Ukuran Bola Pada Sepakbola Standar FIFA

Ukuran Bola Sepak

Pada pertandingan resmi internasional ukuran bola standar yang dipakai dalam permainan sepak bola menurut FIFA meliputi beberapa hal yang diantaranya adalah terkait dengan panjang diameter lingkarannya, berapa berat bola yang digunakan, bahan apa yang dipakai, dan tekanan udara ketika dipantulkan ke tanah serta warna bola pada sepak bola juga harus diperhatikan. Semuanya harus sesuai dengan peraturan bola yang telah ditentukan karena hal tersebut merupakan salah satu syarat agar terciptanya sebuah kompetisi sepakbola yang berkualitas.

Bola sepakbola standar internasonal FIFA

Jika kita menengok kembali ke belakang tentang sejarah sepak bola maka kita akan melihat suatu perbedaan bola sepak yang digunakan pada zaman dahulu dengan bola yang dipakai di era modern seperti sekarang ini. Dimana pada ribuan tahun lalu, bola yang digunakan berasal dari linen yang kemudian ditambah dengan kulit supaya daya pantul yang dihasilkan lebih tinggi. Dan seiring berjalannya waktu bentuk maupun bahan bola pada permainan sepakbola mengalami perubahan menjadi semakin nyaman dan berkelas.

Cara memilih bola sepak yang bagus dan berkualitas baik salah satunya yaitu dengan memperhatikan beberapa ukuran bola pada sepakbola yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

Bentuk Bola

Bola yang dipakai dalam permainan sepakbola berbentuk bulat sempurna agar putaran yang dihasilkan bola bisa stabil baik ketika menggelinding di permukaan tanah maupun saat berputar di udara ketika pemain menendangnya. Bola yang stabil juga penting supaya mudah bagi pemain untuk mengontrolnya. Secara bentuk, bola ini sama dengan seperti yang digunakan pada beberapa jenis olahraga lain seperti futsal, basket, voli ataupun tenis yang memiliki bentuk bulat tidak lonjong.

Bahan Bola

Tidak semua material bisa dijadikan bahan untuk pembuatan bola karena hal ini sudah ditentukan oleh FIFA. Bahan yang digunakan dalam membuat bola sepak yaitu harus terbuat dari kulit atau berbahan lain yang sejenisnya dimana kulit dianggap sebagai bahan yang paling cocok untuk dipakai pada olahraga bola ini.

Diameter dan Keliling Bola

Ukuran bola pada sepakbola standar internasional menurut FIFA memiliki keliling lingkaran minimal 68 cm dan maksimal 71 cm atau dengan ukuran diameter lingkaran bolanya sekitar 21 – 22,5 cm.

Berat Bola

Dalam permainan sepak bola memiliki ukuran berat bola antara 410 gram hingga maksimal 450 gram, sedikit lebih berat jika dibanding dengan bola futsal.

Tekanan Bola

Tekanan isi udara dalam bola sepak juga sudah ada ketentuannya yaitu diatur pada tekanan antara 0,6 hingga 1,1 atmosfir.

Warna Bola

Mengenai warna meskipun FIFA tidak mengatur secara detail akan tetapi untuk warna bola yang digunakan pada pertandingan sepakbola harus mencolok dan terlihat dengan jelas oleh pemain. Sehingga sangat disarankan untuk memakai bola berwarna putih yang dominan karena berbeda dengan warna hijau pada lapangan bola normal kecuali untuk pertandingan di lapangan bersalju bisa memakai bola dengan warna seperti merah dan tentunya dengan ditambah sedikit corak warna lain.

Tips Memilih bola

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun membeli bola sepak yang bagus dan berkualitas tinggi. Tentunya pastikan terlebih dahulu bahwa bola tersebut sekiranya telah sesuai dengan peraturan standar ukuran bola FIFA yang telah disebutkan penjelasannya diatas karena hal itu bisa menjadi pedoman dan tolak ukur.

Cara mengetahui bola sepak yang asli atau palsu memang perlu kecermatan dalam memilihnya agar tidak terjebak kepada produk bola KW atau bola yang tidak asli namun dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki kemiripan seperti barang aslinya.

Logo Bola

Ciri-ciri bola sepak asli yang digunakan pada kompetisi resmi di dunia biasanya pada permukaan luar terdapat logo FIFA APPROVED atau FIFA INSPECTED ataupun INTERNATIONAL MATCHBALL STANDARD yang menunjukan bahwa bola tersebut telah lulus uji test dan sudah sesuai dengan standar internasional.

Merk Bola

Produk-produk yang mempunyai nama merek bola terkenal seperti merek Molten, Mikasa, Mitre, Lotto dan lainnya memiliki kualitas yang baik namun sering terjadi pembajakan sehingga sangat perlu kejelian saat membelinya di pasaran. Pastikan bola yang dipilih adalah bola sepak original yang memiliki berkualitas bagus dan sesuai kriteria bola standar FIFA .

Harga Bola

Harga bola sepak di Indonesia untuk beberapa merk populer tersebut berkisar mulai dari harga 300 ribuan di pasar dalam negeri. Tentunya masalah harga pada tiap daerah, antara satu negara dengan nagara lainnya di dunia mungkin sedikit berbeda serta setiap saat bisa mengalami perubahan menyesuaikan situasi dan perkembangan zaman.

Jenis Bola

Mengenai ukuran bola sebenarnya ada beberapa tingkatan, dari yang paling kecil Size 1 hingga ukuran besar Size 5. Pada pertandingan di liga profesional atau seperti turnamen piala dunia biasa memakai ukuran Size 5, namun tidak semua pertandingan bisa menerapkan dengan ukuran bola tersebut, menyesuaikan jenis atau grup permainan sepakbola. Contohnya pada pertandingan sepak bola anak dengan usia 8 tahun maka cocok menggunakan bola berukuran size 3 yang memiliki keliling lingkaran 23 - 24 inchi.

Sekian sharing singkat kita kali ini mengenai peraturan ukuran bola yang standar internasional FIFA serta beberapa tips dan cara dalam memilih bola sepak yang berkualitas bagus, semoga ada manfaatnya.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)