Ukuran Berat Bola Basket dan Harga

Ukuran Bola Basket Standar Internasional

Olahraga basket termasuk dalam permainan bola besar yang memiliki ukuran standar internasional yang telah ditentukan baik oleh FIBA, NBA maupun Perbasi. Peraturan ukuran bola basket tersebut mencakup beberapa hal diantaranya tentang berapa berat bola, diameter keliling lingkarannya dan tekanan udara bola serta bahan apa yang digunakan untuk pembuatan bola basket. 
Ukuran Berat keliling dan Harga Bola Basket beserta Gambarnya
Hal ini kiranya penting untuk diketahui mengingat permainan bola basket termasuk salah satu jenis olahraga yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia maupun di berbagai belahan dunia. Bahklan untuk mereka yang tidak pernah memainkannya sekalipun, tak jarang begitu antusias saat menonton pertandingan olahraga ini. Nah, untuk anda para penggemar olahraga bola basket, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berat bola

Olahraga basket memiliki bola permainan dengan berat yang lumayan besar. Berat bola basket yang umum dipakai para atlet di pertandingan adalah 600 hingga 650 gram. Cukup berat, bukan? Tidak heran para atlet yang bermain bola basket selain harus memiliki tubuh yang relatif tinggi juga harus memiliki tangan yang kuat. Hal ini agar mereka tidak cepat lelah saat bermain.

Bahan 

Bahan yang digunakan untuk membuat bola basket terbuat dari kulit, karet yang lapisannya sejenis kulit seperti kulit sintetik. Hal ini mungkin tidak jauh berbeda dengan bahan yang digunakan pada permainan bola lainnya.

Tekanan udara  

Bola basket memiliki tekanan udara sebesar 4,26 - 4,61 psi dengan kemampuan pantulan bola basket harus bisa melambung dengan ketinggian 120 – 140 cm. Mungkin sedikit berbeda jika dibandingkan dengan olahraga bola lainnya, karena pada permainan bola basket pemain sering melakukan pantulan bola terhadap permukaan lapangan.

Diameter Keliling Lingkaran

Ukuran bola basket standar yang dipakai di pertandingan resmi memiliki ukuran keliling antara 75 hingga 78 cm. Memang cukup besar, orang dengan tangan yang kecil dan tidak terbiasa memainkannya bisa dipastikan mengalami kewalahan saat memegangnya.

Ukuran Bola Basket Standar FIBA, NBA dan NCAA

Secara umum bola baket yang dipakai dalam pertandingan resmi memiliki ukuran standar nasional maupun internasional yang hampir sama. Adapun beberapa induk organisasi bola basket memiliki ketetapan terkait dengan ukuran bola. Berikut ini sedikit perbedaan ukuran standar yang ada antara lain:
  • Standar FIBA (Federation Internationale de Basketball), ukuran keliling lingkaran bola basket yaitu 749 mm – 780 mm dan berat bola berkisar antara 567 gram – 650 gram
  • Standar NBA (National Basketball Association)ukuran bola basket memiliki keliling antara 749,3 mm – 755,65 mm sedangkan beratnya 623,7 gram
  • Standar NCAA (National Collegiate Athletic Association)keliling bola antara 749,3 mm - 762 mm dengan ukuran berat bola basket berat 567 - 623,7 gram.


Jenis Ukuran Bola Basket

Tidak semua pertandingan basket dimainkan oleh kalangan profesional, banyak pemain di usia anak-anak yang juga menggemari olahraga ini. Lalu, bagaimana dengan mereka yang ingin bermain? Beberapa bola dibuat khusus dengan berat dan ukuran yang disesuaikan dengan usia mereka. Berat bola basket untuk anak-anak itu umumnya jauh lebih ringan dari pada bola basket yang digunakan dalam pertandingan.

Ada beberapa nomor ukuran bola basket yang biasa dipakai dalam pertandingan yaitu bola nomor 5, 6, dan juga 7. Jika dilihat berdasarkan dari usia pemain, maka bola basket untuk anak SD lebih tepat menggunakan bola nomor 5. Sedangkan untuk bola basket size 6 digunakan oleh pemain dengan usia 9 tahun keatas atau sekelas anak SMP dan untuk bola nomor 7 dipakai pada pertandingan kalangan profesional. 

Harga Bola Basket

Bola yang tersedia di pasaran sangat bervariasi untuk masalah harganya. Harga bola basket tersebut mulai dari yang murah dan terjangkau hingga mahal. Hal tersebut tergantung dari kualitas dan juga produsen bola basket tersebut. Bagaimanapun, istilah ada harga ada rupa juga berlaku dalam hal harga bola basket.  

Dari beberapa website yang menjual bola basket, diketahui harga bola basket termurah di Indonesia adalah di bawah 100 ribu rupiah yaitu sekitar 94 ribu rupiah untuk yang paling murah. Selanjutnya bola basket dipatok dengan harga ratusan ribu tetapi umumnya tidak lebih mahal dari 200 ribu rupiah. Namun, ada juga bola basket yang berharga lebih mahal dari 200 ribu bahkan untuk harga termahal mencapai jutaan rupiah. 

Jika anda membeli di toko olahraga yang khusus menjual alat olahraga termasuk bola basket harganya bisa jadi lebih mahal tergantung produsen dan kualitas dari bola basket. Sebelum membeli pastikan bola basket yang anda pilih memiliki kualitas yang bagus agar anda tidak rugi. 

Gambar harga ukuran bola basket
Gambar Bola Basket
Secara umum bola basket memiliki visual berbentuk bulat dengan warna orange atau coklat tua. Bola basket terbuat dari bahan karet khusus yang memiliki lapisan sejenis kulit. Tekstur dari kulit bola basket biasanya khas, dengan sedikit bergelombang kasar di permukaannya. Hal ini bertujuan agar saat bola basket dipegang, tidak gampang terjatuh atau tidak licin. Berikut ini kami tampilkan gambar bola basket sebagai referensi model bola basket untuk anda. 

Semoga ulasan diatas tentang ukuran berat dan keliling bola basket, serta harga dan juga cara memilih bola basket memberikan wawasan dan bermanfaat untuk kita. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)