Pelajari Teknik Renang Gaya Dada dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Seperti yang Anda tahu, ada banyak variasi gaya renang yang bisa dipelajari dan dipraktikkan saat berenang seperti gaya punggung, kupu-kupu, bebas dan lain sebagainya. Namun di antara varian teknik dasar yang ada, teknik renang gaya dada atau banyak orang menyebutnya dengan gaya katak merupakan gaya renang termudah yang sering dilakukan. Gaya renang ini biasanya digunakan sebagai praktik berenang awal bagi para pemula. 

teknik renang gaya dada katak

Cara Berenang Gaya Dada

Meski renang gaya dada (Breaststroke) masuk dalam kategori gaya renang yang mudah, tetap saja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan tanpa mengetahui tata cara melakukannya. Untuk itu, Anda perlu memahami teknik renang gaya dada agar belajar renang yang Anda lakukan sesuai dengan tata cara yang benar baik melalui makalah, gambar video ataupun seorang pelatih sehingga tidak salah dalam mempraktikannya. 

1. Posisi Awal

Untuk memulai teknik renang gaya dada ini, mula-mula Anda harus memposisikan tubuh secara horizontal di bagian perut dengan kedua lengan yang saling berdekatan dan memanjang kea rah depan. 

Selanjutnya kedua telapak tangan tersebut diarahkan ke bawah dengan posisi kepala yang sejajar dengan posisi badan serta arah pandangan yang lurus ke arah bawah. Sedangkan posisi kedua kaki saling disejajarkan dengan telunjuk yang juga lurus ke belakang. 

2. Fase Aktif Kedua Tangan

Setelah posisi awal sudah bisa dilakukan dengan baik, langkah selanjutnya adalah masuk pada fase aktif yang dimulai dengan permainan gerakkan telapak tangan. Mula-mula Anda harus menggerakkan kedua telapak tangan yang diputar ke arah luar dengan posisi lengan yang memisah serta posisi tubuh yang membentuk seperti huruf Y.

3. Pergerakkan Lutut Kaki

Setelah step pertama dan kedua bisa dikuasai, langkah selanjutnya adalah menuju pergerakkan kedua lutut Anda. Bagian kedua lutut pada kaki akan mulai bergerak secara melengkung dan kedua kaki yang mengarah ke pantat perenang. Pada keadaan ini kedua lengan berada di luar bahu dengan kedua siku yang melengkung dan tangan terus yang terus bergerak lurus ke bawah. 

4. Penyeragaman Pergerakkan Kedua Tangan

Pada saat posisi tangan melewati bahu, kedua tangan akan bergerak secara seragam dan bersamaan. Tidak terlalu mengarah ke bagian belakang dan kemudian kedua tangan tersebut akan bertemu di bawah dada.

5. Pergerakkan Kepala

Saat kedua tangan hampir bergerak satu putaran penuh, posisi bahu dan kepala akan mengarah ke atas permukaan air sedangkan kedua kaki bergerak terus ke arah pantat. Bagian atas tubuh akan mencapai puncak tertinggi saat kedua tangan tersebut bertemu pada titik di bawah dada dan posisi kaki berada di pantat. 

6. Fase Dorongan Kaki

Selanjutnya, langkah yang terakhir sebagai teknik renang gaya dada setelah kelima step di atas dilakukan maka fase selanjutnya adalah fase dorongan yang dimulai dengan posisi kedua kaki yang menendang ke arah belakang dan kedua tangan yang terpisah dengan melebar ke arah depan di bawah air. 

Pada keadaan ini, kepala dan dada akan kembali jatuh ke air. Luncuran akan terjadi setelah Anda memposisikan kaki berada pada posisi pengembalian terpanjang dan siklus gaya dada akan dimulai lagi dari awal. Seperti itu seterusnya sampai Anda berhasil kea rah tepi kolam renang.

Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol merupakan cairan berwarna kuning yang terdapat di sekitar jantung dan berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dalam kadar kolesterol yang cukup. Namun jika kadar kolesterol tersebut terlalu tinggi maka kurang baik untuk kesehatan jantung Anda sehingga diperlukan upaya tertentu sebagai solusi menyeimbangkan kadar kolesterol tersebut.

Salah satu upaya terbaik adalah dapat Anda lakukan adalah dengan rajin berenang menggunakan teknik renang gaya dada. Teknik renang ini bermanfaat sekali dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sebagai pelindung organ vital yang apabila tidak dijaga dengan baik maka dapat menimbulkan dampak negatif yang bisa menjadi fatal. 

2. Menghilangkan Stres

Stress disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya akibat banyaknya pekerjaan yang dibebankan atau semakin rumitnya permasalahan yang bertubi-tubi harus dihadapi. Keadaan seperti ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda terutama bagi kesehatan psikologis.

Untuk mengatasi stress, cobalah untuk mencari waktu luang dan memanfaatkannya untuk melakukan renang dengan menggunakan teknik renang gaya dada. Teknik ini dapat bermanfaat untuk mengatasi stress dalam otak dan membuatnya menjadi lebih fresh kembali dan siap untuk memulai segala aktivitas dengan lebih maksimal. 

3. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat yang tidak kalah menariknya dari teknik renang gaya dada adalah sebagai alternatif menurunkan berat badan Anda yang semakin melunjak saja. Dengan rajin melakukan teknik gaya renang ini otot tubuh akan sering bergerak dan membakar kalori jahat dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan tersebut.

Selain memiliki banyak manfaat tersembunyi, teknik renang gaya dada juga mudah untuk dipraktikkan. Sehingga Anda yang ingin jago renang dan menginginkan beberapa manfaat plusnya seperti menurunkan berat badan dan sebagainya maka rekomendasi sekali untuk gemar melakukan olahraga renang gaya dada ini.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)