Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Komponen Pelengkap yang Benar

Olahraga memang menjadi kegiatan yang banyak menarik perhatian publik. Selain sebagai cara terbaik dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tidak jarang sebagian beralasan melakukan olahraga tertentu karena memang merupakan hobbi dan kegemaran. Sebut saja permainan olahraga tenis meja yang kini ramai diperbincangkan. 

Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Net bola Komponen Pelengkap yang Benar

Ada beberapa aturan dasar mengenai perlengkapan dalam permainan yang satu ini seperti ukuran lapangan tenis meja yang tidak boleh asal serta tata cara servis permainan. Adanya peraturan tersebut dibuat tentunya dengan harapan agar mendapatkan kualitas permainan yang baik.

Sedangkan dari segi jumlah pemain, permainan olahraga tenis meja dibagi ke dalam dua kategori yaitu permainan tunggal dan kategori permainan ganda. Untuk kategori permainan tunggal hanya terdiri dari dua orang saja sedangkan untuk kategori gana terdiri dari empat orang yang terdiri dari dua orang untuk masing-masing kelompok. 

Untuk lebih jelasnya berikut ulasan lebih lengkap seputar olahraga tenis mulai dari ukuran lapangan tenis meja hingga aturan tata cara aturan permainan yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui. 

Ukuran Meja Lapangan Tenis Meja

Sebelum sampai ke aturan servis permainan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui tentang aturan ukuran meja yang digunakan dalam permainan tenis meja. Untuk ukuran panjang pada meja yang digunakan untuk permainan tenis memiliki ukuran sebesar 2,74 meter sedangkan lebarnya berukuran 1,525 meter. Untuk tingginya sendiri berukuran 76 cm dengan ketebalan garis sisi sebesar 2 cm saja.

Ukuran Net Tenis Meja

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui ukuran net yang digunakan untuk bermain tenis meja ini. Dimulai dari garis ujung lapangan yang memiliki jarak 137 cm dengan panjang tali net sebesar 183 cm yang dihitung dari ujung setiap tiangnya. Sedangkan untuk tinggi jarring dan tali yang menggantungnya memiliki ukuran 15,25 cm.

Ada satu hal yang tidak boleh salah dalam menentukan ukuran yaitu mengenai panjang besarnya lubang yang digunakan untuk memasukkan tali. Lubang tersebut tidak boleh lebih dari ukuran standarnya yaitu 15 mm. Sedangkan untuk panjang lebar tiap jarring panjang dan lebarnya tidak boleh kurang dari 7,5 mm dan tidak boleh lebih dari 12,5 mm. Sehingga Anda harus benar-benar hati-hati dalam membuat lubang untuk memasukkan tali ini.

Menentukan tinggi net yang digunakan dalam permainan tenis ini juga ada aturannya, yaitu berukuran 15,25 cm serta ukuran jarak dari tiang ke net meja yang dengan ukuran yang sama yaitu 15,25 cm. Aturan ukuran net dan tenis meja ini harus Anda penuhi karena merupakan aturan resmi yang dibuat dengan mempertimbangkan segala kebutuhan dan teknik serta aturan yang berlaku dalam permainan tenis meja tersebut.

Ukuran Bola Tenis Meja

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui selain ukuran lapangan tenis meja adalah tentang aturan ukuran bola yang digunakan untuk permainan olahraga tenis meja ini. Bola tenis meja memiliki diameter sebesar 40 mm dan berat 2,7 gram. Untuk warnanya sendiri biasanya yang sering ditemui bola tenis dengan warna putih atau orange. 

Bola tenis memiliki tanda bintang yang terdiri dari bintang satu sampai tiga dan berfungsi sebagai penentu kualitas bola. Untuk bola tenis dengan tanda bintan satu berarti bola tersebut merupakan kualitas terendah sedangkan bola tenis yang memiliki tanda bintang 3 merupakan bola tenis dengan kualitas terbaik. Bola tenis dengan tanda bintang 3 biasanya digunakan dalam turnamen elit tenis meja yang resmi.

Dengan mengetahui secara mendalam tentang tata aturan olahraga tenis meja mulai dari standar ukuran lapangan tenis meja, ukuran net yang digunakan sampai ukuran bola dengan penjelasan tanda bintang yang ada tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta olahraga tenis meja sejati. Jangan lupa untuk memberikan kualitas permainan terbaik di setiap kegiatan olahragamu.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)