Macam–macam Teknik Permainan Tenis Lapangan

Teknik Bola Tenis Lapangan

Cara bermain tenis lapangan yang baik dan benar harus memperhatikan beberapa teknik dasar dalam permainan. Bermain tenis lapangan memerlukan tehnik khusus memukul bola yang bagus dan stamina yang tinggi agar dapat memenangkan permainan. Untuk itu, idealnya setiap pemain harus memahami dan menguasai dengan benar macam – macam tehnik permainan tenis lapangan.

teknik dasar permainan bola tenis lapangan

Diantaranya bagaimana cara memegang raket tenis yang benar agar bisa melakukan teknik servis pada permainan tenis lapangan dengan pukulan yang betul. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan disimak ulasan lengkapnya berikut ini.

Macam – macam tehnik permainan tenis lapangan ada beberapa cara, diantaranya adalah :

Teknik Memegang Raket

Cara memegang raket pada permainan tenis lapangan yang baik ada tiga yaitu :

Eastern Forehand

Tehnik ini seringkali disebut sebagai grip berjabat tangan. Tehnik ini merupakan tehnik yang paling mudah untuk dilakukan oleh pemain pemula. Meskipun mudah, tehnik ini ternyata dapat menghasilkan berbagai variasi pukulan lengkap seperti slice, spin atau flat

Continental

Tehnik memegang raket satu ini merupakan tehnik klasik yang dahulu digunakan oleh para pemain tenis. Dahulu tehnik ini digunakan ketika raket tenis masih berbahan dasar kayu.

Western

Tehnik memegang raket yang terakhir adalah western. Tehnik ini digunakan untuk melakukan pukulan tostpin. Di masyarakat umumnya, tehnik ini banyak disebut sebagai grip saat memegang wajan.


Teknik Melakukan Servis

Terdapat 3 tehnik dasar cara melakukan teknik servis pada permainan tenis lapangan dengan benar, yaitu :

Slice service

Tehnik servis pertama ini merupakan servis dengan pukulan forehand atau backhand. Caranya adalah dengan sedikit memiringkan kepala raket dan ketika melakukan pukulan, raket diayunkan dari bawah ke atas.

American twist

Tehnik servis kedua adalah American twist. Caranya adalah dengan melambungkan bola ke belakang sisi kiri sehingga pukulan dapat dilakukan tepat di atas kepala. Ketika melakukan pukulan, bola harus mengenai bagian belakang.

Flat serve

Dan Teknik servis yang terakhir adalah flat serve atau yang sering disebut dengan Cannon Ball Service. Tehnik ini memiliki perbedaan dengan tehnik sebelumnya pada saat melakukan pukulan. Dengan tehnik ini, pukulan yang dihasilkan akan sanga keras dan dapat juga menghasilkan sedikit putaran bola.

Teknik Menerima Servis

Untuk menerima servis dan mengembalikan bola kepada lawan, dibutuhkan beberapa tehnik pukulan yang harus dikuasai. Berikut ini disajikan beberapa tehnik pukulan untuk menerima servis yaitu :
  • Forehand drive : untuk melakukan pukulan ini, telapak tangan dihadapkan ke arah depan
  • Backhand drive : untuk melakukan pukulan ini, telapak tangan dihadapkan ke arah belakang
  • Servis : Pukulan yang dilakukan sebagai tanda permainan dimulai
  • Pukulan volley : Pukulan yang dilakukan sebelum bola memantul di lapangan, dapat berupa pukulan forehand atau backhand.
  • Pukulan lob : Pukulan ini dilakukan dengan melambungkan bola kearah lawan dengan lambungan yang tinggi. Pukulan ini dapat dilakukan dengan tehnik forehand maupun backhand.
  • Pukulan drop shot : Pukulan ini memiliki 2 tehnik yaitu forehand dan backhand. Apabila dilakukan secara forehand maka bola dipukul dari atas ke bawah. Sedangkan jika dilakukan secara backhand maka bola dipukul dengan pergerakan raket dari samping kiri menuju arah depan bawah.
  • Pukulan smash : Pukulan ini dilakukan ketika bola berada diatas kepala. Tehnik ini merupakan pukulan yang sangat keras karena memang bertujuan untuk menghantamkan bola ke sisi lapangan lawan.
  • Pukulan chop atau slice : Tehnik pukulan ini juga dapat dilakukan secara forehand maupun backhand. Caranya adalah dengan mengayunkan raket dari atas ke bawah.
Demikian penjelasan mengenai macam – macam cara ataupun teknik dasar dalam permainan tenis lapangan yang harus diketahui oleh pemain, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)