Ukuran Lapangan Bulutangkis/ Badminton Standar Internasional

Ukuran Standar Lapangan bulutangkis


Setiap olahraga apapun pastinya memerlukan sebuah arena atau tempat untuk memainkannya, demikian juga dengan permainan badminton yang banyak digemari  oleh masyarakat kita. Sayangnya tidak semua ukuran lapangan badminton/ bulutangkis yang mereka miliki telah sesuai standar dan banyak diantara mereka yang hanya bermain dengan tempat seadanya.

Mereka membuat sebuah lapangan dengan garis yang bukan mengikuti ukuran standar akan tetapi mengikuti tempat yang tersedia sesuai situasi dan kondisi yang ada. Tidak salah memang kalau tujuan utamanya hanya untuk mencari keringat dan sekedar menyalurkan hobinya saja, tetapi perlu diingat bahwa jika kita terbiasa menggunakan lapangan yang tidak sesuai standar maka kita akan kesulitan dalam meningkatkan akurasi permainan kita di pertandingan-pertandingan resmi.

Silahkan baca selengkapnya: Peraturan Badminton

Apabila kita ingin menjadi pemain badminton profesional ya sudah tentu harus famillier dengan lapangan-lapangan yang sesuai standar sehingga tingkat akurasi permainan kita akan lebih meningkat tajam. 
Ukuran Lapangan Bulutangkis/ Badminton Standar Internasional
Ukuran standar lapangan badminton

Bentuk Lapangan Badminton

Permainan badminton memiliki lapangan berbentuk persegi panjang yang terbagi dua menjadi bidang permainan yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh sebuah net yang membentang di tengah. Setiap bidang terdapat beberapa garis permainan, diantaranya garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (Untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (Untuk permainan ganda).

Garis-garis permainan lapangan badminton memilki ketebalan 40mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna garis yang disarankan adalah warna putih atau kuning. Permukaan lapangan badminton disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak dan sangat tidak dianjurkan permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.

Ukuran Lapangan Bulutangkis/ Badminton

Ketetapan ukuran lapangan permainan badminton telah ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang sekarang dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation). Untuk di Indonesia dinaungi oleh PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Adapun ukuran internasional lapangan badminton standar internasional adalah :
-  Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
-  Lebar lapangan badminton 6,10 m
-  Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
-  Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
-  Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
-  Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
-  Tinggi tiang net 1,55 m
-  Tinggi net 1,52 m


Ukuran lapangan badminton mini yang biasa dipakai untuk anak usia di bawah 9 tahun sedikit berbeda yaitu ukuran panjang lapangannya adalah 10,05 meter sedangkan untuk lebarnya 4,40 meter.

Bidang Permainan Bulutangkis/ Badminton 
Setiap garis lapangan  di dalam permainan bulutangkis memiliki fungsinya masing-masing. Garis samping memiliki 2 garis (Luar dan dalam) dan garis belakang juga memiliki 2 garis (Luar dan dalam). Setiap permainan bulutangkis memiliki aturan yang berbeda antara partai tunggal dan partai ganda. 

Lapangan Badminton Pertandingan Partai Tunggal 

Dalam bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Sedangkan area permainan partai ganda untuk lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.
Bidang permainan, ukuran lapangan badminton untuk partai tunggal sebagai berikut: 
-  Panjang bidang permainan 13,40 m
-  Lebar bidang permainan 5,18 m
-  Panjang bidang penerima servis 4,72 m
-  Lebar bidang penerima servis 2,59 m
ukuran panjang lebar lapangan bulutangkis badminton partai tunggal ganda

Lapangan Badminton pertandingan partai ganda

Dalam bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Sedangkan area permainan partai ganda untuk lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.
Adapun bidang, ukuran lapangan bulutangkis untuk permainan ganda adalah sebagai berikut: 
-  Panjang bidang permainan 13,40 m
-  Lebar bidang permainan 6,10 m
-  Panjang bidang penerima servis 3,96 m
-  Lebar bidang penerima servis 3,05 m


Garis Lapangan Badminton Area Servis 

area permainan servis lapangan badminton bulutangkis


Bidang area service permainan bulutangkis untuk partai tunggal adalah garis samping dalam dan garis belakang luar, sedangkan untuk area service untuk partai ganda adalah garis samping luar dan garis belakang bagian dalam.

Area servis lapangan badminton untuk pertandingan tunggal yaitu lebar 5,18 meter dan panjangnya 13,40 meter. Sedangkan area servis untuk pertandingan ganda berukuran 6,10 meter lebarnya dan 11,88 meter panjangnya.

Baca juga : Panduan Lengkap Bermain Badminton

Demikian penjelasan tentang ukuran standar lapangan bulutangkis/ badminton, silahkan baca juga artikel yang lainnya semoga bermanfaat.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)