Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Posisi Pemain Basket

Pada permainan bola basket, selain teknik dasar permainan yang wajib dikuasai oleh setiap pemain, juga ada hal lain yang harus diketahui oleh para pemainnya, yaitu mengenai posisi pemain bola basket. Hal ini dikarenakan posisi pemain bola basket sangat vital pengaruhnya pada kelangsungan pertandingan. 

Posisi Pemain Bola Basket  dan Tugasnya

Untuk posisi pemain bola basket ini bisa berubah-ubah dengan sangat cepat ketika permainan sedang berlangsung, dan itu tergantung pada situasi yang sedang terjadi di lapangan pertandingan. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Tugas Pemain Bola Basket

Pada pengaturan posisi pemain bola basket, biasanya ditentukan dari kemampuan serta postur tubuh dari para pemain. Pertimbangan ini sengaja dibuat agar para pemain mampu bermain sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga setiap pemain dapat bermain secara maksimal. 

Berikut ini macam-macam jenis posisi pemain dalam pertandingan bola basket antara lain :

1. Guard

Pada posisi guard ini dibagi menjadi dua yaitu point guard dan shooting guard. Penjelasannya sebaga berikut :

Point Guard atau PG

Pada posisi point guard ini dirasa akan sangat efektif jika dilakukan oleh para pemain yang mempunyai kemampuan dribble bola basket dengan baik. Point guard ini berfungsi sebagai pengatur strategi permainan yang akan digunakan untuk mencetak skor atau poin. Disamping itu, point guard juga memiliki tugas untuk membawa bola yang kemudian melakukan passing pada rekannya.

Shooting Guard atau SG

Shooting guard (SG) merupakan posisi pemain basket dimana dia ditugaskan untuk menjadi seorang penembak utama. Seorang shooting guard juga harus dapat melakukan drive ke arah dalam. Posisi ini merupakan posisi yang menguntungkan, karena berkemungkinan untuk dapat menjadi small forward dengan kemampuan rebound yang baik. Pemain yang sesuai untuk posisi ini yaitu pemain dengan tubuh tinggi besar serta mampu bergerak lincah untuk mencari celah pada daerah lawan lalu mencetak poin.

2. Forward

Pada posisi forward ini terdapat dua posisi yaitu small forward dan power forward.

Small forward atau SM

Small forward ditujukan pada pemain yang mempunyai tugas untuk mencetak poin. Dengan posisi small forward ini, diharapkan pemain mampu menembus pertahanan lawan dan mencari celah untuk dapat mencetak poin. Posisi ini hanya diberikan pada pemain yang mempunyai kemampuan bermain bola basket dengan sangat baik serta jago dalam teknik mencetak angka.

Power Foward atau PF

Power forward (PF) ini mempunyai tugas untuk merebound bola. Rebound ini dilakukan untuk menjaga agar bola tidak jatuh ke tangan musuh. Untuk power forward ini biasanya diberikan kepada pemain dengan postur tubuh tinggi dan besar yang pandai melakukan lompatan yang tinggi dan mampu beradu badan dengan lawan.

3. Center

Pemain Center yaitu posisi tengah pada permainan bola basket. Posisi ini biasanya ditugaskan kepada pemain dengan kemampuan fisik yang kuat guna beradu badan dengan lawan. Seseorang yang bertindak sebagai posisi ini memiliki tanggung jawab untuk bermain di key hole serta melakukan rebound

Selain itu, center harus mampu menghalau bola yang ditembakan musuh ke dalam ring agar tim lawan gagal mencetak point. Selain itu seorang center harus mampu membaca gerak-gerik lawan serta mencegah agar lawan gagal untuk menembakan bola ke ring.

Demikian materi bola basket yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini tentang posisi pemain bola basket. Silahkan diterapkan di lapangan dan ingat jika ingin menjadi pemain basket yang profesional kunci utamanya ialah dengan berlatih secara disiplin.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
31 Juli 2018 06.31 delete

Makasii atas jawabannya:)

Reply
avatar
14 Oktober 2018 18.44 delete

Mantap bang tingkatkan lagi

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)