Tips dan Prinsip Bertahan dalam Futsal

Prinsip Dalam Bertahan

FOKUS! Mungkin kata itulah yang sangat sering kita dengar ketika berada dalam situasi yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan tidak boleh lengah sedikit pun. Termasuk ketika dalam posisi permainan bertahan (Defense) pada sebuah kompetisi atau pertandingan futsal dimana setiap pemain wajib untuk tetap fokus dalam menjaga daerah pertahanan. Sedikit kesalahan yang dilakukan pemain bertahan bisa berakibat fatal dan sangat merugikan tim.

tips prinsip bertahan futsal

Kerja sama yang apik antar pemain dan komunikasi di atas lapangan harus terjalin dengan baik agar strategi dan pola permainan dapat berjalan dengan lancar. Setiap saat lawan pasti memiliki peluang untuk menciptakan gol dengan rotasi pemain dan selalu berusaha mencoba membuka ruang agar menemukan celah yang bisa dimanfaatkan untuk menyerang. Terlambat sekian detik dalam mengantitipasi bola akan sangat memungkinkan bagi tim lawan dalam melesatkan tembakan ke arah gawang dan mencetak sebuah gol. 

Prinsip dalam bertahan mutlak harus dipahami oleh setiap pemain ketika bertanding terutama dalam menghadapi gaya permainan lawan yang memiliki banyak kombinasi penyerangan untuk mencoba mengobrak-abrik kekuatan pertahanan sendiri. Pada intinya adalah setiap pemain bertahan harus mampu dalam membaca arah bola dan pergerakan lawan. Seketat mungkin untuk menjaga dan mengkover pemain serta menutup ruang yang bisa membahayakan gawang. 

Tips Bertahan Dalam Futsal

Setiap pemain harus memiliki sikap dan mental yang benar sebagai pemain bertahan yang tangguh dalam mengantisipasi serangan lawan. Beberapa tips dan prinsip yang harus dimiliki pemain ketika bertahan pada pertandingan futsal antara lain:
  • Selalu fokus dan jangan sampai kehilangan pandangan terhadap arah bola dan pergerakan pemain dari tim lawan
  • Sikap berdiri yang selalu siap dengan kuda - kuda yang kuat untuk mengantitipasi setiap gerakan pemain agar jangan sampai bisa dilewati oleh tim lawan
  • Agresif dalam merebut bola semaksimal mungkin dari penguasaan lawan dengan cara yang cerdas, cermat dan tidak brutal 
  • Jangan kasih kesempatan lawan untuk berpikir dalam membangun pola serangannya dengan langsung memperketat penjagaan pemain bertahan sekitar setengah meter dari lawan
  • Membantu back up, memberi dukungan dari belakang kepada teman satu tim yang sedang mencoba menghadapi lawan terutama jika memasuki area pertahanan sendiri 
  • Selalu mencoba untuk mempersempit ruang gerak lawan ke sisi lapangan dan jika berada di sudut lapangan dengan punggung pemain lawan ke arah kiper maka lakukan pressing / lock dengan dua orang pemain bertahan
  • Jangan tergesa-gesa merebut bola, terutama terhadap pemain lawan yang memiliki kualitas skil individu yang bagus namun lakukan pada saat timing yang tepat dengan gerakan tiba-tiba untuk mencuri bola dari penguasaannya
  • Siap mengantisipasi saat pemain lawan yang mencoba melakukan passing atau umpan supaya bisa dipotong aliran bolanya  
  • Bangun komunikasi antar pemain yang harus solid di lapangan saat bertahan melakukan penjagaan terhadap pergerakan lawan. 

Salah satu faktor penting yang tidak boleh dilupakan juga adalah faktor mental pemain ketika pertandingan berlangsung pada suatu ajang kompetisi atau turnamen futsal terutama ketika dalam posisi tertekan. Jangan sampai terpengaruh dengan hiruk pikuk suara penonton dan lain sebagainya yang sangat mungkin dapat mengganggu konsentrasi dalam bermain. 

Jangan mudah untuk terprovokasi oleh siapapun yang bisa merugikan sistem pertahanan tim yang sudah dibangun. Semakin banyak jam terbang pemain biasanya akan lebih tenang dan mampu mengontrol emosinya dalam menghadapi situasi yang kurang kondusif di lapangan permainan. Sehingga bisa tetap fokus dalam bermain dan benteng pertahanannya tetap kokoh. 

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai tips dan prinsip ketika bertahan dalam bermain futsal. Silahkan baca juga teknik permainan yang lainnya, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)