Perlengkapan Bermain Badminton/ Bulutangkis

Menyiapkan perlengkapan standar dalam permainan bulutangkis merupakan langkah tepat yang harus dilakukan jika kita menganggap hal ini bukan hanya sekedar penyaluran hobi semata namun lebih dari itu untuk membimbing diri kita agar lebih maju lagi terhadap kemampuan kita. Banyak juga dijumpai orang yang katanya ingin menguasai permainan badminton dengan baik, namun enggan untuk membeli perlengkapan standar. Dengan adanya fasilitas dan perlengkapan yang memadai itu merupakan tahapan awal yang bagus untuk seorang pemain dalam melakukan latihan dan pertandingan demi menunjang kemampuannya.

perlengkapan lapangan bermain badminton bulutangkis

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan badminton antara lain:

Lapangan badminton/ bulutangkis
Federasi Dunia Badminton atau yang disebut dengan Badminton World Federation (BWF) telah menetapkan ukuran standar internasional lapangan badminton. Mengenai ukuran panjang dan lebar lapangan selengkapnya bisa dilihat pada Ukuran Standar Lapangan Badminton

Net badminton/ Bulutangkis
Net merupakan sebuah pembatas berbentuk jaring yang memisahkan bidang permainan bulutangkis antara seorang pemain dengan lawannya. Setiap tangkisan dari seorang pemain harus melewatinya dan jika shuttlecock tidak melintas diatas net maka dianggap gagal. Jaring net terbuat dari tali halus dengan ukuran panjang net badminton adalah 6,10 m, dan lebar 0,75 m, serta tinggi 1,525 m. Di sepanjang net diberi pita dengan lebar 5 cm.

Shuttlecok / Cock
Shuttlecok atau yang biasa disebut KOK adalah sebuah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis yang terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kernet terbuka. Shuttlecok memiliki pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Mengenai berat, ukuran, bahan dan lainnya tentang kok bisa dilihat pada Ukuran Shuttlecok Standar.

perlengkapan raket badminton bulutangkis

Raket Badminton/ Bulutangkis
Dalam permainan bulu tangkis raket berfungsi sebagai alat untuk menangkis suttelcock ke arah bidang permainan lawan. Tentang asal usul raket bulutangkis selengkapnya Anda bisa membacanya di Sejarah raket bulutangkis. Raket badminton terdiri dari beberapa bagian diantaranya pegangan raket (Grip), batang raket, dan daun atau kepala raket. Jika Anda hendak memilih atau membeli raket badminton/ bulutangkis sebaiknya memperhatikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih raket badminton yang sesuai dengan diri Anda. Lebih jelasnya silahkan dibaca Tips Cara Memilih Raket Badminton/Bulutangkis.

Sepatu Badminton/ Bulutangkis
Sepatu badminton yang nayaman akan membantu pemain dalam setiap langkah penting, baik untuk kestabilan saat menyerang maupun bertahan dari smash lawan dan pilihlah kaos kaki yang senyaman mungkin dalam berpijak untuk menambah kenyamanan saat bermain. Pijakan yang kuat bisa menghindarkan pemain dari cedera. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat.  Anda bisa memilih sepatu badminton yang paling disukai tidak perlu mahal yang penting memiliki kualitas yang baik dan nyaman saat dipakai.  

Mungkin itu penjelasan tentang apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan badminton/ bulutangkis. Untuk mengetahui teknik dasar permainan dengan baik silahkan dibaca Teknik Dasar Dalam Permainan Bulutangkis, semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)