Teknik Belajar Cara Berenang dengan Benar untuk Pemula

Renang merupakan olahraga favorit yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Apalagi kalau sudah mahir dan menguasai teknik-teknik dasar dalam berenang tentu saja semakin asyik dan seru untuk melakukannya. Namun faktanya, tidak semua orang bisa melakukan olahraga yang satu ini. Jangankan untuk bisa berenang mengapung dengan betul, bagi beberapa kalangan tertentu khususnya untuk pemula, agar bisa masuk ke dalam air saja takut tenggelam apalagi sampai berenang dengan baik.

Teknik dasar Belajar Cara Berenang dengan Benar untuk Pemula

Perlu berlatih serius dalam belajar cara berenang yang benar agar bisa mahir dan jago olahraga ini. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentu perlu seorang pelatih yang mampu membimbingnya. Dengan adanya seorang guru yang bisa memberi arahan dalam latihan kita tentu hasilnya akan lebih cepat dan mudah dalam menguasai teknik dan gaya berenang.

Saat ini memang sudah banyak jasa yang menawarkan kursus renang yang menjanjikan akan diajari sampai bisa. Tetapi kalau bisa melakukannya sendiri kenapa harus pergi ke tempat kursus yang memerlukan biaya tambahan?. Akan lebih hemat jika bisa mempelajarinya secara otodidak melalui dengan video cara berenang maupun media yang lainnya. 

Bagi Anda yang belum bisa renang dan ingin menjadi seorang atlit renang yang tangguh, berikut tips belajar cara berenang dengan benar agar bisa berenang dengan mahir dan handal melalui teknik-teknik dasar yang perlu dipelajari. 

Belajar Teknik Pernapasan

Tips Belajar cara berenang dengan benar yang pertama kalinya adalah melatih pernapasan. Seorang perenang yang dapat mengatur pernapasan dengan baik ketika berada di air merupakan hal terpenting dalam olahraga ini. Anda harus pandai-pandai mengatur pernapasan ketika melakukan olahraga renang, kapan waktunya mengambil napas dan kapan waktunya untuk membuang napas.

Kepandaian dalam mengelola teknik pernapasan ini juga tergantung dari seberapa kuat kemampuan kinerja paru-paru Anda untuk menahan napas saat berada dalam air. Semakin kuat kemampuan paru-paru maka semakin panjang juga kemampuan Anda untuk menahan napas ketika berada dalam air. 

Belajar Teknik Meluncur

Setelah sukses menakhlukkan tips yang pertama yaitu berkaitan dengan pengelolahan pernapasan, teknik belajar cara berenang dengan benar yang kedua adalah memperlajari bagaimana cara meluncur dalam air secara tepat. 

Meluncur bisa dikatakan sebagai teknik dasar dalam mempelajari olahraga renang yang harus Anda kuasai sebelum mulai melakukan serangkaian gerakkan lainnya. Meluncur sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melompat dari papan luncur atau dengan cara mendorong kaki ke tepian kolam renang sebagai titik tumpu pertama dalam teknik peluncuran. 

Meski terdengar sepele, namun teknik peluncuran ini bukan hal yang mudah dilakukan oleh para pemula, berlatihlah melakukan luncuran beberapa kali hingga bisa dan menguasai step belajar cara berenang dengan benar yang kedua ini. 

Belajar Teknik Mengapung

Step selanjutnya yang perlu Anda pelajari setelah sukses mempelajari teknik peluncuran adalah bagaimana cara mengapungkan badan dengan baik dan benar. Ketepatan melakukan teknik yang ketiga ini sangat berpengaruh terhadap kualitas kecepatan dan seberapa jauh jarak renang yang bisa Anda tempu. 

Biasanya faktor penyebab kegagalan dalam melakukan teknik mengapung ini bukan karena pengaruh berat badan yang terlalu tinggi tetapi karena faktor perasaan yang gugup dan grogi. 

Dalam keadaan pikiran yang gugup dan grogi akan mempersulit tubuh untuk dapat mengaung dengan baik. Sehingga agar Anda sukses menakhlukkan tips belajar cara berenang dengan benar yang ketiga ini usahakan agar pikiran dan perasaan menjadi fokus dan tenang supaya tubuh mudah terapung di dalam air. Dengan keadaan yang rileks dan santai tubuh Anda akan mengapung dengan sendirinya. 

Belajar Teknik Gerakan

Setelah sukses mempelajari ketiga tips di atas, tinggal satu langkah lagi teknik yang harus Anda pelajari untuk bisa berenang dengan handal yang disebut teknik gerakan. Inilah tips terakhit yang harus Anda kuasai dengan baik jika benar-benar ingin menjadi atlit renang yang hebat.

Setelah pandai menguasai teknik pernapasan, teknik meluncur dan tata cara teknik mengapung dengan benar, tiba saatnya untuk mempelajari teknik final yaitu bagaimana caranya untuk dapat mengelola oragan gerak tubuh dengan baik. Yang dimaksud organ gerak di sini adalah kedua tangan dan kedua kaki Anda. 

Kedua tangan berfungsi sebagai pendayung dan kaki sebagai pendorong agar tubuh dapat berenang maju sampai ke arah tepi. Kedua tangan dan kaki harus bekerja dengan kuat dan cepat agar Anda bisa menuju kea rah tepi kolam renang dalam waktu yang singkat. 

Jika Anda tekah menemukan ritme yang pas dan sesuai maka Anda akan merasa mudah untuk berenang. Pastikan untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh agar Anda lebih rileks dalam melakukan olahraga renang ini.

Setelah mengetahui bagaimana tips ampuh belajar cara berenang dengan benar secara otodidak ini tentunya Anda sudah tidak memerlukan lagi jasa kursus renang yang sudah disediakan dimana-mana. Cukup pelajari dengan baik teknik-teknik dasar renang dan mengusai semua tekniknya maka keinginan Anda untuk bisa menjadi seorang perenang yang canggih dan handal dapat terwujud. 

Jangan lupa untuk melakukan sejumlah pemanasan dan peregangan otot supaya otot tidak kaku dan tegang sebagai cara preventif terjadinya hal yang tidak dinginkan selama berada dalam air seperti kram kaki dan sebagainya. 

Itulah beberapa teknik dasar untuk para pemula dalam belajar cara berenang yang benar agar tidak tenggelam. Selamat mencoba semoga dapat menguasai berbagai macam gaya renang dengan mudah dan cepat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
16 Maret 2019 00.15 delete

Ayo Kakak Semuanya,
Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di HobiQQ
Modal Kecil Dapat Puluhan Juta :)
Bareng aku dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
Info Situs HobiQQ :
https://bit.ly/2Qz6u7T
BBM : DD09567B
WA : +62812-6240-0720
LINE : hobi-qq

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)