Cara Teknik Dasar Lompat Tinggi

Ada macam-macam jenis olahraga di sekitar kita yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Lompat tinggi adalah salah satu olahraga yang tidak mudah dilakukan oleh setiap orang dan dalam pelaksanaannya memerlukan sebuah sarana lapangan dan perlengkapan yang mendukung. Selain itu dalam sejarah perhelatan even olahraga setiap atlet juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku. Ada beberapa macam gaya lompat tinggi dalam olahraga ini, namun harus menguasai cara dan teknik dasar untuk melakukannya.

 cara teknik dasar macam jenis gaya lompat tinggi Straddle

Berbeda dengan olahraga cardio seperti lari, untuk mampu melakukan lompat tinggi dengan baik Anda harus paham bagaimana teknik dasar melakukan lompat tinggi. Dimana Anda bisa mempelajari bagaimana cara melakukan lompat tinggi dengan ketentuan yang tepat sehingga mampu menghasilkan skor terbaik.

Cara melakukan lompat tinggi agar maksimal haruslah mentaati peraturan yang berlaku. Lalu bagaimanakah teknik dasar lompat tinggi supaya bisa dilakukan dengan baik? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Awalan

- Titik awal dan sudut
Sebelum masuk pada teknik lanjutan, terlebih dahulu Anda harus paham bagaimana cara atau teknik dasar melakukan lompat tinggi pada bagian awal. Disini Anda harus bisa mengatur bagaimana posisi awal sebelum memulai langkah untuk melewati ketinggian tertentu.

Seperti yang Anda ketahui, sebelum melakukan lompatan tentu akan diawali dengan lari. Nah pada tahap ini Anda harus menentukan posisi awalan lari yang tepat. Dengan begitu jumlah dan kecepatan pun bisa ditentukan sejak awal.

Tak hanya itu, pada olahraga lompat tinggi awalan bukan hanya tentang teknik penentuan posisi permulaan lari namun juga sudut kemiringan. Sebab untuk dapat melewati ketinggian tertentu altlet bukan akan melampauinya dalam posisi lari lurus melainkan lari dengan arah serong.
Untuk penentuan sudut kemiringan ini bisa disesuaikan dengan jenis atau gaya lompat tinggi yang hendak Anda lakukan. Dan berikut adalah data penetapan sudut kemiringan dari macam-macam gaya lompat tinggi
a. Gaya scots kurang lebih antara 30-35 derajat
b. Gaya gunting kurang lebih antara 40-50 derajat
c. Gaya guling sisi kurang lebih antara 40 derajat
d. Gaya flop kurang lebih antara 40-85 derajat, namun untuk 3 langkah terakhir mengecil di sudut 35-40 derajat

- Arah Awalan
Yaitu arah yang akan sangat bergantung pada tumpuan kaki Anda sebelum memulai langkah pertama. Hal ini pula nantinya akan berpengaruh kaki mana yang digunakan untuk melewati rintangan. Sebagai gambaran sederhana, ketika Anda melakukan awalan dengan tumpuan kaki kanan dan melakukan lari sekian langkah maka kaki yang akan digunakan untuk melompat pun sudah jelas.
Dengan pengaturan seperti ini, sebenarnya yang akan terjadi adalah pengaturan dan hasil lompatan yang lebih terkoordinasi. Sebab jangan sampai kesalahan kecil pada permulaan langkah menjadikan lompatan Anda tidak berhasil.

- Pengaturan langkah
Satu hal lagi yang sangat perlu Anda perhatikan dalam teknik dasar melakukan lompat tinggi di awalan, yaitu pengaturan kecepatan langkah. Disini Anda bisa berlari kecil di permulaan, seperti 3 langkah awal yang begitu pelan kemudian diikuti dengan langkah yang lebih cepat.
Tujuan dari pengaturan langkah ringan pada awal yaitu untuk mengurangi risiko kegagalan pengendalian posisi tubuh ketika melompat juga gaya tolak kaki ketika hendak melompat. 

2. Tumpuan Atau Tolakan

Teknik dasar melakukan lompat tinggi juga penting untuk memperhatikan tumpuan dimana harus memperhatikan posisi kaki yang kuat. Ketika proses bertumpu tersebut, Anda harus menempatkan titik tumpu tersebut tepat berada di dititik tumpu. Titik tumpu sendiri merupakan tempat untuk berpijaknya kaki ketika melakukan lompatan.

Agar dapat mendapatkan titik tumpu yang tepat, maka Anda harus mencobanya secara berulang dari menentukan awalan, besar sudut awalan, banyaknya langkah hingga iramanya. Perlu diketahui sebuah titik awalan dapat dikatakan tepat jika berat badan Anda dapat melayang di udara dan titik ketinggian tersebut benar-benar maksimal dan berada tepat di atas dan tengah-tengah mistar.

Jika titik tumpuan yang dilakukan terlalu dekat, maka bisa membuat mistar menjadi tersentuh badan ketika posisi Anda masih bergerak ke atas. Sebaliknya, jika titik tumpuan dilakukan terlalu jauh maka bisa membuat mistar tersentuh badan ketika Anda akan bergerak turun. Untuk mengetahui lebih jelas teknik dasar melakukan lompat tinggi mengenai tumpuan ini berikut tips yang perlu diperharhatikan:


  •  Dalam melakukan tumpuan, titik berat memang harus diperhatikan.  Nah, cara yang tepat untuk melakukannya yakni dengan menekuk lutut pada kaki tumpuan atau sekitar 130-160 agar bisa menghasilkan daya tolakan yang lebih besar.
  •  Ketika posisi bertumpu , maka posisi tubuh bisa sedikit dicondongkan ke belakang. Kecuali untuk gaya flop dimana kecondongan tersebut akan relatif kecil atau bahkan harus dihindari.
  •  Anda dapat menggunakan tumit untuk menapak. Pertama dari seluruh tapak pada ujung kaki. Posisi kaki tumpuan ini sebisa mungkin harus dalam keadaan lurus hingga ke bagian lutut dan ujung kaki.
  •  Ketika bertumpu maka posisi kedua tangan Anda dapat diayunkan secara bersamaan ataupun diayunkan sewajarnya saja.


3.Sikap Badan Di Atas Mistar Atau Melayang

Gerakan melayang pada lompat jauh di luar udara ini dilakukan ketika kaki tumpu lepas dari pijakan tanah. Untuk sikap badan pada gerakan kaki atau lengan ketika posisi melayang di atas mistar ini tergantung dari masing-masing gaya yang dilakukan.
Gerakan dan juga posisi badan sewaktu melayang ini bisa memberikan ciri khusus sehingga dapat membedakannya dengan gaya lainnya. Adapun prinsip yang harus diperhatikan antara lain yaitu :

  • Ketika berada di kedudukan titik berat badan, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebisa mungkin berada dekat dengan mistar. Hal ini dikarenakan titik berat tubuh manusia berada di depan dataran tulang punggung atau sacrum bagian atas yang terletak di sekitaran belakang pusat.
  • Titik ketinggian lambung yang tepat harus berada tepat atau ditengah-tengah mistar
  • Untuk melakukannya hanya memerlukan tenaga yang sedikit agar dapat menghindari gerakan yang tidak dibutuhkan


4. Mendarat

Dan teknik dasar melakukan lompat tinggi lainnya yang harus dikuasai yakni untuk posisi mendarat. Sikap mendarat pada olahraga ini yaitu sikap jatuh yang dilakukan setelah berhasil melewati mistar. Beberapa olahragawan menyatakan bahwa hal ini bukanlah unsur yang menentukan dalam lompat tinggi mengingat tugas pelompat dapat dikatakan selesai apabila si pelompat sudah berhasil melewati mistar.

Akan tetapi, hal ini juga penting diperhatikan karena untuk meminimalisir terjadinya cidera saat posisi terjatuh. Untuk melakukannya pun tergantung dengan posisi dan gaya yang dilakukan. Terdapat dua prinsip mendarat yang dapat dilakukan yakni bisa Anda lakukan secara sadar atau posisi tubuh harus tepat agar tidak mengakibatkan rasa sakit atau pun cidera seperti kaki terkilir.

Dengan adanya informasi dan makalah singkat mengenai teknik dasar melakukan lompat tinggi di atas, tentunya dapat menambah pemahaman dan kemampuan Anda dalam melakukan olahraga tersebut. Semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)