Macam-macam Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia di kalangan dewasa. Sebagaimana cabang olahraga lain, tenis meja juga membutuhkan teknik dasar supaya dapat memainkannya dengan baik dan benar serta bisa menikmati permainannya. 

Macam-macam Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

Terdapat bermacam-macam teknik pukulan dalam tenis meja yang harus dikuasai oleh para pemain tenis meja agar dapat memenangkan sebuah pertandingan. Dan salah satu teknik dasar dalam permainan tenis meja adalah teknik pukulan bola.

Teknik Cara Memukul Bola pada Tenis Meja

Nah, berikut ini penjelasan lengkap mengenai apa saja macam-macam teknik memukul bola pada permainan tenis meja sebagai modal untuk anda agar bisa bermain tenis meja dengan maksimal, silahkan disimak baik-baik.

Teknik pukulan drive

Teknik pukulan dalam tenis meja yang pertama adalah teknik pukulan drive. Teknik pukulan drive dilakukan dengan cara gerakan bet dari arah bawah serong ke atas dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan dari teknik pukulan drive ini adalah sebagai pukulan untuk menyerang. Teknik pukulan ini dapat dikontrol sesuai dengan keinginan pemain. Terdapat dua jenis teknik pukulan drive yaitu pukulan backhand drive dan forehand drive. 

Teknik pukulan push

Teknik selanjutnya adalah teknik pukulan push. Seperti namanya, teknik pukulan push dilakukan dengan cara gerakan “push” yaitu mendorong bet. Teknik ini dilakukan dengan posisi bet dalam keadaan terbuka. 

Tujuan penggunaan teknik pukulan push ini adalah untuk mengembalikan pukulan push dari lawan, dan juga pukulan chop dari lawan. Terdapat dua jenis teknik pukulan push yaitu pukulan backhand push dan forehand push. 

Teknik pukulan blok

Teknik pukulan berikut ini adalah salah satu teknik pukulan yang penting untuk memenangkan pertandingan. Teknik pukulan blok merupakan teknik memukul bola dengan cara gerakan memblok atau menghentikan bola dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan penggunaan teknik pukulan blok ini adalah untuk mengembalikan pukulan-pukulan drive dari lawan. 

Teknik pukulan chop

Seperti namanya, teknik pukulan chop memiliki ciri gerakan “chop”, bagaikan menebang pohon dengan sebuah kapak. Teknik pukulan chop ini digunakan untuk mengembalikan macam-macam teknik pukulan dalam tenis meja dari lawan yang bisa jadi sulit ditangkis atau dikembalikan oleh pemain.

Teknik pukulan lob

Teknik memukul lob adalah teknik memukul bola dengan arah bola melambung ke arah lawan. Teknik pukulan ini dilakukan bertujuan untuk membuat lawan kesulitan mengembalikan bola ke arah pertahanan sehingga pemain bisa mendapatkan poin. 

Teknik pukulan spin

Teknik pukulan spin adalah teknik pukulan dimana posisi bet biasanya dimiringkan sedikit. Teknik pukulan spin ini adalah salah satu teknik pukulan yang digunakan untuk menyerang lawan selain teknik pukulan smash. Terdapat tiga jenis teknik pukulan spin yaitu pukulan topspin, sidespin, dan backspin. 

Teknik pukulan smash

Teknik pukulan ini adalah teknik dimana pemain memukul bola dengan keras dan tajam. Tujuan penggunaan teknik ini adalah untuk menyerang dan mematikan lawan. Bersama dengan teknik pukulan spin, teknik pukulan smash ini adalah salah satu kunci untuk dapat membuat lawan kewalahan dalam permainan tenis meja. 

Demikian jenis-jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja. Pelajari dengan benar hingga bisa melakukannya dengan baik. Nah, jika anda sudah mampu menguasai tekniknya dengan betul maka tentu akan lebih menikmati setiap permainan yang dilakoninya. Selamat berolahraga semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)