Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Bola Voli

Ukuran Lapangan Voli Standar Internasional

Permainan bola voli memerlukan suatu arena atau lapangan seperti pada olahraga yang lain demi bisa bergulirnya sebuah pertandingan. Ukuran lapangan bola voli menjadi suatu bagian penting yang harus diperhatikan dalam setiap pertandingan, baik di level nasional maupun internasional. Begitu juga dengan tinggi net bola voli harus memenuhi standar yang telah ditentukan sesuai peraturan yang berlaku. 
ukuran lapangan bola voli standar internasional FIVB
Gambar lapangan bola voli dan keterangannya
Untuk seseorang yang ingin menjadi pemain voli profesional, tidak hanya ketangkasan dalam melambungkan bola yang harus diasah. Akan tetapi di sisi lain, pemain voli juga harus paham tentang semua komponen dalam permainan bola tersebut. Hal tersebut mungkin tampak klise bagi sebagian orang. Namun, pemahaman terhadap komponen permainan bola voli sangatlah penting untuk menunjang performa seorang pemain voli apalagi yang sudah bertaraf atlet atau profesional. 

Jenis Lapangan Voli

Pada umumnya lapangan bola voli dibagi menjadi dua macam yaitu outdoor dan indoor. Untuk lapangan voli outdoor, masyarakat biasanya memainkan permainan ini di pinggir pantai yang mana alas dari lapangan voli berupa pasir pantai. Selebihnya, lapangan voli boleh dibuat dimana saja secara formal menggunakan alas semen.

Syarat utama dari sebuah lapangan voli ialah permukaan lapangan harus datar, horizontal, dan seragam ratanya. Dengan kata lain, bermain bola voli tidak diperkenankan di atas media yang tidak rata karena berisiko membuat para pemain terjatuh saat bertanding dan dapat mengakibatkan cidera. 

Ukuran Lapangan Bola Voli 

Permainan voli memiliki ukuran lapangan standar nasional dari Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) maupun standar kelas dunia yang mana merujuk pada ketetapan dari Federation Internationale de Volley Ball (FIVB) pada level internasional sebagai aturan resmi dalam pertandingan bola voli. 

Mengenai gambar ukuran lapangan permainan bola voli secara rinci dapat dilihat keterangannya pada penjelasan berikut ini:
  • Panjang lapangan bola voli memiliki ukuran 18 meter. 
  • Untuk lebar lapangan voli dibuat dengan ukuran 9 meter
  • Sedangkan panjang garis serang lapangan voli berukuran 3 meter
  • Lebar baris dari lapangan voli setebal 5 sentimeter 
  • Area service lapangan bola voli berukuran 3 meter.
Dalam pertandingan bola voli kelas dunia, lapangan voli yang digunakan tentu berbeda. Di sana alas lapangan voli terbuat dari kayu atau bahan sintesis. Kemudian, garis-garis yang terdapat pada lapangan voli harus menggunakan warna putih. Sedangkan, untuk pertandingan non kelas dunia, warna garis pada lapangan bebas.

Tinggi Net Bola Voli

Ukuran tinggi net bola voli untuk pria tentu berbeda dengan tinggi net bola voli bagi wanita. Tinggi net bola voli pria adalah 2.43 meter sedangkan untuk wanita 2.24 meter. Selain itu, panjang net bola voli juga harus diketahui yaitu 9 meter dengan lebar net sebesar 1 meter.

tinggi net bola voli

Tinggi antena pada net bola voli adalah 80 sentimeter dengan posisi berada di atas net. Selanjutnya, tinggi tiang net bola voli ialah 2.55 meter dengan jarak antar tiang net menggunakan garis tepi hanya sebesar 0.5 hingga 1 meter.

Selanjutnya, pita tepian di atas net bola voli berukuran 5 sentimeter dengan ukuran pita tepian samping berukuran sama yakni 5 sentimeter pula. Terakhir, ukuran mata jala net pada permainan bola voli sebesar 10 sentimeter dan disarankan pemakaiannya dibentuk menyerupai persegi.

Ukuran Bola Voli

Olahraga voli merupakan permainan bola yang lebih banyak bersentuhan dengan tangan sehingga bola yang dipakai juga sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bola pada permainan yang lainnya. Adapun ukuran bola voli standar internasional FIVB maupun PBVSI adalah sebagai berikut : 
ukuran berat tekanan udara bola voli
  • Bahan bola voli terbuat dari kulit yang lunak dan lebih halus sehingga tidak mudah menciderai tangan para pemain.
  • Diameter lingkaran bola voli memiliki ukuran antara 18 cm hingga 20 cm
  • Keliling lingkaran bola pada permainan voli yakni  65 cm sampai 67 cm
  • Ukuran berat bola voli ialah kisaran 260 gram – 280 gram 
  • Tekanan udara bola voli adalah antara 294,3 – 318,82 mbar atau hPa.
Merk bola voli yang paling terkenal antara lain seperti Molten, Mikasa, Proteam dan lain sebagainya. Namun untuk kualitas terbagus setiap orang biasanya memiliki pandangan yang berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Harga bola voli termurah dari beberapa toko olahraga mulai dari kisaran seratus ribuan untuk yang paling murah. 

Pengetahuan mengenai ukuran bola dan lapangan voli serta tinggi net bola voli harus dipahami oleh semua orang yang memiliki ketertarikan dalam permainan olahraga bola yang satu ini. Dengan memahami poin-poin di atas, seseorang tidak hanya mempersiapkan kekuatan fisik secara personal namun juga sebagai bekal ilmu dan modal awal untuk bisa menjadi pemain voli yang profesional. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)