetap bisa terlaksana walaupun pemain inti kurang dari 6 orang sebab jumlah pemain bola voli minumum adalah 4 orang. Dalam pertandingan yang berlangsung, pelatih voli boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan tanpa ada batas maksimum pergantian.

Tugas dan Posisi Pemain Voli

Setidaknya ada 4 pembagian tugas dan posisi pemain voli dalam pertandingan, yaitu:

Tosser

Tosser merupakan pemain voli yang bertugas untuk mengatur serangan pada tim. Seorang tosser harus menguasai teknik smash dan blocking. Posisi tosser berada di tengah, berdiri pada garis depan dekat net.

Smasher

Smasher bertugas untuk melakukan pukulan smash atau serangan yang dapat mematikan lawan sehingga poin tim bisa bertambah. Smasher harus menguasai teknik blocking yang baik. Posisi smasher berada pada sisi kanan dan kiri, berdiri pada garis depan dekat net, mengapit tosser atau di sisi kanan baris belakang.

Libero

Libero bertugas untuk menerima dan menahan serangan dari lawan menggunakan teknik passing. Pemain libero tidak boleh melakukan smash dan blocking. Posisi libero berada di baris belakang.

Defender

Defender bertugas untuk menerima serangan lawan. Posisinya berada di bagian tengah pada baris belakang.

Pada dasarnya setiap orang boleh bermain bola voli. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya permainan tersebut benar dan sesuai dengan aturan yang ada menurut standar nasional maupun internasional.

Untuk menjadi pemain voli profesional atau seorang atlet voli ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria ini bukan berarti membatasi seseorang, melainkan untuk membantu individu tersebut agar bisa bermain voli dengan maksimal. Beberapa persyaratan umum untuk pemain voli ideal antara lain:
  • Pemain voli memiliki tinggi badan minimum untuk putera 170 cm dan puteri 160 cm. Tinggi badan diperlukan para pemain voli untuk memperoleh lompatan dan cakupan terhadap bola yang baik supaya bisa menambah skor saat pertandingan.
  • Pemain voli harus memiliki kesehatan jantung dan paru-paru yang baik. Jantung diperlukan untuk memompa darah dan paru-paru merupakan organ pernapasan yang berpengaruh saat pertandingan berlangsung.
  • Pemain voli harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Jika pemain terganggu kesehatan fisik (jasmani) dan mentalnya (rohani) otomatis yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti pertandingan.
  • Pemain voli harus memiliki kemampuan gerak yang cepat dan tangkas. Dalam kata lain, pemain voli harus punya stamina, kecepatan, kekuatan, koordinasi, kelentukan, serta penguasaan teknik dan taktik yang mumpuni untuk bertanding.
  • Pemain voli harus memiliki sisi psikologis yang kreatif, disiplin, punya kemauan keras, daya ingat tinggi, rasa bertanggung jawab dan solidaritas tanpa batas.
  • Diusahakan pemain voli memiliki banyak pengalaman bertanding maupun ketekunan dalam berlatih supaya kemampuan terus terasah dan matang.
Jika kalian tertarik menjadi pemain voli yang profesional maka ada baiknya untuk memenuhi persyaratan serta memahami tugas dan posisi pemain voli di atas, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)