Teknik Dasar Cara Bermain Bola Basket dan Pola Penyerangannya

Permainan bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari masyarakat terutama anak muda, karena selain mengasyikan, tentunya permainan ini juga menyehatkan. Teknik dasar bola basket penting untuk diketahui supaya cara bermain kita di lapangan baik dan benar. Hal yang tak bisa diabaikan juga yakni perlu memahami pola penyerangan pada permainan bola basket. Nah, buat anda yang tertarik ingin mempelajarinya lebih dalam mengenai olahraga ini, berikut telah kami rangkum ulasannya.

Teknik Dasar Cara Bermain Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

Teknik dasar bola basket merupakan sebuah taktik yang digunakan untuk menyerang lawan dengan tujuan mencetak poin atau skor. Teknik dasar bola basket ini, kini telah berkembang menjadi lebih bervariatif jika dibandingkan dengan teknik zaman dulu yang hanya menggunakan teknik lemparan. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut ini teknik dalam permainan bola basket yang wajib anda tahu.

Dribble atau Teknik Mmenggiring Bola

Teknik dasar bola basket yang pertama dan paling pokok yaitu teknik menggiring bola atau dribble. Teknik ini digunakan dengan tujuan menggiring bola guna menghindari lawan atau memberikan umpan bola basket kepada teman satu tim yang berada paling dekat dengan ring lawan.

Teknik menggiring bola pada permainan bola basket tentu tidaklah sama dengan teknik menggiring bola pada permainan sepak bola. Jika pada permainan basket dribble dilakukan dengan tangan sedangkan pada permainan sepak bola dilakukan dengan menggunakan kaki.

Passing atau Teknik Mengumpan

Teknik passing atau mengumpan ini biasanya dilakukan dengan tujuan mengarahkan bola kepada teman satu tim. Caranya yaitu dengan melempar bola kepada teman satu tim setelah mendribble bola. Teknik passing ini ada enam jenis yaitu overhead passing, chest passing, baseball pass, bounce pass, hook pass, serta yang terakhir under pass.

Teknik Pivot

Teknik pivot merupakan sebuah teknik berupa gerakan yang bertujuan untuk mengelabuhi lawan. Cara untuk melakukan teknik ini yaitu dengan menggerak tubuh dengan bertumpu pada salah satu kaki dan kedua tangan menjaga bola agar tidak jatuh ke tangan lawan.

Shooting atau Teknik Menembak

Teknik shooting ini merupakan teknik yang paling dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain guna mendapatkan skor atau poin. Pada teknik shooting ini terdapat tiga jenis yaitu teknit set shoot, jump shoot, serta lay up.

Teknik Rebound

Teknik rebound merupakan teknik yang digunakan untuk mengambil bola yang gagal masuk kedalam ring lawan. Pada teknik rebound ini ada dua jenis yaitu rebound ofensif dan rebound defensif.

Cara Bermain Bola Basket

Jika anda merupakan seorang pemula yang ingin bermain bola basket, maka hal yang dapat anda lakukan ialah berlatih dan berlatih. Cara Bermain Bola Basket  dapat dimulai dengan menguasai teknik dasar permainan bola basket terlebih dahulu. Misalnya saja, latihan dribble bola basket dengan benar, latihan shooting bola basket dengan posisi yang benar.

Ketika anda telah menguasai teknik dasar bola basket maka anda dapat membentuk sebuah tim basket yang terdiri dari lima orang anggota. Anda dapat melakukan latihan secara bersama-sama dengan tim anda untuk mengasah keterampilan anda. Selain itu, tim anda butuh latihan bertanding agar tim anda mahir dalam teknik penyerangan ataupun mencetak poin untuk mengalahkan lawan.

Pola Penyerangan Bola Basket

Apa yang dimaksud pola penyerangan bola basket?  yaitu  usaha yang dilakukan untuk menerobos pertahanan lawan, sehingga dapat mencetak skor atau poin. Dalam pola penyerangan bola basket ini terdapat empat tehnik yaitu :

  1. Pola penyerangan bebas, ialah penyerangan yang dilakukan tanpa menggunakan pola namun mengandalkan teknik, taktik serta kemapuan fisik para pemain bola basket.
  2. Pola penyerangan kilat, yaitu denga mengoper bola sebanyak dua hingga tiga kali setelah itu langsung menembakan bola untuk mencetak poin.
  3. Pola penyerangan kilat berpola, serangan dengan penyerangan kilat berpola yaitu ketika terjadi situasi tertentu seperti lemparan kedalam atau bola loncat dan lain sebagainya.
  4. Pola penyerangan berpola, pola penyerangan ini dilakukan dengan mengatur masing-masing pemain untuk menguasai jalur, mengawasi gerakan lawan serta menentukan pergerakan bola dengan pasti.

Demikian ulasan tentang teknik dasar cara bermain bola basket, silahkan pelajari juga materi bola basket yang lainnya, semoga bermanfaat.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
3 Agustus 2018 15.56 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)