Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Dalam setiap permainan cabang olahraga pasti ada teknik dasar yang harus dikuasai para pemainnya, termasuk dalam hal ini adalah permainan olahraga tenis meja. Cabang olahraga yang dimainkan oleh dua atau empat orang pemain ini relatif mudah dilakukan, asalkan anda menguasai tehnik dasar cara bermain tenis meja yang benar ketika memainkannya. 

Teknik dasar permainan tenis meja

Teknik Cara Bermain Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja secara umum macam-macam teknik permainan yang harus dikuasai pada olahraga tenis meja antara lain sebagai berikut:

Push

Tehnik yang pertama yaitu push. Push adalah pukulan backsspin pasif untuk menghadang servis backspin atau serangan yang tidak terduga. Push adalah cara yang konsisten untuk mengembalikan bola yang dipukul dengan tehnik backspin

Drive

Jenis pukulan forehand drive merupakan pukulan yang terkuat. Dalam pukulan ini tubuh kita menghalangi saat melakukan pemukulan, tidak seperti tehnik backhand. Penggunaan kekuatan otot juga lebih maksimal dibandingkan pukulan backhand

Chop

Tehnik chop dilakukan kebanyakan pemain dengan cara mundur dari lapangan kurang lebih sejauh 2 – 5 meter dari lapangan permainan. Kemudian untuk mengembalikan bola rendah dilakukan dengan tehnik backspin.

Topspin

Dikatakan suatu pemain menggunakan tehnik topspin yaitu apabila pemain memukul bola sehingga bola tersebut berputar menjauh dari pemain. Tehnik topspin dilakukan dengan cara memukul bagian belakang bola. Pukulan dilakukan dengan arah ke atas. 

Lob

Adapun tehnik lob merupakan pukulan yang dilakukan dalam rangka bertahan secara total dari pukulan smash. Tehnik lob dikatakan dilakukan dengan baik jika tinggi bola dapat mencapai setinggi 2 – 4 meter di udara. 

Footwork (Gerakan langkah kaki)

Secara umum dalam permainan tenis meja, footwork atau gerakan langkah kaki digunakan dalam dua nomor permainan tenis meja yaitu untuk permainan nomor tunggal dan nomor ganda. Tehnik footwork pada nomor tunggal juga digunakan dalam nomor ganda. 

Banyaknya langkah footwork untuk nomor tunggal dapat dibedakan menjadi satu langkah, dua langkah dan tiga langkah. Adapun arah pergerakan footwork bisa ke arah depan, arah belakang, arah samping kanan, arah samping kiri maupun arah berbentuk diagonal. 

Grip (Pegangan bet)

Tehnik grip atau memegang bet dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu shakehands grip, penholder grip dan seemiller grip atau yang dikenal dengan nama American grip. Dari ketiga tehnik grip ini tehnik shakehand grip adalah yang paling terkenal dan umum digunakan. Tehnik ini banyak disarankan oleh pelatih tenis meja di dunia internasional. 

Servis 

Teknik service dalam permainan tenis meja dibagi menjadi dua antara lain servis backhand dan servis forehand. Hal ini memiliki kemiripan seperti pada permainan badminton.

Sikap dasar

Dalam permainan tenis meja, tehnik sikap dasar terbagi menjadi 3 macam, antara lain: square stance, side stance, dan open stance.

Square stance

Square stance adalah posisi dimana badan menghadap penuh ke meja. Posisi ini digunakan saat menerima servis dari lawan atau posisi siap setelah menerima pukulan dari lawan.

Side stance

Side stance adalah posisi dimana badan menyamping baik ke arah kanan maupun arah kiri. Pada posisi ini jarak antara bahu dengan meja atau net harus dekat.

Open stance

Open stance merupakan modifikasi dari posisi side stance. Stance ini hanya digunakan untuk backhand block, kaki kiri agak terbuka keluar dan agak ke depan untuk pemain tangan kanan.

Nah, demikian informasi mengenai macam-macam teknik dasar permainan tenis meja yang perlu dikuasai. Selamat berlatih buat anda khususnya pecinta olahraga ini, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)