5 Perlengkapan Olahraga Renang yang Perlu Dipakai

Berenang memang merupakan suatu kegiatan yang seru dan menyenangkan. Renang juga merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari karena menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa perlengkapan olahraga renang yang harus digunakan untuk para pemula demi kenyamanan dan keselamatan seperti kaca mata renang, baju renang anak maupun dewasa baik untuk pria ataupun wanita. 

peralatan kacamata baju perlengkapan olahraga renang

Harga setiap perlengkapan yang dibutuhkan untuk berenang tentu bervariasi mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal dengan kualitas terbagus demi mendapatkan yang terbaik. Bagi perenang handal mungkin tidak memerlukan peralatan bantuan apapun dalam melakukan hobinya ini. Terkecuali Anda melakukan penyelaman di laut bebas atau tempat yang cukup luas dan dalam tentulah memerlukan beberapa perlengkapan olahraga renang sebagai upaya menjaga keselamatan.

Namun bagi sebagian orang yang belum terlalu pandai untuk berenang, perlengkapan olahraga renang ini nyatanya menjadi hal yang wajib untuk digunakan. Seperti contoh ban karet, baju renang dan sebagainya. Terutama digunakan kalangan bagi anak-anak. Bisa Anda lihat sendiri di berbagai tempat wisata renang. di sana nampak sejumlah anak-anak yang mengenakan pakaian renang dan ban karet sebagai pengaman. Namun tidak hanya anak-anak saja yang kerap kali ditemui berenang dengan menggunakan sejumlah perlengkapan olahraga renang lengkap yang ada. 

Perlengkapan Renang Penting untuk Pemula 

Sebenarnya ada banyak peralatan yang dibutuhkan untuk berenang namun setidaknya inilah 5 perlengkapan yang setidaknya harus dikenakan bagi seorang pemula. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan secara lengkap dan terperinci mengenai perlengkapan olahraga renang tersebut agar berenang menjadi lebih nyaman dan aman. 

1. Kacamata Renang

Bukan hanya bagi orang yang bermasalah saja yang membutuhkan kacamata untuk melakukan aktivitasnya, melakukan olahraga renang juga membutuhkan yang dinamakan kacamata renang. Tapi bentuk dan fungsinya berbeda ya dari kacamata yang biasa Anda temui di toko optik. 

Dalam olahraga renang, kacamata memang merupakan salah satu yang sangat penting. Benda ini bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan mata ketika dalam air agar tidak terasa perih dan juga membuat pandangan menjadi lebih jelas. 

Menggunakan perlengkapan olahraga renang yang satu ini juga berfungsi sebagai pencegah terjadinya iritasi mata akibat keadaan air yang kurang jerih dan mengandung kotoran yang kurang baik saat bersentuhan secara langsung dengan mata Anda. Kabar baiknya lagi sekarang sudah disediakan kacamata khusus bagi orang yang matanya sudah minus alias kurang normal lagi. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal atau tergantung dengan merk dan kualitas dari kacamata renang tersebut.

Dengan memakai kacamata renang, Anda menjadi lebih leluasa untuk melihat garis dasar kolam serta bagi para penyelam, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk dapat dengan bebas menikmati keindahan biota bawah laut yang keren dan super menakjubkan. 

2. Baju Renang

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk digunakan saat berenang adalah dengan memakai pakaian renang atau baju renang. Memang sah saja ketika Anda berenang dengan memakai pakaian biasa, namun tidak dapat dipungkiri, berenang dengan memakai baju renang khusus dengan berenang hanya menggunakan pakaian biasa tentu memiliki kenyamanan renang yang berbeda. 

Tubuh Anda akan lebih leluasa dan bebas bergerak ketika berenang dengan memakai pakaian khusus renang ketimbang dengan pakaian bebas. Baju renang sendiri kini ditawarkan dengan berbagai variasi model dan bentuk, ada yang didesain sebagai baju renang seksi, ada model baju renang muslimah bahkan baju renang khusus untuk balita yang masih teramat kecil. 

Apalagi untuk baju renang anak, tentulah variasi desainnya dan coraknya lebih lengkap dan cantik. Hal ini disesuaikan dengan jiwa anak-anak yang menyukai dengan warna-warna cerah agar selalu terlihat ceria saat melakukan olahraga renang ini. 

Bukan hanya baju renang khusus untuk anak-anak saja, bagi Anda para hijabers yang menyukai olahraga renang tidak perlu khawatir dan galau. Baju-baju renang yang didesain khusus sebagai baju renang muslimah juga sudah disediakan dengan lengkap. 

Adapun perlengkapan baju renang pria tentu lebih simpel jika dibandingkan dengan pakaian renang untuk wanita terlebih bagi para muslimah berhijab yang mana harus menutupi auratnya. Tak sedikit diantara para hijaber yang menyukai olahraga ini sehingga kini sudah banyak model baju renang muslimah dengan desain yang menarik dan tetap nyaman digunakan. 

3. Celana Renang

Meski sebagian laki-laki menyukai renang dengan pakaian yang panjang, namun mayoritas kaum laki-laki lebih tertarik untuk berenang dengan menggunakan celana renang saja. Celana renang ini banyak sekali dijual di toko-toko olahraga dengan berbagai desain dan warna. 

4. Kaki Katak

Perlengkapan olahraga renang yang tidak kalah pentingnya lagi adalah kaki katak. Meski bukan hal yang wajib, namun benda yang satu ini mempunyai manfaat yang besar dalam memberikan kenyamanan Anda saat melakukan olahraga renang, terutama bagi para penyelam laut yang memang sedang melakukan petualangan menikmati keindahan ekosistem bawah laut atau sedang melakukan penelitian tertentu seputar kehidupan bawah laut. 

Dengan memakai kaki katak ini, akan mempermudah perenang dalam menggayuh air serta mengurangi beban yang ditugaskan pada kedua tangan. Sesuai dengan namanya, perlengkapan olahraga renang yang diberi nama kaki katak ini bentuknya mirip sekali dengan kaki seekor katak. Bisa Anda amati sendiri saat seekor katak berenang, dia sangat mengandalkan kakinya untuk mempermudah langkah renangnya. 

5. Ban

Perlengkapan olahraga renang yang satu ini umumnya digunakan bagi kalangan anak-anak di bawah umur atau bagi orang dewasa yang belum lihai dalam berenang atau baru tahap latihan. Ban juga bisa digunakan sebagai benda untuk duduk santai di dalam air yang membuat Anda tidak tenggelam meski tidak melakukan gerakan renang sedikitpun.

Karena ban renang ini yang terbuat dari karet sehingga akan mengapung ketika di masukkan ke dalam air. Selain ban karet, Anda juga bisa menggunakan papan pelampung agar tidak tenggelam meski tidak bisa berenang dalam air.

Itulah beberapa peralatan dan perlengkapan olahraga renang yang perlu Anda ketahui supaya aktivitas olahraga renang Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Namun sebelum Anda berenang, jangan lupa untuk melakukan sejumlah pemanasan atau peregangan otot-otot agar otot-otot dalam tubuh tidak kaku dan tidak kaget ketika bersentuhan dengan air. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)