Peraturan Sepak Bola Terbaru Lengkap

Sepak bola adalah permainan olahraga internasional yang hampir semua orang sukai. Olahraga bola ini bahkan menjadi pertandingan dunia yang selalu dinanti setiap 4 tahun sekali digelar yang mana biasa dikenal dengan world cup atau piala dunia. Seperti halnya yang terjadi pada cabang olahraga yang lainnya, permainan ini juga memiliki aturan main dalam pertandingan yang setiap saat bisa mengalami perubahan peraturan yang terbaru. Sebagai contoh pada gelaran Piala Eropa 2016 lalu dimana terlihat beberapa perubahan aturan main dalam permainan. Tentunya hal tersebut telah diumumkan  sebelumnya oleh  International Football Association Board (IFAB). 


Olahraga sepak bola merupakan permainan yang universal, maka pada permainan ini selalu mempunyai peraturan-peraturan baru yang menjadi acuan tim dalam bermain bola, baik ketentuan menurut PSSI di Indonesia maupun ketetapan Internasional dari FIFA sebagai induk organisasi sepak bola di dunia. 

Peraturan sepak bola secara lengkap sendiri bisa Anda baca pada bahasan berikut ini:

1. Lapangan Sepak Bola

Permainan sepak bola dimainkan di lapangan sepak bola dan memiliki peraturan yang sudah tercantum di The Laws of the Game-nya IFAB. Adapun aturan untuk lapangan sepak bola yaitu:
a. Panjang lapangan minimal 90 meter, maksimal 120 meter
b. Lebar lapangan minimal 45 meter dan maksimal 90 meter
Sedangkan peraturan lapangan sepak bola untuk pertandingan internasional yaitu:
a. Panjang lapangan minimal 100 meter dan maksimal 110 meter
b. Lebar lapangan minimal 64 meter dan maksimal 75 meter

2. Peraturan Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, peraturannya adalah dimainkan 2 tim yang beranggotakan 11 orang untuk masing-masing tim. Dari 11 orang, lalu ada yang menjadi penjaga gawang. Apabila dalam pertandingan sepak bola pemainnya kurang dari 7 orang, maka pertandingan tidak dapat dimulai. 

Selanjutnya bila dalam pertandingan 4 orang mendapatkan kartu merah atau pemain mengalami cidera, maka pertandingan akan dihentikan. Lalu tim yang pemainnya kurang akan didiskualifikasi. Dalam peraturan sepak bola  FIFA, pergantian pemain dibatasi 3 kali. Sedangkan untuk pertandingan nasional, pergantian pemain hanya boleh 7 kali. Dalam satu tim sepak bola, harus ada kapten yang menjadi pemimpin. 

3. Peraturan Penggunaan Bola

Peraturan sepak bola lengkap terbaru yang berikutnya adalah mengenai bola. Bola merupakan tokoh utama yang harus ada dalam sebuah pertandingan sepak bola. Maka dari itu, bola yang dipakai wajib memiliki standar berkualitas. Peraturan penggunaan bola yang harus dipatuhi antara lain:
a. Bentuk bola harus bulat
b. Bahan yang digunakan untuk membuat bola harus berkualitas dan sesuai standar
c. Panjang lingkar bola 70 cm dan 68 cm
d. Berat bola antara 450 gram dan 410 gram

4. Peraturan Atribut Pemain

Para pemain sepak bola biasanya mengenakan atribut ketika bertanding di lapangan. Dan berikut ini adalah beberapa atribut yang seringkali dikenakan para pemain beserta peraturannya:

a. Jersey

Masing-masing tim sepak bola tentunya memiliki banyak jersey dalam satu musim. Hal ini menjadi identitas serta mencegah adanya warna jersey yang sama antar tim ketika bermain.

b. Kaos Kaki

Kaos kaki mampu melindungi tulang kering atau shinguards dari cedera. Warna kaos kaki setiap pemain harus seragam.

c. Sarung Tangan

Pemain yang menggunakan sarung tangan adalah penjaga gawang dan fungsinya adalah untuk melindungi tangan dari hantaman bola.

d. Headgear

Adalah pelindung kepala yang hanya boleh dikenakan pemain cedera.

5. Tugas Wasit

Ketika mencari tahu peraturan sepak bola lengkap terbaru, Anda tentu juga penasaran dengan apa saja tugas wasit yang sebenarnya. Wasit merupakan orang yang bertugas dalam memegang keputusan dalam permainan sepak bola. Adapun tugas wasit antara lain: 
  • Mengatur waktu pertandingan
  • Mencatat proses pertandingan
  • Mengendalikan berlangsungnya pertandingan bersama asisten wasit
  • Meneliti apakah bola yang digunakan telah sesuai atau tidak 
  • Menunda atau mengakhiri pertandingan guna kebijakan peraturan sepak bola 
  • Menghentikan permainan apabila ada pemain yang cedera parah 

6. Asisten Wasit

Asisten wasit adalah orang yang membantu wasit dalam menjalankan tugasnya. Asisten wasit atau linesman memiliki tugas untuk membawa bendera sebagai tanda terjadinya offside, tendangan sudut dan bola keluar.

7. Durasi Permainan

Di dalam satu permainan terdapat 2 babak, yaitu 45 menit per babaknya. Sedangkan jeda antara babak satu dua adalah 15 menit.

8. Bola Keluar

Bola keluar adalah ketika bola menggelinding atau terbang melewati garis gawang ataupun garis lapangan. Selain itu, ada beberapa alasan tertentu yang membuat bola dinyatakan keluar. Contohnya ketika ada pemain yang cedera. 

9. Kick Off

Kick off atau tendangan pembuka bisa dilakukan sebagai tanda pertandingan sudah dimulai, goal, babak kedua sudah dimulai dan perpanjangan waktu.

10. Ketentuan Gol

Gol dikatakan sah saat bola masuk ke dalam gawang tanpa adanya offside, hands ball dan pelanggaran lain. Gol dapat terjadi karena tendangan pinalti, gol bunuh diri dan tendangan bebas.

11. Offside

Offside dalam permainan sepak bola yaitu keadaan dimana pemain berada di daerah lawan saat bola menuju ke dirinya, kemudian tidak ada musuh selain kiper. Adanya offside ditandai saat asisten wasit mengangkat bendera. Offside biasanya juga menjadi kontroversi antara wasit dan juga pemain.

Hal ini dikarenakan wasit bisa saja salah ketika menentukan offside tersebut.  Akan tetapi offside tidak dibenarkan apabila bola yang dioper diberikan saat di belakang terdapat pemain belakang.

12. Tendangan Bebas

Ada tendangan bebas yang bisa dilakukan di tempat ketika permainan sepak bola. Tendangan ini dapat dilakukan menggunakan 2 cara, yakni tendangan bebas langsung atau tendangan menendang bola langsung ke arah gawang, dan tendangan bebas tidak langsung atau menendang bola ke teman satu tim.

Peraturan ini adalah peraturan internasional, sedangkan peraturan sepak bola terbaru versi PSSI di Indonesia mungkin beda lagi.

13. Lemparan ke Dalam

Dalam peraturan sepak bola lengkap terbaru Anda juga akan menemukan aturan mengenai lemparan ke dalam. Lemparan ke dalam adalah lemparan yang dilakukan ketika bola keluar dari lapangan. Lemparan ini dilakukan oleh pemain tim yang tidak melemparkan bola hingga keluar tadi.

14. Tendangan Penalti

Adalah tendangan yang dilakukan apabila tim lawan melakukan pelanggaran pada kotak penalti. Pelanggaran ini yaitu hands ball, menyerang pemain lawan dan lain sebagainya. Tendangan penalti dilakukan oleh kiper tim lawan dan seorang penendang.

Cara melakukan tendangan ini yaitu, bola diletakkan pada tengah lingkaran penalti, kemudian pemain lainnya berdiri di luar daerah penalti atau di bagian belakang bola.

15. Tendangan Sudut

Adalah tendangan apabila tim lawan sengaja ataupun tidak sengaja menendang bola ke luar garis gawang timnya. Bila bola ke luar garis kanan gawang, maka bola ditendang dari sudut kanan, begitupun sebaliknya.

16. Tendangan Gawang

Tendangan gawang merupakan tendangan yang dilakukan apabila bola melewati garis gawang oleh tim lawan. Tendangan gawang dilakukan oleh kiper dari tim yang bukan menendang bola ke luar lapangan.

17. Peraturan Pelanggaran

Ada beberapa hal yang dikatakan menjadi bentuk pelanggaran dalam sepak bola seperti tacke keras, hands ball dan lainnya. Pelanggaran ini akan dikenai Sebagai hukuman berupa kartu, yaitu ada kartu kuning dan kartu merah oleh wasit. Kartu merah merupakan kartu yang paling fatal karena pemain harus keluar dari permainan.

Sedangkan kartu kuning artinya pemain memperoleh peringatan keras apabila sampai melanggar peraturan serta mendapatkan kartu kuning kedua kalinya. Jika dalam pertandingan pemain memperoleh kartu kuning sebanyak 3, maka pemain tersebut tidak dapat bermain untuk satu kali permainan selanjutnya.

Perubahan Peraturan Sepak Bola Terbaru

Pada Turnamen Piala Eropa Tahun 2016 menjadi ajang dalam memperkenalkan beberapa peraturan terbaru dalam permainan sepak bola, salah satunya ialah tentang teknik pengambilan tendangan kick-off memulai pertandingan. Sebelumnya, tendangan kick off yang berada di lapangan tengah dilakukan oleh dua orang pemain. Namun berbeda dengan terjadi pada kompetisi akbar di benua biru itu, dimana kick off dilakukan hanya seorang diri. 

Itulah yang dilakukan oleh Davis, salah seorang pemain di gelaran Piala Eropa 2016 yang menunjukan jika kick-off sekarang dapat ditendang ke segala arah. Waktu itu, ia melakukan tendangan kick-off dengan menendang bola ke arah belakang kepada reka satu timnya. 

Asosiasi Sepak Bola Internasional atau yang dikenal dengan IFAB rupanya sudah mengumumkannya sejak April 2016. "Tujuan kami ialah membuat aturan yang mudah untuk siapapun yang terlibat dengan permainan sepak bola supaya mengerti dan memahami peraturan," ucap IFAB. 

Perubahan aturan IFAB juga tidak hanya sebatas pada kick-off. Namun juga ada kurang lebih 10.000 kata yang telah ditarik dari buku Laws of the Game. Beberapa peraturan lain, seperti penalti, offside dan pelanggaran juga telah mengalami perubahan sejak 1 Juni. 

Di bawah ini merupakan beberapa perubahan peraturan yang terjadi di sepak bola:

Kick-off 

Sekarang bisa dilakukan hanya seorang diri dan bola bisa ditendang ke segala arah, termasuk ke arah belakang. Dahulu, kick-off harus dilakukan oleh dua pemain dan si kulit bundar hanya boleh ditendang ke arah depan.

Offside 

Untuku anggota tubuh bagian lengan dan tangan pemain tidak menjadi pertimbangan ketika asisten wasit memutuskan apakah seorang pemain berada di posisi offside.

Penalty 

Apabila seorang kiper keluar dari garis gawangnya dan menyebabkan tendangan penalti harus diulang, sang penjaga gawang dihukum dengan kartu kuning.

Pelanggaran 

Jika sebuah pelanggaran melibatkan kontak dengan pemain lawan, maka diganjar dengan tendangan bebas langsung.

Perlengkapan 

Warna tiap-tiap bahan yang melindungi kaos kaki haruslah sama dengan kaos kaki yang dikenakan oleh pemain. Peraturan ini juga berlaku untuk kinesio tape atau bahan yang lainnya.

Keluar lapangan 

Jika ada seorang pemain yang cedera dan sang pelanggar menerima kartu merah ataupun kuning atas perbuatan yang dilakukannya, maka pemain yang mengalami cedera tersebut tidak perlu meninggalkan lapangan permainan untuk mendapatkan perawatan dari tim medis.

Tiga hukuman 

Bila seorang pemain melanggar pemain lawan saat ada kesempatan mencetak gol di area kotak penalti biasanya akan diganjar dengan penalti, mendapatkan kartu merah dan skorsing satu laga. Akan tetapi IFAB sudah memutuskan bahwa sang wasit bisa saja hanya memberi kartu kuning jika sang pemain dianggap "Secara meyakinkan" hanya berusaha untuk merebut bola dari lawan.

Sending off offences 

Seorang pemain dapat diusir dengan cepat setelah wasit memasuki lapangan permainan guna melakukan inspeksi pra pertandingan. Hal ini berarti pemberian kartu merah dapat dilakukan oleh sang wasit sebelum kick-off laga.

Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa memberikan referensi yang bermanfaat, sehingga akan menambah pengetahuan Anda mengenai permainan sepak bola. Dengan peraturan sepak bola lengkap ini Anda akan lebih berhati-hati saat bermain ataupun bertanding di lapangan. Selamat bermain dan semoga selalu sukses.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)