Sejarah Permainan Bola Voli Dunia dan di Indonesia

Bagi para pecinta olahraga voli sudah tahukah kalian mengenai sejarah permainan voli yang biasa dimainkan oleh masyarakat Indonesia, siapa penemunya di dunia dan dari negara mana olahraga tersebut berasal? Sedikit hal tentang pengertian permainan bola voli adalah sejenis olahraga / permainan yang dapat dilakukan secara beregu dan saling berlawanan. 

sejarah permainan bola voli di dunia

Setiap regu terdiri dari 6 orang pemain, setiap pemain bisa digantikan oleh pemain cadangan apabila mengalami cidera. Fokus utama pada pemainan ini adalah kekuatan kaki, kekuatan tangan dan teknik lompatan. Olah raga voli banyak menggunakan kedua tangan namun terkadang kedua kaki juga harus bersiap jika dibutuhkan. 

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia

Penemu permainan bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan di Lockport, New York.  Saat bertemu dengan James Naismith, seorang pencipta olahraga basket, Morgan kemudian menciptakan olahraga baru yang dikenal dengan nama Mintonette. Saat itu permainan bola voli dikenal dengan nama Mintonette

Sebagai seorang lulusan Springfield College of YMCA, Morgan mendedikasikan dirinya sebagai instruktur pendidikan jasmani. Dalam menciptakan permainan Mintonette, ia memerlukan waktu lebih kurang selama empat tahun dengan mengkombinasikan beragam jenis permainan olahraga. 

Pada dasarnya, permainan Mintonette adalah gabungan dari empat macam olahraga yang disatukan dalam sebuah permainan. Keempat jenis olahraga tersebut terdiri dari olahraga basket, baseball, tenis dan bola tangan. 

Mintonette Berubah Nama Menjadi Volley Ball

Pada tahun 1896, Mintonette berubah nama menjadi volley ball saat terselanggara presentasi pertandingan perdana di International YMCA Training School. Ketika itu Dr. Luther Halsey Gulick selaku Director of the Professional Physical Education Training School memberikan surat panggilan untuk Morgan karena tertarik untuk menyelenggarakan presentasi permainan yang telah Morgan ciptakan. 

Presentasi permainan ini dilaksanakan di Kampus YMCA dalam sebuah konferensi dengan seluruh instruktur pendidikan jasmani sebagai peserta konferensi. Saat itu, Morgan menggunakan kesempatan tersebut dengan membawa dua tim, setiap tim memiliki lima orang pemain. Pada kesempata tersebut, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan ini dapat dilakukan baik di luar ruangan maupun dalam ruangan. Dengan tujuan membuat bola mampu bergerak hingga melewati net dari wilayah tim sendiri sampai ke wilayah lawan, permainan  ini tidak mempunyai batasan dalam jumlah pemain. 

Oleh karena  permainan bola voli berkembang sangat pesat, YMCA mulai menyelenggarakan kejuaraan bola voli secara rutin dalam lingkup nasional. Selanjutnya, permainan bola voli dengan cepat akhirnya dikenal ke seluruh penjuru dunia. Di Polandia, pertandingan bola voli untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1974 dengan antusiasme yang cukup besar baik dari para peserta maupun penonton yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut. 

Untuk menaungi kegiatan bola voli dalam lingkung internasional, didirikanlah sebuah Federasi Bola Internasional atau dikenal dengan nama International Voli Ball Federation (IVBF) pada tahun 1984 dengan 15 anggota negara dan berkedudukan di Paris, Prancis.  

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Di Indonesia, sejarah permainan bola voli berkaitan dengan masa penjajahan Belanda. Pada masa itu permainan bola voli masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan. Oleh karena kebutuhan masyarakat Indonesia akan olahraga sangat besar, permainan bola voli berkembang sangat cepat hingga pada tahun 1952 permainan bola voli masuk dalam pertandingan PON ke 2 yang diselenggarakan di Jakarta. Permainan bola voli termasuk salah satu cabang olahraga yang resmi dan selalu ada disetiap turnamen olahraga di Indonesia sampai saat ini. 

sejarah permainan voli di indonesia

Berdiri dengan naungan induk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), permainan bola voli diresmikan di Indonesia pada 22 Januati 1955. Saat itu W.J Latumenten menjabat sebagai Ketua PBVSI. Setelah berdirinya organisasi tersebut, kongres dan kejuaraan nasional lalu diselenggarakan  untuk pertama kalinya pada 28-30 Mei 1955. 

Nah, itulah ulasan tentang sejarah permainan bola voli baik di dunia maupun di Indonesia. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.   

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)