Bentuk Ukuran Lapangan Tenis Standar dan Tinggi Net Beserta Perlengkapannya

Ada banyak jenis olahraga yang ada di Indonesia dimana masing-masing memiliki peraturan permainan yang telah ditetapkan menurut induk organisasi nasional maupun federasi internasional. Sebut saja olahraga tenis dengan bentuk dan luas ukuran lapangan tenis tertentu beserta dukungan berbagai perlengkapan lain di dalamnya. Termasuk mengenai berapa ukuran tinggi tiang net tenis lapangan standar internasional. 

gambar bentuk ukuran lapangan tenis standar

Sebagaimana yang kita tahu bahwa olahraga merupakan kegiatan terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh serta kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh. Selain sebagai alternative pertama dalam menjaga kesehatan tubuh, olahraga tenis juga memang banyak diminati oleh banyak orang sehingga dijadikan sebagai sarana penyalur hobbi. 

Meski merupakan olahraga kuno, namun tidak dapat dipungkiri bahwa permainan olahraga ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan terutama dari kaum pria. Bukan hanya di Indonesia saja permainan olahraga ini dilakukan, bahkan sudah mewabah di seluruh dunia seperti di Amerika Serikat dan Eropa. Karena permainan ini sudah mendunia, sehingga tidak heran jika dalam permainan tenis memiliki standart aturan tertentu yang harus dipatuhi. 

Berikut sistem dan aturan permainan tenis termasuk ukuran lapangan tenis yang tidak boleh sembarangan.

Standart Ukuran Lapangan Tenis

Masuk pada ketentuan yang pertama kita berbicara mengenai luas ukuran lapangan yang sudah ditentukan. Berdasarkan aturan standart resmi internasional lapangan harus mempunyai panjang sebesar 23,77 meter sedangkan untuk lebarnya yaitu berukuran 10,97 meter. Jarak garis net dengan garis servis harus memiliki panjang sebesar 6,40 meter. 

Selanjutnya untuk bagian garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan harus berjarak sebesar 1,37 meter. Untuk jarak posisi tiang net permainan tunggal sebesar 0,914 meter dari garis pinggir permainan tunggal tersebut dan berlaku juga dalam permainan ganda yang memiliki jarak tiang net dengan garis pinggir lapangan berjarak 0,914 meter. 

Ukuran Tiang Net

Setelah membahas tentang ukuran lapangan tenis selanjutnya akan membahas tentang aturan ukuran tiang dan net yang juga tidak boleh asal dalam menentukan ukuran. Untuk tinggi net bagian ujung harus berukuran sebesar 1,07 meter yang tidak berbeda dengan panjang ukuran net. Sedangkan  untuk ukuran tinggi net bagian tengah sebesar 0,914 meter. 

Aturan Ukuran Ruangan Tenis

Masuk pada pembahasan ukuran ruangan olahraga tenis yang juga tidak boleh sembarangan. Aturan besar ruangan permainan olahraga tenis harus memiliki panjang sebesar 36,7 meter dan lebar dengan sebesar 18, 3 meter. Aturan ini sudah menjadi aturan resmi yang tidak bisa diganggu gugat dan diubah seenaknya. 

ukuran bola raket tinggi net lapangan tennis

Ukuran Raket dan Bola Tenis

Setelah mengetahui aturan ukuran lapangan, tiang dan ukuran ruangan yang digunakan selanjutnya masuk pada pembahasan ukuran bola dan raket yang merupakan komponen utama dalam permainan olahraga bola tenis. 

Yang pertama kita bahas tentang ukuran bola tenis terlebih dahulu yang harus Anda taati. Bola tenis sendiri menurut aturan internasional memiliki diameter sebesar 6,541 cm hingga 6, 858 cm. Sedangkan untuk berat bola tenis sendiri sesuai standarnya sekitar 56,0 sampai 59,4 gram.

Ukuran ini sudah ditentukan dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan dan aturan permainan olahraga tenis yang membutuhkan beberapa teknik tertentu untuk dapat memainkannya dengan baik. Selanjutnya tidak lupa untuk mengetahui ukuran raket tenis sebagai komponen pemukul bola tenis yang melayang dari arah lawan. 

Sesuai standart aturan yang berlaku, raket yang digunakan dalam permainan olahraga tenis memiliki ukuran panjang sekitar 29 inchi atau dalam ukuran meternya yaitu 73,66 cm. Sedangkan untuk ukuran lebar dari raket sendiri sebesar 12,5 inchi atau 31,75 meter. 

Dengan mengetahui secara benar tentang aturan-aturan yang berlaku dalam permainan olahraga tenis ini mulai dari aturan ukuran lapangan tenis sampai komponen-komponen pendukungnya, pastinya Anda tidak bingung lagi ketika ingin membuat lapangan tenis sendiri dan memilih ukuran perangkat lain yang diperlukan. Olahraga yang satu ini bisa Anda praktikkan di sore hari sebagai olahraga santai untuk menyehatkan badan yang seru dan menyenangkan. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
21 Juli 2018 06.20 delete

sangat bermanfaat dan menginspirasi, semoga kedepan bisa bermitra dan semoga sukses selalu kabarsport.com

salam dari ahlipembuatlapangan.com

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)