Inilah 2 Jenis Cara Melakukan Teknik Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar

Permainan olahraga tenis merupakan olahraga kuno yang masih eksis hingga saat ini. Olahraga ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan karena memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi penikmat dunia olahraga. Namun bagi Anda yang masih awam dengan permainan olahraga yang satu ini terlebih dahulu harus mengetahui teknik cara servis tenis lapangan yang baik dan benar supaya bisa memainkan permainan ini dengan benar. 

Jenis Cara Melakukan Teknik Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar

Dengan mempelajari bagaimana teknik servis dalam permainan tenis lapangan dengan baik tentunya sangat berguna bagi kualitas permainan olahraga tenis lapangan Anda. Sebagai pemula, berikut beberapa cara melakukan servis tenis lapangan yang wajib Anda pahami agar dapat bermain olahraga tenis lapangan dengan baik dan benar. 

1. Servis Dasar (Flat Serve)

Dalam menguasai teknik servis yang pertama yaitu servis dasar ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Sebut saja dari posisi berdiri pemain yang tidak boleh asal untuk mendapatkan kualitas pukulan yang baik. Untuk permainan tunggal, posisi pemain berdiri dekat dengan titik tengah garis belakang. 

Sedangkan untuk permainan ganda, posisi berdiri pemain-pemain ini sedikit menjauh dari titik tengah satu berdasarkan dari serve atau strategi yang direncanakan. Tujuannya agar setiap kedatangan bola tenis kea arah masing-masing pemain dapat diberikan pukulan dengan baik. 

Selain itu Anda untuk menguasai teknik servis tenis lapangan yang paling dasar ini, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana teknik memegang raket yang benar. Posisi tangan saat memegang raket disarankan dengan cara continental grip serta berdiri di belakang garis baseline. Dengan posisi kaki kanan berada pada bagian belakang serta posisi kaki kiri berada pada bagian depan.

Fokuskan pikiran Anda kemudian mulailah lambungkan bola ke atas tetapi jangan terlalu tinggi. Sebagai kunci lemparan pertama yang baik dan benar adalah saat melempar bola posisi tangan yang melempar lurus ke atas agar bola juga melambung dengan lurus. Pindahkan titik berat badan ke kaki kiri dengan posisi raket seperti akan diputar dan lutut sedikit ditekuk ketika bola sudah dilambungkan maka pusatkan perhatian Anda pada arah bola. Kemudian ayunkan raket ke depan pukulah bola tenis tersebut. 

Saat memukul bola pastikan Anda secara bersamaan memindahkan tumpuan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan. Hal ini dilakukan agar memberikan powerfull terhadap pukulan Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan badan saat melakukan servis. Setelah itu lakukan follow trought dan bersiap kembali pada posisi awal untuk memberikan servis berikutnya.

2. Servis Irisan (Slice Serve)

Teknik servis tenis lapangan dalam permainan olahraga tenis yang selanjutnya adalah teknik irisan atau slice serve. Servis tipe ini merupakan jenis teknik servis yang sangat mematikan lawan. Serve irisan akan mengagetkan lawan sehingga lawan akan kesulitan dalam mengembalikan pukulan yang Anda layangkan. 

Untuk dapat melakukan teknik servis irisan ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti dalam posisi berdiri. Pemain berdiri dengan menjauhi tengah lapangan dan menempatkan diri pada posisi antara garis tengah dan garis samping yang siap melakukan serangan secara gesit dengan teknik memegang raket yang continentak grip. 

Lemparkan bola ke atas bagian depan dan sedikit ke arah kanan kemudian berikan pukulan terhadap bola lateral dengan posisi dominan. Bagi pemain yang memukulnya dengan tangan kanan, berikan pukulan terhadap bola dengan irisan melintir ke arah samping yang akan membuat bola melengkung ke kiri.

Jika Anda ingin mendapatkan kualitas permainan olahraga tenis yang memuaskan maka wajib hukumnya mengikuti aturan teknik servis tenis lapangan yang baik dan benar. Setelah mengetahuinya pastikan Anda siap menjadi the winner yang menaklukkan setiap lawan permainan Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan untuk praktikkan sendiri dan buktikan hasilnya.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
1 Juni 2019 15.43 delete

Thanks for the information

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)