7 Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw Untuk Pemula


Sepak Takraw merupakan salah satu olahraga yang tidak bisa dimainkan oleh semua orang. Olahraga ini memang memerlukan sebuah keterampilan dari kaki dan juga kepala dalam memainkannya. Pada saat melihat pertandingan sepak takraw mungkin terlihat sangat mudah memainkannya, namun ketika dicoba Anda pasti akan mengalami kesulitan. Cara bermainnya terlihat cukup sulit, tetapi jika sudah mengetahui teknik dasar permainan sepak takraw ini maka akan mudah untuk melakukannya. 

Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw Untuk Pemula

Teknik Dasar Olahraga Sepak Takraw yang Harus Dikuasai

Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa khawatir karena tetap bisa memainkannya dengan mulai berlatih teknik dasar permainan sepak takraw. Berbagai kesulitan akan hilang jika Anda sudah menguasai semua teknik dasar untuk memainkan olahraga ini. Anda Penasaran? Yuk simak penjelasannya.

1. Teknik Dasar Smash Telapak Kaki

Latihan pertama yang harus Anda kuasai adalah teknik smash menggunakan telapak kaki. Sebab gerakan ini memiliki peran penting dalam sepak takraw dengan nilai point yang paling banyak. Pada umumnya gerakan smash bertumpu pada semua bagian pergelangan kaki.

Selain itu, teknik dasar smash juga bisa Anda gunakan untuk menahan bola dari lawan dan menjangkau bola dengan jarak yang cukup jauh. Anda bisa melakukan teknik dasar smash dengan cara berikut:
  • Berdirilah dengan satu kaki
  • Angkat satu kakinya dengan posisi tepat lurus di depan badan
  • Arahkan telapak kaki dan tubuh dengan tepat untuk menjangkau bola
  • Jika semuanya sudah siap, lakukan dorongan atau sepakan yang keras pada bola dengan kekuatan di pergelangan kaki.
  • Fokuskan pandangan mata ke arah bola kemudian sasaran yang ingin dicapai.

2. Teknik menyundul Bola

Selain menggunakan gerakan kaki, dalam olahraga sepak takraw juga mengenal gerakan sundulan dengan gerakan pada bagian kepala. Tujuan dilakukan sundulan adalah memberikan umpan untuk anggota tim lain atau melakukan serang terhadap serangan dari lawan. Anda bisa melatihnya dengan beberapa rincian tata cara berikut:
  • Berdiri tegap
  • Ambillah sebuah sikap seperti orang sedang berkuda
  • Badan lebih condong ke arah belakang
  • Letakkan kedua tangan di samping badan dan siku dibengkokkan
  • Pandang bola dan tempat sasaran yang ingin dicapai
  • Sundul bola dan pastikan dulu Anda menggunakan kepala pada bagian depan
  • Gerakan badan dan juga leher ke arah depan untuk menambahkan suatu dorongan

3. Sepak Kuda atau Sepak Kura

Tahukah Anda? Sepak kuda atau sepak kura merupakan salah satu dari teknik dasar permainan sepak takraw dengan peran aktif dari bagian punggung dan juga kaki. Teknik ini berperan agar bisa mengembalikan bola yang berasal dari serangan musuh. Sepak kuda juga dipakai untuk mengambil bola ketika ada pada posisi yang rendah.

4. Sepak Sila

Sepak sila ialah salah satu jenis teknik dasar yang digunakan untuk sepak takraw. Teknik yang kedua ini berfungsi untuk menyepak bola dengan bantuan kaki kiri. Selain itu gerakan ini berperan lain yaitu menendang, menerima dan mengumpan balik serangan bola dari lawan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
  • Berdiri dan tegapkan badan
  • Angkat salah satu kaki hingga mencapai ketinggian setara dengan lutut
  • Lakukan tendangan dengan posisi gerakan kaki bawah menghadap ke atas kemudian sesuaikan dengan kebutuhan
  • Padanan mata lebih fokus pada gerakan bola dan juga arah sasaran yang telah diinginkan.

5. Sepak Mula

Teknik dasar yang ketika adalah sepak mula. Istilah teknik ini mungkin terdengar cukup asing untuk Anda bukan? Lalu apa itu sepak gerakan sepak mula? Sepak mula adalah sebuah gerakan dasar yang pada umumnya pemain untuk menekong bola ke arah dalam lapangan milik lawan.

Gerakan ini juga menjadi tanda bahwa pertandingan olahraga sepak takraw antara dua tim akan segera dimulai. Sepak mula harus Anda kuasai dengan benar, sebab gerakan ini menjadi salah satu dari gerakan yang paling utama. Jadi ketika sepakan tidak dilakukan maka permainan takraw tidak akan pernah dimulai.

6. Sepak Cungkil

Nama-nama istilah dari sepakan dalam olahraga bola sepak takraw kali ini juga cukup unik yaitu sepak cungkil. Sesuai dengan istilah, gerakan ini termasuk salah satu gerakan teknik dasar yang cara mainnya seperti orang sedang mencungkil suatu benda dari tempat.

Biasanya sepak cungkil akan dilakukan memakai semua jemari pada kaki untuk mengambil bola takraw yang berada lumayan jauh untuk melakukan sebuah pantulan liar ke arah lawan menyerupai bentuk mencungkil.

7. Heading

Tidak hanya permainan sepak bola saja, teknik dasar sepak takraw juga mengenal istilah heading. Gerakan ini wajib untuk Anda kuasai dengan benar agar bisa menerima kembali umpan bola yang berasal dari serangan lawan. Berbeda dengan gerakan lainnya, heading tidak bisa dilakukan dengan jangkauan kaki.

Demikian 7 teknik dasar permainan sepak takraw yang harus dikuasai dan dilatih oleh pemula. Semoga ulasan tersebut bisa menjadikan referensi untuk Anda agar lebih semangat lagi dalam berlatih. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Silahkan Share

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)