Teknik Cara Memegang Raket Badminton/ Bulutangkis

Teknik Dasar Pegangan Raket (Grip) dalam Bulutangkis

Sebagai olahraga yang banyak menggunakan pergelangan tangan, maka cara memegang raket badminton dengan betul atau tidaknya seseorang ketika bermain akan sangat menentukan kualitas pukulan. Teknik cara pegang raket bulutangkis yang benar adalah salah satu hal yang sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain, sebab untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan badminton dasarnya harus menguasai teknik pegangan raket dengan betul.

teknik dasar cara memegang raket badminton bulutangkis yang benar

Cara memegang raket bulutangkis yang baik dan benar yaitu menggunakan jari-jari tangan (Ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. Dengan pegangan raket yang benar dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok, maka akan meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. Dengan ini maka telah menggunakan tenaga secara lebih efisien namun efektif. ltulah sebabnya, sejak dini peserta latih harus membiasakan memukul kok dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan (tenaga pecut). Jangan memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan seperti memegang golok.

Jenis Pegangan Raket

Cara memegang raket yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis ada dua macam yaitu cara memegang raket dengan forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Kedua  macam cara memegang raket tersebut digunakan secara bergantian sesuai situasi dan kondisi dalam permainan. Untuk para pemula biasanya mempelajari cara memegang forehand terlebih dahulu, kemudian baru backhand.

Cara Memegang Raket Forehand

1.    Peganglah raket dengan tangan kiri atau kanan dan kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara seperti jabat tangan. Bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
2.    Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
3.    Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.

Cara Memegang Raket Backhand

Untuk backhand griop, geser "V" tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

Cara Latihan

Sebelum praktek melakukan latihan pukulan, perlu dilakukan latihan untuk adaptasi menggerak-gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar.
1.    Peserta latih dibiasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan, luwes, dan tetap rileks, tetapi tetap mempunyai tenaga.
2.    Lakukan gerakan raket ke axah kanan dan kiri, dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang, sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.
3.    Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.
4.    Memukul bola (kok) ke tembok.
5.    Bouncing ball.

Kesalahan yang Sering Terjadi

-       Memegang raket dengan menggenggam, jari-jari rapat dan sejajar.
-       Posisi "V" tangan berada pada bagian grip raket yang lebar.

Demikian penjelasan tentang teknik memegang raket bulutangkis yang baik,
baca juga tips Cara Servis Badminton yang Betul semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)