Perlengkapan Kiper Futsal yang Harus Dipakai

Perlengkapan Kiper

Dalam permainan futsal seorang penjaga gawang harus mengetahui apa saja perlengkapan lengkap yang penting untuk dipakai oleh seorang kiper selama pertandingan. Disamping juga perlu untuk memahami apa saja peraturan kiper futsal yang telah dibahas pada artikel lain. Secara umum perlengkapan yang digunakan hampir sama dengan perlengkapan untuk para pemain futsal. Apa yang wajib dipakai pemain juga harus dipakai oleh sang kiper, hanya saja ada beberapa alat atau perlengkapan tambahan bagi seorang penjaga gawang (Keeper). 

perlengkapan kiper futsal

Adapun beberapa peralatan yang khusus digunakan sebagai perlengkapan kiper futsal antara lain:

Knee Pad / Pelindung Lutut

Knee pad adalah sebuah alat yang digunakan oleh penjaga gawang atau kiper futsal untuk melindungi bagian lutut kaki. Fungsi knee pad ini penting pada saat kiper melakukan penyelamatan bola agar lutut tetap aman dan tidak lecet karena berbenturan dengan permukaan lapangan futsal yang keras atau kasar. 

Elbow Pad / Pelindung Siku

Dalam permainan futsal fungsi elbow pad adalah untuk melindungi siku tangan seorang kiper supaya aman, terutama ketika reflek kiper melakukan lompatan atau penyelamatan terhadap bola secara cepat dan spontan. Sehingga pada saat menjatuhkan diri dan berbenturan dengan permukaan lapangan keras siku tangan tetap terlindungi dengan baik. 

Gloves / Sarung Tangan

Untuk peralatan ini mungkin sudah banyak yang tahu karena sering dijumpai di sekitar kita. Dalam permainan futsal fungsi sarung tangan atau gloves adalah untuk menjaga tangan kita terutama jari supaya tidak cedera saat menangkap atau blok bola. Rekomendasi untuk bahan gloves sebaiknya terbuat dari latex karena lebih lengket dengan bola. 

Ada 2 jenis sarung tangan kiper yang biasa digunakan oleh penjaga gawang yaitu half finger dan full finger. Perbedaan yang paling menonjol adalah terletak pada ujung jarinya, untuk half finger memiliki model yang terbuka sehingga ujung jari masih tetap terlihat sedangkan pada full finger seluruh ujung jari sang kiper tertutup seluruhnnya. Tentunya antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing. 

Finger Tape / Pelindung Jari 

Finger Tape adalah peralatan yang dipakai oleh kiper futsal untuk melindungi bagian jari - jari tangan dari cedera. Finger tape ini bisa berfungsi sebagai pengganti jika seorang penjaga gawang tidak memakai sarung tangan kiper. Terdapat 2 jenis finger tape yang biasa kita jumpai yaitu karet dan plester. Pemakaian pelindung jari ini sangat disarankan untuk kiper kurus dan memiliki jari-jari tangan yang belum begitu kuat. Sebetulnya ada beberapa macam jenis tape, misalnya finger tape, roll tape, kinesio tape, dan wrist tape

Helm Kiper

Fungsi helmet pada permainan futsal yaitu untuk melindungi kepala seorang penjaga gawang dari benturan dengan pemain maupun benda keras yang lain selama pertandingan. Dalam permainan futsal yang keras maka memakai perlengkapan helm atau head gear adalah sebuah keharusan bagi seorang kiper demi menjaga kepala agar tetap aman.  

Balance accessories / Aksesoris magnet 

Dalam pertandingan futsal fungsi aksesoris magnet atau balance accessories adalah untuk mempercepat respon fungsi otak (Sinaptik), meningkatkan respon otot, fleksibilitas tubuh dan stamina sehingga seorang kiper memiliki keseimbangan yang jauh lebih baik ketika menggunakannya. Namun perlu diperhatikan untuk keaslian dari barang ini karena banyak beredar di pasaran beberapa aksesoris magnet yang palsu sehingga harus jeli saat membelinya.  

Itulah beberapa perlangkapan kiper futsal yang semestinya dipakai dalam setiap pertandingan untuk melindungi tubuh dari cidera. Namun tidak semua peralatan kiper di atas selalu diapakai oleh seorang penjaga gawang, bahkan sekelas kiper dunia pun tidak semua memakainya. Hal itu bisa disebabkan karena kurang nyaman saat digunakan ataupun tidak leluasa ketika melakukan pergerakan sebagai seorang kiper dalam beraksi di lapangan. 

Bagaimana cara menjadi seorang kiper yang tangguh dan memiliki skil atau kemampuan yang bagus? Baca penjelasannya dalam Teknik Dasar Kiper Futsal 

perlengkapan kiper lengkap

Resiko yang harus diterima jika mengabaikan perlengkapan kiper futsal ini adalah sangat berpeluang mengalami cedera pada tubuh sang kiper. Inilah konsekuansi yang harus dipahami oleh setiap penjaga gawang agar mempertimbangkan dengan cermat sebelum melakukan pertandingan. 

Adapun peralatan kiper lainnya sama seperti perlengkapan wajib yang harus dipakai oleh pemain futsal yang lain diantaranya adalah sepatu futsal, kaos kaki, shin guard atau deker, celana dan baju / kaos futsal. Yang membedakan untuk kostumnya yaitu syarat menjadi kiper futsal harus memakai warna baju / kostum kiper yang berbeda dengan warna kaos untuk pemain. Baca selengkapnya dalam Perlengkapan Pemain Futsal

Selain itu seorang penjaga gawang biasa memakai bahan celana kiper khusus yang berbeda dengan pemain futsal yang lain. Ada 2 macam celana kiper yaitu dengan model panjang dan pendek, tergantung selera masing - masing kiper lebih nyaman untuk memakai jenis celana kiper yang mana.

Itulah penjelasan mengenai beberapa perlengkapan kiper futsal yang penting untuk digunakan saat bermain. Silahkan baca juga panduan futsal yang lainnya, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)