Cara Servis Tenis Meja Agar Bola Sulit Dikembalikan Lawan

Ada berbagai jenis olahraga santai yang ada di Indonesia salah satunya adalah permainan olahraga tenis meja yang kini masih sangat eksis dan sering dimainkan oleh banyak kalangan terutama laki-laki dewasa. Permainan yang satu ini seru sekali untuk dilakukan pada sore hari bersama teman sebagai pelampiasan hobbi dan olahraga yang menyehatkan. 

cara servis tenis meja

Tahukah Anda, ada beberapa cara servis tenis meja yang bisa dilakukan mulai dari teknik servis dasar sebagai pemula hingga teknik servis jitu yang biasa dilakukan oleh pemain professional. Tentunya semua harus dilakukan dengan menaati peraturan servis tenis meja yang telah ditentukan.

Mengetahui cara servis terbaik merupakan hal yang penting bagi seorang pemain. Tanpa mengetahui cara dan tata cara permainan, seorang pemain tidak bisa memberikan performa penampilan yang baik dan memuaskan. 

Mengingat kebutuhan tersebut, berikut beberapa cara servis tenis meja yang disajikan secara lengkap sebagai rekomendasi terbaik dalam melakukan permainan olahraga tenis meja bersama lawan main  Anda. 

1. Servis Backspin

Teknik servis merupakan sajian atau pukulan pertama yang dilakukan untuk memulai sebuah permainan tenis meja. Service dalam olahraga tenis meja menjadi penting karena jika servis bisa dilakukan dengan baik melalui sajian bola pada pukulan pertama ini dapat menjadi pemicu terhadap kelancaran permainan selanjutnya. 

Maksudanya saat servis pertama dilakukan dengan benar maka lawan pemain tidak bisa mengembalikan pukulan dengan kualitas terbaik dan Anda bisa menjadi pengendali utama dari permainan tenis meja ini. 

Berbicara tentang pentingnya ketepatan melakukan pukulan bola sebagai pemula permainan, servis backspin ini merupakan salah satu cara servis tenis meja yang rekomendasi bagi Anda. Servis backspin yaitu dengan bola spin atau putaran bola ke arah belakang. Ada keunggulan tersendiri dari penggunaan teknik servis tenis meja yang satu ini. 

Keuntungan yang bisa didapatkan melalui teknik servis ini yaitu bola yang dihasilkan menjadi berputar kea rah belakang dengan pantulan yang rendah, jangkauan yang pendek serta kesulitan menduga arah dan tipe putaran bola oleh lawan pemain sehingga sulit untuk dikembalikan oleh lawan.

2. Servis High Toss

Rekomendasi selanjutnya sebagai cara servis tenis meja yang bisa digunakan adalah servis high toss. Jenis servis yang satu ini dimulai dengan melambungkan bola tenis dengan tinggi ke udara kemudian memberikan pukulan terbaik dalam memberikan serangan awal terhadap lawan main. 

Adapun keuntungan dengan menggunakan pilihan servis yang kedua ini, pemain bisa leluasa untuk melakukan servis dan memukul bola sesuai arah yang diinginkan bisa dari arah putaran belakang, putaran samping atau bahkan servis bola kosong sehingga lawan akan kaget dan sulit untuk mengembalikan tembakan pertama bola tenis yang dilayangkan. 

Selain ketepatan dalam melakukan servis sebagai pukulan pertama dalam permainan tenis meja ini, jangan lupa untuk pelajari juga bagaimana berbagai jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja seperti teknik pukulan drive sebagai pukulan dasar dalam permainan atau push yaitu pukulan dengan cara mendorong bola.

Ada juga dengan pukulan block atau pukulan hadang di dekat jaring atau net, smash atau pukulan keras yang mematikan lawan, lobbing yang memukul bola dengan arah jauh ke belakang meja lawan serta pukulan spin yang dengan sedikit sentuhan yang membuat bola berputar dengan sangat cepat.

Dengan mengetahui kedua cara servis tenis meja tersebut tentunya Anda tidak bingung lagi dalam melakukan servis terbaik sesuai selera dan keinginan. Namun jangan lupa, dalam sebuah permainan tetap utamakan sportivitas yang saling menghargai lawan main apapun hasil yang didapatkan dengan mengutamakan permainan yang sehat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)