Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Sepak Takraw

Sepak takraw adalah salah satu cabang olahraga bola kecil dengan jumlah pemain 3 orang. Dalam permainan ini, bola yang digunakan juga berbeda dengan bola pada umumnya, sebab bahan material yang digunakan adalah anyaman rotan. Adakah yang tahu berapa ukuran panajng dan lebar lapangan sepak takraw beserta tinggi netnya? Olahraga ini memiliki peraturan standar tersendiri dalam hal ukuran sesuai dengan ketentuan dari ISTF sebagai induk organisasi sepak takraw dunia di tingkat internasional. 

Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Sepak Takraw Standar Internasional

Sedangkan sejarah olahraga sepak takraw ini asalnya dari tanah Melayu, permainan bola yang mengandalkan kekuatan kaki dan kepala ini dimulai sudah ada sejak masa kesultanan Melayu dan lebih populer dengan istilah sepak raga.

Untuk ukuran lapangan dan tinggi net sepak takraw memang hampir mirip dengan ukuran dari lapangan olahraga voli. Namun sebenarnya bentuk dan juga ukurannya sangatlah berbeda. semua ukuran baku dari lapangan sepak takraw dibuat berdasarkan jumlah pemain dan aturan main di dalamnya seperti dilarang menyentuh bola dengan tangan kecuali pada saat melakukan servis.

Apakah Anda penasaran dan ingin membuat lapangan sendiri di rumah? Jika iya, agar tidak mengalami kesalahan Anda bisa memperhatikan beberapa ukuran bagian sepak takraw di bawah ini:

1. Dimensi Ruang Lapangan Sepak Takraw

Bentuk pertama dari proses pembuatan lapangan sepak takraw adalah bagian intinya terlebih dahulu. Bagian intinya berbentuk persegi panjangan dengan garis tengah yang membaginya menjadi dua bagian sama besar dan masing-masing memiliki bentuk lingkaran sebagai tempat untuk melakukan servis. Berikut adalah penjelasan mengenai dimensi ukuran tersebut:
  • Panjang lapangan adalah 13,4 meter
  • Lebar lapangan adalah 6,1 meter
  • Diameter pada lingkaran yang digunakan untuk servis adalah 0,3 meter
  • Kawasan bebas dari jangkauan penonton sebagai garis paling luar adalah 2 meter
  • Tebal atau lebar dari ukuran garis adalah 4 cm
  • Apabila dibuat di dalam sebuah ruangan, maka untuk ukuran ketinggian atap paling sedikit adalah 8 meter

2. Ukuran Tinggi Net dan Tiangnya

Sama halnya dengan beberapa olahraga bola yang lainnya di mana membutuhkan net dan juga tiang yang adakan dipasang pada garis yang membagi dua bagian lapangan menjadi 2 sama rata. Ukuran net dan tiang ini juga tidak boleh dibuat dengan asal, berikut adalah ukuran yang bisa Anda jadikan acuan untuk membuat net dan tiang dari olahraga sepak takraw:

Tinggi net untuk lapangan sepak takraw putra

Tinggi net sepak takraw putra harus dibuat dengan ukuran 1,55 meter dengan bagian samping berjarak 1,52 pada bagian tengah-tengah lapangan

Tinggi net untuk lapangan sepak takraw putri

Ukuran tinggi net putri dibuat lebih pendek dari tinggi net pria yaitu 1,42 meter di bagian samping dengan jarak minimal 1,42 meter di tengah-tengah lapangan.

Semua bagian tiang baik itu tim putra maupun putri dipasang di luar garis pembatas yang jaraknya sebesar 30 cm. Sedangkan untuk bahan material yang digunakan untuk membuat net sendiri adalah bahan nilon dengan kekuatan yang maksimal, setiap luang dari net memiliki lebar 6 sampai 8 cm. Ukuran net pada ukuran lapangan dan tinggi net sepak takraw yang baku adalah panjang 6,1 meter dan lebar 0,70 meter.

Pada bagian pinggiran jaring net yaitu di atas, samping kanan dan kiri serta bawah dibuat bentuk pita dengan lebar kurang lebih lima 5 meter yang juga diperkuat adanya tali di bagian ringnya. Jarak net dengan lantai atau tanah harus 1,55 meter.

Sedangkan untuk dua buah tiang yang digunakan untuk mengikat jaring dan berada di bagian kiri dan kanan harus diletakkan sejajar dengan garis tengah lapangan. Untuk tingginya bisa Anda sesuaikan dengan ukuran yang ada di penjelasan sebelumnya.

3. Ukuran Lingkaran Tengah Sepak Takraw

Pada lapangan sepak takraw juga ada lingkaran yang berada di bagian tengah lapangan. Fungsi dari lingkaran tersebut adalah tempat untuk para pemain melakukan sepakan awal atau service. Ukuran dari diameter atau garis tengah lingkaran servis tersebut adalah sebesar 0,61 meter.

4. Ukuran Garis Seperempat Lingkaran

Dibagian penjuru kedua lapangan yang dibagi sama rata dengan garis tengah terdapat harus dengan bentuk seperempat lingkaran. Fungsi bagian ini adalah sebagai tempat yang digunakan untuk melambungkan bola ke pemain lain dengan permulaan atau servis. Diameter seperempat lingkaran tersebut adalah 0.90 meter.

5. Ukuran dan Bahan Pada Bola Sepak Takraw

Selain ukuran lapangan dan net dalam olahraga sepak takraw Anda juga perlu memperhatikan bahan serta ukuran yang harus digunakan untuk membuat bola. Bahan bola ini harus berasal dari rotan dengan lapisan 9 dan juga 11 lilitan yang nantinya akan di anyam menjadi lingkaran bola takraw. Selain itu Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:
  • Diameter lingkaran bola berkisar antara 41 hingga 43 cm
  • Jumlah lubang bola sebanyak 12 lubang kecil
  • Berat untuk satu bola takraw berkisar antara 160 sampai 180 cm.

Demikian ulasan mengenai ukuran lapangan dan tinggi net sepak takraw untuk skala nasional dan internasional. Ukuran tersebut akan membantu Anda membuat lapangan dengan mudah dan benar sesuai dengan standar lapangan sepak takraw dunia. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)