Perlengkapan Wajib Pemain Futsal

Peraturan pemain futsal memang penting untuk diketahui terutama bagi kalian sebagai pemain yang akan melakoni pertandingan resmi dimana setiap aturan yang diterapkan biasanya berlaku aturan resmi dari FIFA. Beberapa diantaranya adalah seorang pemain harus mengetahui peraturan pertandingan yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara, dan perlengkapan pemain futsal apa saja  yang harus dipenuhi serta sangsi apa yang diberikan untuk pemain dari setiap pelanggaran yang dilakukan. 
perlengkapan pemain futsal

Beberapa kali masih saja melihat pemain melakukan kesalahan yang bisa dikatakan konyol karena melakukan sebuah kesalahan atau pelanggaran yang seharusnya terjadi, seperti tidak mengenakan alat keselamatan seperti pelindung kaki yaitu Shin guard atau lebih dikenal dengan istilah dekker. Selain itu ada juga beberapa kesalahan sepele yang tidak perlu dilakukan dalam sebuah pertandingan atau turnamen futsal yang mana hal tersebut terjadi karena kurang atau tidak mengertinya seorang pemain tentang peraturan pertandingan atau permainan futsal dalam sebuah turnamen resmi. Namun setidaknya sekarang ini jauh lebih baik karena sudah banyak sosialisasi dan edukasi tentang futsal yang sudah sangat membaur di masyarakat. 

Jumlah Pemain Futsal 

Sebagian dari kita mungkin sudah banyak yang tahu ada berapa jumlah pemain futsal dalam satu team. Dalam setiap pertandingan futsal terdapat lima orang pemain di lapangan dan satu diantaranya adalah penjaga gawang atau kiper. Ada dua tim dalam setiap pertandingan dimana masing –masing tim harus berjumlah tidak kurang dari tiga pemain, dan jika tidak terpenuhi maka pertandingan tidak boleh untuk dimulai.  

Dalam sebuah  pertandingan resmi di bawah naungan FIFA, jumlah pemain pengganti atau cadangan yang diperbolehkan maksimal sempilan pemain pengganti. Namun dalam sebuah pertandingan lain antar Tim Nasional bisa hingga maksimum sepuluh pemain. Jumlah pemain cadangan dapat di terapkan apabila terjadi kesepakatan antar kedua tim yang bersangkutann dan sebelum pertandingan wasit diinformasikan.  Panitia penyelenggara yang memiliki wewenang peraturan kompetisi harus menentukan berapa banyak jumlah pemain pengganti yang di perbolehkan. 

Perlengkapan Pemain 

Perlengkapan pemain futsal harus dipenuhi demi menjaga keselamatan setiap pemain baik untuk dirinya sendiri, temannya ataupun lawannya, sehingga di dalam sebuah pertandingan tidak boleh memakai segala peralatan yang membahayakan seperti perhiasan maupun atribut lainnya yang berbahaya.  

Beberapa perlengkapan dasar untuk pemain futsal yang wajib dipakai adalah

Kaos Futsal  

Jika pemain memakai baju dalam yang panjang atau undergarments, maka lengan pakaian dalamnya harus memiliki warna yang sama dengan warna kaos yang di pakainya

Celana Futsal Pendek 

Jika pemain mengenakan celana dalam atau undershorts, maka warnanya harus sama dengan warna celana pendek yang dipakainya. Untuk penjaga gawang diizinkan jika ingin menggunakan celana futsal panjang.

Kaos Kaki Futsal

Jika pemain menggunakan pembalut atau bahan serupa di bagian luar, maka harus sama warnanya sebagai bagian dari kaos kaki yang di pakainya.

Pelindung Kaki (Shinguards) atau Dekker 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengenakan dekker yaitu
  • Harus tertutup seluruhnya oleh kaos kaki
  • Terbuat dari karet, plastik atau bahan serupa yang di perkenankan
  • Memberikan tingkat perlindungan yang memadai

Sepatu Futsal 

Jenis sepatu yang di ijinkan adalah sepatu kanvas dari kulit lembut atau sepatu senam dengan alas yang terbuat dari karet atau bahan sejenisnya.

Warna Kostum Futsal

  • Warna kostum yang dipakai kedua tim harus memiliki perbedaan warna yang mencolok sehingga dapat dengan mudah membedakan antara yang satu dengan lainnya 
  • Tiap Penjaga Gawang harus memakai kaos yang warnanya berbeda dengan warna kaos Pemain lainnya
  • Demikian juga untuk wasit dan asisten wasit harus memiliki warna yang berbeda dengan pemain. 

Itulah aturan main yang wajib diketahui oleh pemain futsal terkait dengan jumlah pemain dan perlengkapan futsal, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)