9 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak suka dengan sepak bola? Hampir semua orang di dunia ini menyukai sepak bola, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyulainya, bahkan banyak sekali orang yang ingin mengetahui tips, trik cara bermain dan teknik dasar dalam permainan sepak bola meskipun mereka bukan pemain bola. Bukan hanya laki-laki, tidak jarang juga wanita yang suka dengan olahraga bola satu ini. 

9 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Sepak bola sendiri sudah menjadi pertandingan rutin yang diadakan setiap empat tahun sekali, yaitu piala dunia (World Cup). Tak heran jika permainan yang super internasional ini banyak sekali penggemarnya. Sepak bola merupakan jenis olahraga yang dimainkan dua tim dan masing-masing timnya beranggotakan 11 orang. Permainan sepak bola menggunakan bola dari bahan kulit. 

Pada abad 21, sepak bola sudah dimainkan 250 juta orang lebih di dunia. Olahraga ini mempunyai tujuan guna mencetak gol ke gawang musuh. Sepak bola adalah permainan yang dilakukan di lapangan rumput dengan bentuk persegi panjang. Dalam permainan sepak bola, hanya penjaga gawang yang diperbolehkan untuk menyentuh bola. Sedangkan pemain lain hanya diizinkan menyentuh bola menggunakan tubuh selain tangan seperti kaki, dada dan kepala.

Diantara kedua tim yang mampu mencetak gol paling banyak ialah pemenangnya. Akan tetapi apabila skor imbang atau sama, maka akan diberikan perpanjangan waktu atau penalti. Pada pertandingan resmi ada beberapa poin yang diberikan, yaitu 3 poin untuk pemenang, 0 poin untuk tim kalah dan 1 poin untuk kedua tim yang imbang. Meski begitu, tim pemenang bisa saja dibatalkan karena skandal ataupun tindakan kriminal. Sebuah pertandingan sepak bola kemudian bisa dimenangkan oleh tim jika skornya 3-0, atau jika tim lawan berniat mengundurkan diri. 

Teknik Bermain

Dalam sepak bola, ada teknik dasar yang perlu diperhatikan. Apabila teknik dikuasai, maka pemain dapat bermain dengan baik. Jika seseorang mengandalkan kemampuan tubuh saja saat bermain, tanpa memperhatikan  teknik dasar, maka seseorang tersebut akan kesulitan dalam permainan sepak bola. 

Bagi Anda yang suka sekali bermain sepak bola atau masih pemula, maka bisa diperhatikan beberapa skil dan teknik dasar sepak bola berikut ini agar permainan Anda semakin baik.


1. Menggiring Bola 

Teknik menggiring bola merupakan gerakan menendang bola menggunakan kaki menuju area lawan atau menerobos pertahanan lawan. Kemampuan ini perlu sekali dikuasai sehingga apabila pemain mendapat operan bola dari pemain lain, maka Anda bisa menggiring bola tersebut. menurut situasinya, ada dua macam jenis dalam menggiring bola, yakni: 

Closed Dribbling

Adalah teknik menggiring bola dengan cara mengontrol bola saat bola dalam kondisi yang tidak aman. Biasanya dalam closed dribbling bola jaraknya tidak lebih dari 1 meter.

Speed Dribbling

Adalah teknik menggiring bola dengan cara menendang bola ke depan. Kemudian pemain mengejar bola dengan cara lari secepat-cepatnya. Syarat untuk melakukan dribbling ini pemain harus bebas dari pemain lawan.

Jika Anda ingin menggiring bola ke area yang kosong secara cepat dan tidak tim lawan, sebaiknya gunakan speed dribbling. Namun apabila Anda ingin menggiring bola di sekitaran lawan, sebaiknya lakukan closed dribbling.

2. Menendang Bola

Terdapat 7 teknik menendang dalam permainan sepak bola. Ketujuh teknik menendang bola tersebut antara lain:
Menendang dengan sisi dalam kaki
Menendang dengan sisi luar kaki
Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
Menendang dengan punggung kaki
Menendang dengan ujung jari kaki
Menendang dengan tumit

3. Mengumpan Bola

Mengumpan bola adalah kegiatan yang penting ketika bermain sepak bola. Seorang pemain yang tidak dapat mengumpan bola berarti dia dikatakan tidak bisa bermain. Mengumpan bola bahkan dianggap lebih efektif daripada menggiring bola.

4. Menghentikan Bola

Teknik dasar sepak bola yang satu ini merupakan teknik dasar yang pemakaiannya bersamaan dengan menendang bola. Menghentikan bola bertujuan untuk mengontrol bola, mengatur tempo dalam bermain, memudahkan dalam passing dan mengalihkan laju permainan. Terdapat macam-macam cara yang harus dilakukan guna menghentikan bola. Caranya yaitu menggunakan kaki bagian luar, dalam, punggung kaki, telapak kaki, dengan paha, dada dan perut.

5. Menyundul Bola 

Menyundul bola adalah kegiatan yang bertujuan untuk mencetak gol, mengoper, mencegah serangan lawan dan membuang bola. Ada banyak sekali gol yang diciptakan karena menyundul bola menggunakan kepala.

Dalam menyundul bola, pemain melakukannya bukan menggunakan ubun-ubun kepala, tetapi menggunakan dahi. Pemain perlu memperhatikan saat menyundul bola, sebenarnya bukan bola lah yang mengenai dia. Akan tetapi menyundul pemain yang harus mengenai bola dengan cara berdiri ataupun dengan melompat.

6. Merebut Bola

Merebut bola adalah teknik dasar yang dilakukan untuk merebut bola dari kaki lawan bersama teman satu tim. Dalam melakukan teknik ini, Anda harus bisa membaca gerakan lawan. Selain itu, Anda perlu membaca gerakan bola secara fisik dengan menghadap lawan.

Saat Anda melakukan gerak tipu saat tidak ada bola, maka Anda juga bisa memadukan gerak tipu dalam merebut bola. Hal mudah yang bisa dilakukan adalah menghadang laju bola menggunakan long pass.

7. Menyapu Bola 

Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah Menyapu bola atau sleding tackle, yaitu gerakan dalam merebut bola. Teknik dasar menendang bola ini sangat rawan ketika dilakukan atau memiliki risiko memperoleh kartu kuning dari wasit. Dalam melakukan teknik ini, Anda harus belajar menjatuhkan badan Anda ke rumput.

Anda juga perlu mengetahui waktu yang pas dalam melalukan teknik ini. Sebab apabila salah sedikit saja dalam melakukannya, maka Anda bisa mendapat pelanggaran dari wasit. Adapun beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam sliding tackle yaitu melakukannya dengan teknik menggunting, dari belakang lawan tackle dan mengangkat kaki ke atas.

8. Menangkap Bola

Menangkap bola adalah teknik dasar yang hanya boleh dilakukan oleh kiper. Karena dalam peraturan sepak bola, selain kiper pemain tidak boleh menyentuh bola. Latihan yang harus dilakukan dalam teknik dasar ini antara lain menangkap bola dari kiri ataupun kanan, dan tendangan pinalti.

9. Lemparan Ke Dalam

Lemparan bola ke dalam terjadi apabila bola keluar dari sisi lapangan. Jika lemparan ke dalam sudah dilakukan, maka permainan boleh dilanjutkan. Lemparan ini harus dilakukan oleh pemain tim lawan atau yang tidak menyentuh bola terakhir saat bola keluar. Adapun peraturan dalam melakukan lemparan ke dalam antara lain:
  • Bola yang dilempar harus menggunakan kedua tangan
  • Bola harus melewati atas kepala
  • Kedua menempel pada tanah ketika bola dilempar
Anda perlu tahu bahwa lemparan ke dalam bisa berubah menjadi serangan apabila dilakukan secara matang. Dalam melakukan lemparan ini, terdapat 3 pilihan posisi kaki, yakni kedua kaki dibuka lebar, kedua kaki sejajar dan salah satu kaki di belakang atau depan.

Demikianlah teknik dasar sepak bola yang bisa Anda lakukan untuk berlatih agar dalam bermain sepak bola bisa semakin baik. Semoga teknik dasar sepak bola beserta gambarnya di atas bisa bermanfaat bagi Anda semuanya.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
19 April 2018 05.52 delete

main bolanya sih ganpang.. tapi kalo di baca2 lagi kok kayaknya susah yaa ?? haha taruhan bola

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan bijak :)