Teknik Dasar Bermain Badminton/ Bulutangkis

Jika kita ingin menjadi seorang pemain bulutangkis professional maka wajib hukumnya untuk selalu berlatih secara rutin serta belajar teknik dan cara bermain badminton/ bulutangkis yang baik dan benar.  Tidaklah mungkin seseorang bisa menjadi pemain besar tanpa mengetahui teknik-teknik yang ada dalam permainan bulutangkis. Teknik dasar bulutangkis merupakan langkah awal yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar bisa menghasilkan sebuah permaianan yang berkualitas dan tentunya dibarengi dengan latihan yang serius dan berkesinambungan. Karena tidaklah mungkin ada prestasi tanpa adanya usaha dan kerja keras dari kita untuk meraihnya. 

teknik dasar bermain olahraga bulutangkis badminton

Belajar Teknik Dasar Permainan Bulutangkis

1. Teknik Memegang Raket

Teknik dasar memegang raket bulutangkis yang baik dan benar dalam permainan bulutangkis sepintas memang terlihat mudah untuk dilakukan sehingga sebagian orang banyak yang menganggap remeh dalam hal ini, padahal apabila kita tahu bahwa benar tidaknya cara seseorang dalam memegang raket ini merupakan kunci yang akan sangat menentukan kualitas pukulan dalam permainan. Untuk mengetahui cara memegang raket badminton dengan benar bisa membacanya di Tips Cara Memegang Raket Bulutangkis.

2. Teknik Footwork (Gerakan Kaki)

Teknik dasar footwork atau latihan pijakan kaki dalam permainan bulutangkis merupakan latihan pergerakan kaki agar pemain bisa dengan leluasa bergerak, baik untuk bertahan maupun melakukan serangan yang disertai lompatan sehingga pemain bisa menjaga kestabilan dan memperoleh posisi yang tepat untuk melakukan pukulan. Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas apabila dilakukan dalam posisi baik.

Untuk bisa memukul dengan posisi baik, seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak dan kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footworknya tidak teratur. Usahakan posisi kaki tidak berhimpitan dan lakukanlah dengan nyaman misalnya kaki kiri berada di depan dan kaki kanan ditaruh agak ke belakang. Semakin baik seseorang dalam menguasai teknik ini maka akan semakin nyaman dalam melakukan setiap gerakan dalam permainan baik ketika menyerang maupun bertahan.

3. Teknik Berdiri dan Sikap di Lapangan

Teknik dasar sikap dan posisi berdiri di lapangan dalam permainan bulutangkis juga harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu, dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan dengan aman dan maksimal.

Berdirilah dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh. Kedua lutut ditekuk dan berdiri pada ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salah satu kaki diletakkan di depan kaki lainnya. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan, sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak. Peganglah raket sebaik mungkin sehingga daun raket berada lebih tinggi dari kepala. Senantiasa waspada dan perhatikan jalannya kok selama permainan berlangsung.

Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulutangkis, sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas ketrampilan memukul kok. Berdirilah dengan sikap dan posisi yang tepat di atas Iapangan. Lakukan gerak Iangkah ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan kiri pada saat memukul kok, sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh. Gerak Iangkah sambil meluncur cepat, sangat efektif sebagai upaya untuk memukul kok. Hindari berdiri dengan telapak kaki di lantai (bertapak) pada saat menunggu datangnya kok, atau pada saat bergerak untuk memukul kok.


4. Teknik Hitting Position (Posisi Memukul)

Teknik dasar dalam permainan bulutangkis ini dilakukan ketika posisi kita hendak memukul shuttlecock. Ada jeda waktu bagi pemain untuk mempersiapkan diri melakukan pukulan, ketika pemain akan menerima shuttle cock dari lawan. Teknik dasar hitting position ini perlu diasah secara rutin, kecerdasan membaca arah akan memudahkan pemain dalam menghasilkan poin yang berharga dalam suatu permainan bulutangkis.

Jika pemain dengan tipe right handed atau memegang raket dengan tangan kanan, maka dalam melakukan sebuah pukulan everhead, posisi badan menyamping dengan arah net dan posisi kaki kanan berada di belakang kaki kid. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

Sedangkan untuk pukulan underhand, posisi kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kid di belakang. Lutut kaki kanan dibengkokkan sehingga paha bagian bawah sedikit turun. Untuk kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki harus tetap berada di belakang dan hanya sedikit bergeser ke depan.

Beberapa kesalahan yang terjadi adalah pada ready position tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki, sehingga  reaksi menjadi lambat. Posisi lutut lurus, tidak bengkok dan pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net sehingga pukulan tidak kuat. Ketika posisi underhand, kaki kiri berada di depan, keseimbangan kaki tidak ada dan sulit mengarahakan bola dengan tepat. Selain itu posisi lutut/paha tidak turun sehingga jangkauan kurang dan lambat untuk kembali ke bagian tengah lapangan.

5. Teknik Pukulan dalam Permainan Bulutangkis

Teknik dasar memukul di dalam permainan bulutangkis merupakan sebuah hal yang wajib dikuasai oleh setiap pemain. Hal ini sangat penting dikarenakan permainan badminton/ bulutangkis sangat mengandalkan kualitas pukulan dari tangan kita. Jika kita tidak memiliki teknik pukulan yang baik atau terbiasa dengan teknik pukulan yang salah maka sulit bagi seorang pemain untuk menerapkan strategi-strategi untuk menyerang lawan.

Ada beberapa macam/ jenis pukulan dalam permainan badminton/ bulutangkis yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Beberapa macam pukulan tersebut antara lain adalah teknik pukulan servis, lob, dropshot, smash, netting, overhead, underhand, dan drive. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca Tips dan Jenis Pukulan dalam Permainan Bulutangkis yang menjelaskan lebih rinci tentang teknik-teknik pukulan bulutangkis, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)