Peraturan Tenis Lapangan yang Harus Kalian Tahu

Tenis merupakan salah satu olahraga yang dimainkan oleh 2 tim dimana masing – masing tim terdiri dari 2 orang. Sama seperti pada jenis olahraga yang lain, permainan ini juga memiliki peraturan tenis lapangan terbaru yang wajib untuk ditaati pemain dalam setiap pertandingan. Untuk lapangan tenis sendiri, terdapat 2 jenis lapangan yang dapat digunakan yaitu lapangan indoor maupun lapangan outdoor
peraturan tenis lapangan

Peralatan tenis yang digunakan dalam olahraga ini adalah bola dan raket. Terdapat 5 peraturan dasar yang setidaknya harus anda ketahui dan berikut ini telah kami rangkum ulasan tentang peraturan tenis lapangan secara lengkap, yang bisa dijadikan bahan rujukan.

Raket dan Kostum

Raket yang digunakan pada permainan tenis lapangan bukanlah raket sembarangan. Pada peraturan tenis lapangan, raket yang digunakan memiliki standart panjang 29 inchi dan lebar 12,5 inchi. Selain itu, area pukul berupa senar yang terdapat pada raket haruslah rata.

Tidak hanya raket, peraturan tenis lapangan juga meliputi penggunaan kostum. Kostum untuk tenis lapangan banyak sekali dijual di pasaran. Namun, anda harus pandai – pandai memilih bahan yang digunakan. Sebaiknya, pilihlah bahan kostum yang dapat menyerap keringat agar selama permainan anda tetap merasa nyaman. Selain itu, pada permainan ini terdapat sepatu khusus yang harus digunakan agar tetap nyaman dalam bermain dan terhindar dari cidera.

Kondisi Lapangan

Peraturan tenis lapangan juga meliputi kondisi lapangan. Lapangan yang akan digunakan untuk permainan haruslah dalam kondisi yang rata dan tidak bergelombang sedikitpun apalagi sampai berlubang. Mengenai ukuran lapangan dan ukuran net telah ditetapkan ukuran standartnya oleh ITF (International Tennis Federation).

Pemilihan Tempat Permainan di Lapangan

Sebelum permainan dimulai, tentunya ada pemilihan untuk posisi permainan dan siapa yang akan melakukan service pertama. Begitupun juga di permainan tenis lapangan. Pemilihan kedua hal ini dilakukan oleh wasit dengan menggunakan koin atau alat bantu lain yang dimiliki oleh wasit. Perlu diketahui jika pada awal pertandingan, pemain akan selalu berada di sebelah kanan pada masing – masing sisi lapangan.

Memulai Service

Pemain yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan service ditentukan berdasarkan undian yang dilakukan oleh wasit. Posisi untuk melakukan service adalah pemain harus berada di belakang garis baseline dan mengarahkan bola secara diagonal ke arah sisi lapangan lawan. Sebelum dikembalikan oleh lawan, bola harus memantul sebanyak satu kali terlebih dahulu kemudian baru bisa dikembalikan oleh lawan.\

Pada permainan ganda, terdapat aturan yang lebih khusus yaitu bola tidak boleh menyentuh rekan pemain sebelum dikembalikan oleh lawan. Bola dinyatakan masuk jika bola berhasil melewati net tanpa memantul terlebih dahulu di area sendiri. Sedangkan bola dinyatakan keluar jika bola jatuh di luar lapangan atau bola tidak menyentuh garis yang sudah ditetapkan.

Perhitungan Nilai

Dalam peraturan tenis lapangan yang berstandar intrnasional, biasanya dimainkan sebanyak 3 set. Pemain yang dinyatakan memenangkan pertandingan adalah pemain yang dapat meraih kemenangan 2 set terlebih dahulu dibandingkan dengan pemain lain. Untuk memenangkan satu set pertandingan, pemain harus berhasil mengungguli 6 game dengan selisih 2 game dari lawan. 

Apabila nilai akhir yang didapatkan oleh kedua tim sama atau yang biasa sering disebut dengan deuce misalnya nilai 40 – 40 maka akan diadakan game tambahan hingga salah satu tim pemain berhasil mengungguli 2 game dari tim lawan.

Nah, itu tadi 5 peraturan dalam permainan tenis lapangan yang harus dipelajari sebelum bermain tenis agar anda paham terhadap aturan main pertandingan dan tidak melakukan kesalahan saat bertanding, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)