Materi Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru

Bola voli merupakan permainan dua grup yang berlawanan dengan anggota 6 orang untuk masing-masing grupnya. Permainan beregu ini sebenarnya juga bisa dilakukan satu lawan satu ataupun secara berpasangan. Permainan bola voli bertujuan untuk melempar bola dari atas net supaya jatuh ke daerah lawan serta guna mencegah agar lawan tidak bisa melakukan serangan yang sama. Setiap pemain harus memperhatikan materi peraturan bola voli terbaru secara lengkap agar terciptanya pertandingan yang berkualitas. 

Permainan dan Materi Peraturan Bola Voli

Organisasi yang menaungi olahraga voli pada tingkat dunia adalah FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Bola voli menjadi olahraga yang memerlukan kelincahan dari pemain dan juga kerjasama satu tim. Jadi para pemain harus selalu sigap dengan sergapan para lawan. Sebagian dari Anda juga mungkin akan penasaran tentang materi peraturan bola voli jika berbicara mengenai olahraga ini.

Namun sebelumnya, sebaiknya Anda juga tahu sedikit mengenai sejarah permainan ini.  Sejarah singkat bola voli pada awalnya ialah dari William G. Morgan. Ia merupakan sosok yang telah berhasil menciptakan olahraga voli. Morgan adalah guru pendidikan jasmani di sekolah Young Men Christian Association, Amerika Serikat. 

Pada awalnya Morgan membuat permainan ini hanya dengan memukul bola ke atas lewat jaring. Kemudian permainan bola voli berkembang lebih sempurna. Perkembangan ini diawali dari peralatan yang dipakai seperti bola serta jaring. Ia kemudian memesan bola yang bahan serta bentuknya memang khusus bisa dimainkan dalam olahraga voli.  

Permainan bola voli pada mulanya dinamakan dengan “Minnonete”. Selanjutnya teman dari Morgan yaitu Dr. Halsted Springfield memberikan saran supaya permainan tersebut diganti namanya menjadi “Volleyball”. Setelah namanya diganti, kepopuleran permainan bola voli semakin menyebar. Bahkan tempat Morgan bekerha juga mengadakan perlombaan bola voli yang diadakan pada tahun 1922.

Lalu berdirilah organisasi bola voli nasional yang didirikan tahun 1929 dan dipimpin oleh George J. Fisher. Olahraga bola voli semakin dikenal oleh negara-negara seperti Rumania, Uni Soviet, Pakistan dan Jepang. Kemudian 1961, Pakistan mengadakan perlombaan bola voli bernama Morgan Cup Tournament. Perlombaan ini diciptakan atas dasar penghargaan kepada William Morgan.

Sedangkan sejarah bola voli di Indonesia sendiri, bola voli muncul sekitar tahun 1928 dan dipopulerkan oleh tentara Hindia Belanda. Setelah itu, tanggal 22 Januari tahun 1955, didirikan organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI. Hingga sekarang ini, bola voli di Indonesia bahkan menjadi olahraga wajib untuk beberapa sekolah, baik sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Permainan bola voli juga memiliki peraturan yang harus ditaati oleh para pemainnya. Adapun materi peraturan bola voli oleh FIVB ataupun PBVSI yang bisa Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Peraturan Bola Voli

Bola voli yang dipakai dalam pertandingan voli harus sesuai dengan kriteria berikut ini:
  1. Bentuknya bulat
  2. Dibuat dari material kulit yang lunak, atau bisa juga material sintetis
  3. Bola  berdiameter 65 sampai 67 cm 
  4. Massa bola 260 sampai 280 gram
  5. Harus ada perpaduan warna pada bola voli 
  6. Peraturan Ukuran Lapangan
  7. Lapangan bola voli harus mempunyai ukuran 9 m x 18 m
  8. Garis batas serang pemain belakang jaraknya 3 meter dari garis tengah
  9. Ukuran garis tepi lapangan 5 cm
  10. Peraturan Jumlah Pemain

Olahraga atau permainan bola voli terdiri atas dua tim, yakni untuk setiap regu memiliki enam orang. Enam orang ini juga sudah terdiri dari libero atau pemain yang boleh keluar masuk tetapi tidak boleh melakukan smash. 

Peraturan Pakaian

Aturan pemakaian dalam pertandingan bola voli yaitu:
  • Seragam harus memiliki nomor dada serta nomor punggung
  • Celana pemain adalah celana pendek yang ada nomornya di bagian paha kanan 
  • Sepatu yang digunakan adalah sepatu karet dan pemain harus mengenakan kaos kaki 
  • Peraturan Penilaian

Materi peraturan bola voli yang berikutnya adalah peraturan penilaian. Peraturan penilaian dibagi dalam dua ketentuan yakni, kemenangan setiap set dan kesalahan reli. Adapun faktor yang dipakai dalam penilaian antara lain:
  1. Apabila pemain servis memenangkan reli, dengan demikian regunya akan memperoleh satu poin kemudian wajib melanjutkan servis
  2. Apabila permain servis tidak berhasil melakukan reli, maka regu lawan akan memperoleh satu poin serta melanjutkan servis
  3. Satu set terkecuali set V, satu regu telah menang terlebih dahulu dengan skor 25 dan selisih minimal dua angka
  4. Apabila pertandingan seri misalnya 24-24, dengan demikian pertandingan akan berlanjut hingga skornya selisih dua angka
  5. Apabila kemenangan set 2-2, dengan demikian set penentuan atau set V akan dilanjutkan sampai skor 15 angka dan minimal selisih dua angka
  6. Apabila satu tim tidak mau bertanding sesudah dipanggil, dengan demikian tim ini dinyatakan kalah 0-25 dan 0-3 pada setiap set.

Teknik Permainan Bola Voli

Dalam bermain bola voli, ada beberapa teknik permainan bola voli yang harus dipelajari dan diperhatikan. Berikut ini adalah teknik permainan bola voli beserta materi peraturan bola voli yang harus Anda pelajari.

1. Teknik Dasar Servis Atas

Cara melakukan teknik dasar servis atas yaitu :
  • Pemain berdiri dengan memegang bola voli memakai satu tangan. Kemudian posisi kaki pemain berlawanan dengan tangan yang akan memukul bola
  • Kemudian lambungkan bola ke atas kepala dan ayunkan tangan untuk memukul bola voli tersebut 
  • Pemain lalu memposisikan kaki ke belakang lalu depan. Luruskan tangan yang digunakan untuk memukul selaju dengan bola

2. Teknik Dasar Mengumpan Bola

Cara melakukan teknik dasar mengumpan bola antara lain:

a. Mengumpan Bola Atas
Bola diumpan dengan cara berdiri kemudian kedua kaki dibuka sebahu dan searah dengan pandangan pada bola. Lalu tekuk lutut dan posisikan tangan di depan wajah. Kemudian sikut ditekuk dengan jari-jari tangan terbuka. Doronglah bola voli dengan posisi telapak tangan lurus.

b. Mengumpan Bola Bawah
Bola diumpan dengan cara berdiri dan kaki dibuka lebar sejajar dengan bahu. Posisikan wajah Anda ke arah bola. Tekuklah lutut posisikan tangan di depan badan. Ayunkan tangan dari arah bawah ke atas sambil memposisikan kedua tungkai lurus.

c. Teknik Dasar Smash
Caranya bola dilambungkan ke atas kepala dengan sedikit saja mencondongkan badan ke arah belakang. Gerakkan badan ke arah depan sambil menggerakkan tangan pemukul dari arah belakang menuju depan. Kemudian gerakkan kaki belakang ke depan, luruskan tangan yang memukul bola. Agar pukulan yang dihasilkan bisa keras, maka bisa dengan melompat ke arah depan.

d. Teknik Blocking
Teknik blocking atau membendung bola dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Posisikan badan berjongkok
  • Lompatlah dengan posisi kedua tangan rapat serta lurus ke arah atas
  • Saat kaki mau turun, segeralah berpindah agar teman satu tim bisa melaksanakan blocking. Ada dua teknik blocking yang bisa dilakukan, yakni blocking tunggal dan blocking ganda.
  • Blocking tunggal merupakan teknik membendung bola hanya dengan satu pemain, sedangkan blocking ganda adalah teknik membendung dengan dua pemain atau boleh juga lebih.
Demikianlah informasi yang dapat Anda ketahui mengenai materi peraturan bola voli di atas. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar bola voli melalui makalah bola voli ataupun makalah bola voli terlengkap yang lain. Semoga pengertian lapangan bola voli dan cara bermain bola voli di atas bermanfaat dan bisa membantu.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)