Peraturan Tenis Meja Terbaru PTMSI Lengkap

Peraturan Pingpong

Dalam sebuah permainan apapun pastilah terdapat beberapa peraturan terbaru dan cara main berbeda yang harus dipatuhi oleh seorang pemain baik putra maupun putri. Begitu juga dengan peraturan pada setiap cabang olahraga yang ada di Indonesia. Sebut saja dalam peraturan tenis meja atau dikenal juga dengan ping pong yang saat ini tengah menjadi salah satu olahraga santai paling hits di kalangan tertentu khususnya orang dewasa. Perwasitan tenis meja juga harus dapat ditegakkan dengan baik agar pertandingan berjalan  lancar dan berkualitas.

Peraturan Tenis Meja Terbaru PTMSI Lengkap Singkat

Tidak dapat dipungkiri permainan kuno ini memang masih bisa tetap eksis di tengah-tengah banyaknya cabang olahraga yang ada. Hal ini karena bermain tenis meja memang memiliki daya tarik yang khas dan unik. Bagi Anda yang juga mengaku sebagai penggemar permainan tenis meja, wajib hukumnya untuk memahami setidaknya secara singkat berbagai peraturan tenis meja menurut PTMSI dalam menjalankan permainan. 

Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan lebih detail tentang aturan-aturan main yang berlaku dalam permainan olahraga tenis meja atau ping pong.

Jumlah Pemain

Masuk pada pembahasan peraturan tenis meja yang pertama kita menyinggung aturan pemain yang akan bertempur di lapangan. Untuk permainan tunggal terdiri dari dua orang pemain yang masih masing berdiri secara berhadapan sebagai lain satu sama lain. 

Sedangkan untuk jenis permainan ganda, terdiri dari empat orang pemain yang terdiri dari dua tim. Masing-masing tim ini terdiri dari dua orang pemain yang nantinya akan bekerja sama dalam mengumpulkan sejumlah poin untuk menjadi juara permainan. 

Peraturan dari Segi Urutan Pemain

Pada permainan tunggal, pelaku servis melakukan servis utamanya terlebih dahulu kemudian penerima bola harus melakukan serangan balik untuk mengembalikan bola kepada server awal. Pukul memukul bola dilakukan secara bergantian oleh kedua lawan pemain tersebut.

Penilaian Poin Permainan

Peraturan tenis meja yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui adalah mengenai sistem perhitungan poin bagi masing-masing pemain. Ada beberapa hal yang menjadi kunci dasar perhitungan poin dalam permainan tenis meja ini diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Selain reli yang dinyatakan let, maka pemain dinyatakan mendapatkan satu poin tambahan yang tidak bisa diganggu gugat lagi. 
  • Poin juga akan diberikan jika dari pihak lawan gagal untuk melakukan tata cara servis yang benar atau tidak memenuhi aturan servis standar seperti tidak bisa melewati net dan sebagainya.
  • Jika lawan gagal untuk mengembalikan serangan bola dengan benar, otomatis pelaku penyerang utama akan mendapat satu poin tambahan.
  • Jika setelah servis atau setelah pengembalian serangan, bola tanpa sengaja menyentuh apa saja selain net dalam lapangan pertandingan yang membuat arah atau gaya pantulan bola tidak sesuai aturan.
  • Poin juga akan diberikan oleh wasit jika pemain melakukan pukulan sedangkan bola yang dipukul melewati papan meja atau tidak menyentuh meja tenis yang digunakan. 
  • Jika pemain menyentuh bola secara otomatis diberikan satu tambahan poin untuk lawan pemain
  • Ketika pemain dengan sengaja memukul bola tenis ini secara dua kali berturut-turut dalam waktu yang sama sebelum ada pukulan balik dari pihak lawan permainan.
  • Pada saat pemain memukul bola dengan sisi daun raket yang tidak terlapisi dengan karet atau tidak sesuai dengan kesepakatan bagian raket yang ditentukan untuk mengenai bola saat memukul.
  • Jika tingkah dari pemain membuat meja tenis bergerak dari posisi semula.
  • Jika tangan pemain menyentuh permukaan meja tenis.
  • Yang terakhir dalam peraturan tenis meja dari segi penilaian poin bagi pemain adalah pada jenis permainan tenis meja ganda, setelah pihak yang melakukan servis pertama melakukan servis dengan benar lalu lawan memukul bola di luar dari urutan yang ditentukan.

Peraturan Satu Game atau Set

Permainan tenis dinyatakan telah dimenangkan oleh salah satu pihak apabila seorang pemain dalam permainan tunggal atau pasangan pemain dalam permainan ganda mendapat 1 poin lebih unggul dari lawan mainnya. Terkecuali kedua pemain atau pasangan mendapat poin seri sebanyak 10 poin.

Dalam hal ini maka akan salah satu pemain atau pasangan harus mendapatkan poin unggulan dengan selisih poin dua angka untuk menjadi pemenang permainan.

Pelanggaran dalam Permainan

Dalam sebuah permainan tenis meja ada beberapa hal yang tidak boleh dilanggar atau ditentang. Jika peraturan ping pong atau tenis meja ini dilanggar maka secara otomatis menjadi akan menambahkan poin tambahan bagi pihak lawan dan membuat pemain satunya semakin tertinggal skor yang diperoleh. 

Untuk itu agar Anda bisa berupaya menjadi pemenang dalam permainan tenis meja ini maka jangan melanggar beberapa aturan di bawah ini.
  • Tangan atau ben pemain menyentuh meja maupun net ketika bola tenis sedang dimainkan. Sehingga Anda harus berhati-hati selama bermain pastikan tangan tidak menyentuh apapun selain raket pemukul bola yang digunakan.
  • Mendorong atau menggerakkan meja saat permainan berlangsung baik dengan sengaja atau tidak.
  • Pemain gagal dalam melakukan servis bola kea rah lawan.
  • Melakukan pukulan bola di atas meja pada saat melakukan servis dimana seharusnya pukulan servis dilakukan di luar batas meja tenis yang digunakan.
  • Yang terakhir pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila menangkap bola lawan dengan posisi tangkapan tepat di atas meja tenis. 
Sudah jelas dan lengkap kan segala peraturan tenis meja yang berlaku di dalam permainan pingpong atau tenis meja ini?. Setelah mengetahui tata cara dan aturan permainan tentu saja Andak boleh asal dalam memainkan permainan yang satu ini baik dari segi melakukan servis, melakukan serangan pukulan balik dan sebagainya. Pastikan untuk memahami tata aturan yang berlaku dan jadikan diri Anda sebagai pemenang. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)