Tips Cara Melakukan Teknik Smash yang Baik dalam Bulutangkis

Teknik Smash Dalam Permainan Bulutangkis

Teknik pukulan smash merupakan pukulan overhead yang dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas dan menukik diarahkan ke posisi bawah lawan. Pukulan smash ini disebut juga sebagai pukulan menyerang karena memang tujuan utamanya adalah untuk mematikan lawan. Teknik pukulan smes ini merupakan bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.

tips cara melakukan teknik jumping smash bulutangkis

Teknik pukulan smash ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis karena karakteristik dari pukulan ini yang keras dan laju kok yang sangat cepat mendarat ke lantai. Berbeda dengan teknik netting yang lebih mengedepankan gerak tipu dengan sedikit sentuhan yang halus di depan net. 

Silahkan baca: Cara Melakukan Teknik Netting Badminton  

Jenis Pukulan Smash

Teknik pukulan smash bisa dilakukan dengan keadaan diam, berdiri atau sambil loncat. Beberapa jenis/ bentuk pukulan smash dalam olahraga bukutangkis yang biasa tejadi di lapangan antar lain pukulan smes penuh, pukulan smes potong, pukulan smes backhand, dan pukulan smes melingkar atas kepala. Secara bertahap setiap pemain harus menguasai  teknik pukulan smes tersebut dengan sempurna karena manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan.

Tips Melakukan Teknik Smash Yang Kuat Dan Powerfull

Beberapa teknik yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan pukulan smash yang benar dan berkualitas dalam bulutangkis adalah :
  1. Perhatikan posisi pegangan raket (Grip) dengan benar
  2. Bergeraklah dengan cepat untuk mengambil posisi yang tepat untuk melakukan pukulan.
  3. Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada shuttlecock.
  4. Carilah timing/ waktu yang tepat untuk melakukan pukulan
  5. Perkenaan raket dan shuttlecock berada di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau shuttlecock setinggi mungkin
  6. Gunakanlah tenaga pergelangan tangan semaksimal mungkin dengan cepat pada saat memukul kok.
  7. Akhiri rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ian-jut ayunan raket yang sempurna ke depan badan.

Posisi Grip (Pegangan Raket) Saat Melakukan Pukulan Smash

  • Gunakan pegangan grip sesuai dengan style masing-masing pemain
  • Pegangan raket harus tetap rileks agar tenaga pergelangan tangan bisa keras kebawah
  • Jangan pegang ujung raket terlalu keras sebab di saat melakukan pukulan gerakan akan menjadi kaku.
  • Pererat jari-jari tangan pada saat memukul shuttlecock untuk menambah ledakan dan mempercepat laju kepala raket.

Tips Cara Melakukan Jumping Smash dalam Bulutangkis

Sebelum seorang pemain melakukan teknik jumping smash, haruslah diperhatikan terlebih dahulu apakah ia sudah mampu melakukan teknik pukulan smash tanpa jumping dengan baik atau belum. Jumping smash dilakukan jika seseorang telah mampu menguasai teknik smash dengan baik dan untuk memaksimalkan kekuatan pukulan smashnya maka barulah dilakukan jumping smash dengan maksud agar shuttlecock menghujam deras dan keras di daerah lawan.

Beberapa cara melatih jumping smash yang baik agar menghasilkan pukulan kuat dan keras

  1. Perbanyak jogging, untuk melancarkan peredaran darah, jantung, meringankan langkah kaki, lebih siap dalam melakukan gerakan reflek.
  2. Perbanyak latihan push up, untuk memperkuat otot seputar lengan depan-belakang dan seputar dada dan pundak, otot yang terlatih akan memperingan gerakan serangan tanpa beban.
  3. Perbanyak latihan setup, untuk memperkuat otot seputar perut dan pangkal paha, latihan ini akan membantu kamu lebih siap bergerak cepat baik dalam posisi menunduk maupun melompat.
  4. Perbanyak latihan menggunakan barbel kecil, untuk memperkuat otot-otot nadi dan seputar lengan, mempercepat/ melincahkan gerakan lingkar lengan dan kepalan tangan sehingga pada saat eksekusi, pukulan smash akan lebih berbobot dan keras untuk diterima lawan.
  5. Perbanyak latihan beban tarik tekan dengan model dipegang kepalan tangan, untuk memperkuat daya cengkeram jari-jari saat memegang gagang raket.
  6. Latihan dengan lawan main, untuk melatih insting menghadapi gerakan dan mengukur kekuatan lawan sampai dimana.

Teknik Return Smash

Teknik ini merupakan pukulan untuk mengembalikan smash lawan. Teknik pukulan return smash ini lebih identik dengan teknik menahan smash lawan yang biasa digunakan dalam pola pertahanan. Akan tetapi jika seorang pemain bisa melakukan pengembalian smash dengan baik justru hal tersebut bisa menjadi serangan balik yang menyulitkan bagi lawan. Oleh karena itu perlu adanya latihan yang rutin agar terbiasa menahan pukulan smash dari lawan mengembalikan shuttlecock dengan baik dan terarah.  

Jenis Pengembalian Pukulan Smash

Beberapa jenis pengembalian pukulan smash antara lain:
  1. Pengembalian pendek, yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. Banyak terjadi pada permainan tunggal. Tujuannya yaitu untuk memaksa lawan berlari jauh.
  2. Pengembalian drive atau mendatar, lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan.
  3. Pengembalian panjang, yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Pukulan ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah trampil dan mempunyai pergelangan tangan kuat.

Tips yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengembalikan Pukulan Smash

  1. Pemain harus berada dalam posisi siap
  2. Untuk pengembalian dari forehand, apabila dekat biasa dilakukan dengan satu langkah kaki kanan, tatapi apabila jauh, mungkin perlu dilakukan terlebih dahulu langkah kecil dari kaki kiri.
  3. Untuk pengembalian backhand, apabila dekat bisa dilakukan langkah kecil dari kaki kiri. Namun, apabila jauh mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kanan.
Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana cara melakukan teknik pukulan smash yang bagus dan berkualitas. Pelajari selengkapnya teknik dasar lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai dalam Teknik Dasar Bermain Bulutangkis, semoga bermanfaat untuk permainan Anda.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)