Tendangan Sudut Ke Dalam Futsal dan Pembersihan Gawang

Peraturan Tendangan Sudut 

Dalam permainan futsal juga terdapat sebuah tendangan sudut (Corner kick) sebagaimana yang ada pada pertandingan sepak bola dimana hal itu dilakukan dari sudut lapangan. Pengertian atau istilah lain dari tendangan ini yang biasa dikenal orang yaitu disebut juga dengan tendangan pojok karena memang bola ditendang dari salah satu pojok lapangan permainan. Tendangan sudut adalah sebuah cara yang dilakukan untuk memulai lagi suatu permainan.  

peraturan tendangan sudut dalam permainan futsal

Penyebab tendangan sudut dalam futsal diberikan untuk salah satu tim yaitu terjadi karena posisi dari seluruh bagian bola telah meninggalkan lapangan permainan dimana sebelumnya terlebih dahulu menyentuh pemain bertahan sebelum akhirnya bola melewati garis gawang dalam keadaan bergulir atau menggelinding di permukaan lapangan maupun melayang di udara dan tanpa terjadinya sebuah gol yang masuk ke gawang.

Posisi Pemain dan Bola

Pada saat tendangan sudut dalam futsal dilakukan maka pemain lawan yang bertahan harus berada dalam lapangan dengan jarak minimal tidak boleh kurang dari lima meter dari titik tendangan atau busur sudut di pojok lapangan hingga ditendang oleh pemain dan bola dalam permainan. Sedangkan posisi bola futsal untuk tendangan sudut yaitu ditempatkan dalam garis busur sudut lapangan yang terdekat dari posisi saat dimana bola meninggalkan lapangan permainan.

Cara melakukan Tendangan Sudut

Dalam permainan futsal prosedur yang benar dalam melakukan corner cick adalah
  • Bola harus diletakkan pada pojok lapangan terdekat, di dalam busur garis sudut.  
  • Pemain lawan tidak boleh mendekat dan berada pada jarak yang tidak kurang 5 meter dari bola 
  • Bola ditendang oleh salah satu pemain dari tim penyerang 
  • Pemain harus segera mengumpan atau menendang bola dalam waktu kurang dari empat detik setelah bola diletakkan dan dinyatakan wasit sudah siap untuk ditendang 
  • Setelah bola ditendang oleh pemain maka bola sudah dalam permainan 
  • Penendang tidak diperbolehkan memainkan bola untuk yang kedua kalinya sebelum tersentuh oleh pemain lain. 

Sangsi Pelanggaran 

Kesalahan yang dilakukan pemain dan sanksi yang diberikan saat tendangan sudut dalam futsal, beberapa diantaranya yaitu: 
  • Jika bola tidak ditendang dalam waktu 4 detik setelah wasit menghitungnya maka bola diberikan kepada tim lawannya dengan sebuah pembersihan gawang  
  • Jika pemain lawan berada pada jarak yang terlalu dekat dengan bola dari jarak yang telah ditentukan maka tendangan sudut diulang kembali kecuali diterapkan atas keuntungan yang didapat. Atau dihukum dengan sebuah tendangan bebas ataupun pinalti atas kesalahannya.  
  • Jika penendang memainkan bola untuk kedua kalinya sebelum disentuh pemain lain maka tendangan bebas tidak langsung diberikan untuk tim lawan dan dilaksanakan dari tempat dimana terjadinya pelanggaran 
  • Jika bola sudah dalam permainan pemain dan pemain yang melakukan tendangan sengaja memegang bola dengan tangannya sebelum mengenai pemain lain maka sebuah tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan dan dilakukan di tempat dimana pelanggaran terjadi, sedangkan tim tersebut diberi sangsi hukuman sebuah pelanggaran yang diakumulasikan. 

Peraturan Tendangan Kick In Ke Dalam Futsal

Tendangan kick in terjadi ketika bola telah meninggalkan atau keluar dari lapangan permainan. Dan untuk melanjutkannya lagi dilakukanlah tendangan ke dalam, yaitu sebuah cara untuk memulai kembali permainan. Gol tidak dapat diciptakan dari sebuah tendangan ke dalam sebelum dimainkan oleh pemain lain. 

peraturan tendangan kick in ke dalam futsal

Penyebeb tendangan ke dalam diberikan untuk sebuah tim adalah karena adanya salah seorang pemain dari tim lawan menyentuh bola untuk yang terkahir kalinya sebelum akhirnya seluruh bagian bola tersebut melewati garis samping dan posisinya telah meninggalkan lapangan permainan, baik bola dalam keadaan bergulir atau menggelinding pada permukaan lapangan maupun melayang di udara. 

Dalam istilah permainan sepak bola tendangan ke dalam ini disebut dengan lemparan ke dalam dengan kedua tangannya. Perbedaannya yaitu pada pertandingan futsal dilakukan dengan cara ditendang dengan kaki. Cara melakukan tendangan ke dalam futsal juga harus diperhatikan karena banyak sekali pemain khususnya para pemula yang salah dalam melakukannya. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk kesalahan yang paling sering dijumpai pada saat berlangsungnya kompetisi atau turnamen resmi.

Posisi Bola dan Pemain

Pada permainan olahraga futsal posisi bola saat melakukan tendangan ke dalam yaitu harus berada pada garis samping atau pembatas lapangan di posisi dimana bola meninggalkan lapangan permainan atau bisa juga dilakukan dari luar lapangan pada jarak maksimal tidak lebih 25 cm dari titik garis tempat tersebut. Ketika pemain melakukan tendangan ke dalam, posisi bola dalam keadaan diam tak bergerak dan pemain bisa menendang bola ke arah manapun yang dituju. 

Sedangkan posisi pemain lawan saat tendangan ke dalam futsal dilakukan yaitu berada di dalam lapangan permainan dan berjarak tidak kurang dari lima meter dari bola atau dari tempat dilaksanakannya tendangan kedalam. Untuk posisi kaki pemain yang menendang bola berada pada garis pembatas ataupun di luar garis pembatas lapangan.

Prosedur Tendangan Ke Dalam

Tata cara melakukan tendangan kedalam futsal yang benar harus memperhatikan beberapa hal berikut:
  • Bola ditempatkan pada garis atau posisi yang telah ditentukan dalam keadaan diam 
  • Pemain harus melakukan tendangan ke dalam sebelum waktu 4 detik, terhitung dari bola diletakkan dan siap ditendang
  • Kaki penendang berada di atas atau di luar garis samping lapangan permainan
  • Penendang tidak boleh menyentuh atau memainkan bola kembali untuk kedua kalinya sebelum tersentuh oleh pemain lain
  • Bola telah berada dalam permainan setelah dilakukan tendangan ke dalam.

Pelanggaran dan Sanksi

Kesalahan yang terjadi ketika dilakukan tendangan ke dalam pada pertandingan futsal, beberapa diantaranya adalah
  • Apabila sang lawan berada pada jarak dekat kurang dari yang ditentukan maka tendangan diulang, bila tidak keuntungan bisa diterapkan atau hukuman tendangan bebas ataupun penalti
  •  Apabila lawan bertindak tidak sportif dengan mencoba menghalangi atau mengganggu pemain yang akan melakukan tendangan maka kepadanya diberikan peringatan atas kelakuan tidak sportif 
  • Apabila penendang menyentuh bola untuk kedua kalinya sebelum tersentuh oleh pemain yang lain maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada pemain lawan dan dilakukan dimana pelanggaran terjadi (Kecuali di daerah penalti)
  • Apabila penendang sengaja memegang bola saat bola sudah dalam permainan maka tendangan bebas langsung diberikan untuk lawan dan dilaksanakan dimana terjadinya pelanggaran, kepada tim tersebut diberikan hukuman akumulasi pelanggaran.   
Tendangan ke dalam futsal harus diulang dan diberikan kepada pemain lawan apabila:
  • Pemain tidak melakukan tendangannya dengan benar
  • Posisi bola berada di dalam lapangan melewati garis samping atau pembatas 
  • Pemain tidak melakukan tendangan ke dalam selama 4 detik dari waktu bola diletakkan
  • Terjadi sebuah pelanggaran pada peraturan yang lain

Peraturan Pembersihan Gawang (Goal Clearance)

Dalam permainan futsal dikenal dengan istilah pembersihan gawang atau goal clearance adalah sebuah cara yang digunakan untuk melanjutkan kembali permainan. Pada olahraga sepak bola mungkin hal ini hampir sama dengan sebuah tendangan gawang, hanya perbedaaanya dalam permainan sepak bola dilakukan dengan cara bola diletakkan di atas tanah dalam keadaan diam lalu ditendang oleh salah seorang pemain, seperti pemain belakang atau penjaga gawang.

peraturan pembersihan gawang dalam futsal

Penyebab salah satu tim diberikan pembersihan gawang (Goal clearance) dalam futsal yaitu posisi dari seluruh bagian bola telah melewati garis gawang baik bola tersebut bergulir maupun melayang di udara tanpa terciptanya sebuah gol. Sebelum itu bola tersentuh terlebih dahulu oleh salah satu dari pemain lawan untuk terakhir kali sebelum akhirnya bola meninggalkan lapangan permainan.

Tidak ada gol tercipta yang terlahir dari sebuah pembersihan gawang sebelum dimainkan oleh pemain lain. Jika penjaga gawang melakukan goal clearance baik dengan cara ditendang maupun dilempar dan bola langsung mengarah depan lalu masuk ke gawang lawannya maka gol tidak bisa dikatakan sah karena bola belum tersentuh oleh salah seorang pemain satu pun. 

Adapun untuk posisi pemain lawan saat pembersihan gawang dalam futsal dilakukan yaitu harus berada dalam lapangan permainan dan berada di luar daerah penalti dari penjaga gawang yang melakukan lemparan atau tendangan pembersihan gawang.

Tata Cara Pembersihan Gawang

Prosedur dalam melakukan pembersihan gawang (Goal clearance) yang betul pada pertandingan futsal perlu mencermati beberapa hal di bahwa ini:
  • Bola dilemparkan ke arah depan oleh penjaga gawang dari titik manapun dalam daerah penalti sendiri untuk diumpan atau diberikan kepada teman satu timnya.  
  • Penjaga gawang (Keeper) harus melakukan pembersihan gawang sebelum waktu 4 detik sejak bola dipegang atau dikuasainya dalam daerah pinalti 
  • Penjaga gawang tidak boleh menyentuh atau memainkan kembali sebelum bola tersentuh oleh pemain lawan atau telah melewati setengah lapangan  
  • Pemain lawan harus tetap berada di luar daerah pinalti hingga bola dilempar dan berada dalam permainan 
  • Bola sudah dalam permainan kembali setelah dilempar oleh penjaga gawang keluar daerah penaltinya.

Sanksi dan Pelanggaran 

Pada saat dilakukan pembersihan gawang dalam futsal ada beberapa kesalahan atau pelanggaran oleh pemain, berikut ini sangsi dan bentuk pelanggarannya:
  • Bila penjaga gawang tidak melakukan pembersihan gawang dalam waktu 4 detik maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan dari garis daerah penalti di tempat terdekat terjadi pelanggaran. 
  • Bila bola tidak dilempar secara langsung keluar daeran pinalti maka pembersihan gawang diulang namun hitungan 4 detik tetap berjalan dan penjaga gawang melakukan pembersihan gawang kembali 
  • Bila bola dalam permainan dan penjaga gawang menyentuh bola kembali sebelum tersentuh pemain lawan atau menerima kembali umpan dari teman satu timnya sebelum melewati garis tengah lapangan maka tendangan bebas tidak langsung diberikan untuk pemain lawan dari titik terjadinya pelanggaran 
  • Bila pelanggaran terjadi di dalam daerah pinalti maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan di garis penalti pada tempat terdekat dimana pelanggaran tersebut terjadi 
  • Bila ada pemain lain dalam satu timnya yang menyentuh bola di dalam daerah pinaltinya sendiri ketika dilakukan pembersihan gawang oleh keeper atau mencegah dari yang seharusnya dilakukan maka pembersihan gawang diulang kembali.  
Demikian tadi penjelasan tentang peraturan futsal mengenai tendangan sudut, pembersihan gawang dan tendangan ke dalam futsal. Silahkan baca juga artikel yang lainnya, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)