Tips Cara Memilih Bola Futsal yang Berkualitas

Memilih Bola Futsal

Tips dan cara memilih bola futsal yang bagus dan berkualitas tinggi sebenarnya tidak terlalu sulit namun juga tidak boleh disepelekan, bisa jadi Anda terjebak dalam memilihnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kita hendak membeli bola futsal yang awet. Dengan kita tahu ciri-ciri bola futsal yang bagus maka akan memudahkan kita dalam memilih berbagai macam jenis-jenis bola futsal yang ditawarkan dan tidak jarang membuat kita sebagai calon pembeli sering terkecoh. 

Tips Cara Memilih Bola Futsal Terbaik yang Berkualitas Bagus

Hal ini penting untuk diketahui agar kita tahu bagaimana cara memilih dan mengetahui bola futsal yang baik serta berkualitas sehingga nantinya kita tidak salah dalam membeli barang dan tak menyesal dikemudian hari. Dengan memilih bola futsal yang tepat maka akan sangat menguntungkan bagi semuanya. Selain awet juga pastinya sangat nyaman digunakan oleh pemain. 

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih bola futsal terbaik:

Jenis Pembuatan Bola Futsal

Dalam pembuatan bola futsal ada dua macam proses yang biasa digunakan yakni dengan proses penjahitan dan juga dengan cara press. Pada pertama kali pembuatannya dibuat dengan menggunakan proses jahitan tangan. Kelebihan dari bola futsal yang dibuat dari proses penjahitan memiliki kareakter yang lebih lembut dan empuk sehingga saat disundul atau ditendang bola tidak terlalu terasa keras. Namun di sisi lain kekurangan dari bola jahitan tangan ini biasanya bola lebih cepat rusak seperti benjol sehingga tidak cukup kuat jika digunakan dalam permainan dengan intensitas tinggi. 

Adapun jenis yang kedua yaitu dibuat dengan cara ditekan atau press mesin. Bola futsal jenis ini lebih kuat jika dibandingkan dengan proses jahitan tangan dan dari segi pantulan bola press lebih mudah dikendalikan terutama pada penggunaan di lapangan berkontur keras.

Jenis Lapangan yang Digunakan 

Bola futsal yang proses pembuatannya dengan cara penjahitan lebih sesuai jika digunakan pada jenis lapangan seperti rumput sintetis dimana karakter lapangan sintetis yang lembut bisa meredam lentingan bola yang cukup keras dan kencang sehingga bisa memudahkan para pemain dalam mengendalikan dan mengongtrol bola. Sedangkan bola futsal dengan proses press mesin lebih sesuai jika digunakan pada jenis lapangan futsal yang keras seperti vinyl, teraflex, parquetted maupun semen. 

Kendati demikian baik bola jahitan ataupun bola press keduanya tetap saja bisa digunakan pada jenis lapangan futsal yang mana saja sesuai dengan selera dan kemantapan pilihan, hanya saja ada beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan dan Permukaan Bola

Bola futsal pada umumnya terbuat dari dari material karet, polyvinyl chloride dan polyurethane. Bola dari bahan karet biasa digunakan dalam permainan sehari-hari sekedar latihan biasa bermain bareng teman. Untuk bola yang terbuat dari bahan material polyurethane mempunyai kualitas yang bagus sebab tahan terhadap paparan air sehingga lebih tahan lama. Sedangkan jenis bola yang permukaannya dilapisi dengan material polyvinyl chloride memiliki bobot yang lebih ringan dan juga lebih awet. 

Seberapa nyaman pemain dalam memakai bola futsal lebih ditentukan oleh faktor permukaan dan bahan bola yang digunakan sehingga hal ini perlu untuk diperhatikan. Bladder sebagai bahan utama yang bisa membuat bola dapat mengembang dengan baik. Dengan dilengkapi katup udara serta diproduksi dengan menerapkan perpaduan karet butyl,  membuat bola futsal bisa terisi udara dengan lebih baik bila dibandingkan dengan bola yang dibuat dari lateks. Di samping itu bola dapat bergerak lebih responsif dan terasa lembut ketika tersentuh kepala maupun kaki pemain. 

Jenis Ukuran Bola Futsal 

Ada beberapa kelompok ukuran bola futsal yang biasa digunakan untuk bermain di tempat penyewaan lapangan futsal. Hal ini bisa disesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan masing-masing. Adapun jenis ukuran bola futsal adalah sebagai berikut: 
  • Ukuran terkecil memiliki garis lingkar berkisar 61 sampai dengan 62 cm. Ukuran bola ini paling cocok digunakan oleh anak-anak di bawah usia 8 tahun. 
  • Ukuran kelompok kedua, sedikit lebih besar dari ukuran tersebut sangat cocok dimainkan oleh anak-anak berusia 8 tahun hingga 12 tahun. 
  • Ukuran kelompok ketiga adalah bisa dimainkan oleh anak-anak lebih dari 12 tahun hingga orang dewasa. Ukuran bola ini juga yang dipergunakan dalam pertandingan resmi di tingkat nasional dan internasional.
Ukuran bola futsal biasanya dicantumkan pada permukaanya namun jika tidak ada sebaiknya tanyakan langsung pada penjualnya dan yang lebih disarankan untuk memilih bola futsal yang sesuai standar. 
Tips Cara Memilih Bola Futsal Adidas yang Berkualitas Bagus

Kondisi Bola

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang masih ditemukan beberapa bola futsal baru yang dijual dengan kondisi yang tidak begitu bagus. Disinilah perlunya kehati-hatian dalam memilih bola yang akan dibeli. Sebaiknya membeli bola yang sudah terisi angin untuk lebih meyakinkan bahwa bola dalam keadaan baik sehingga kita bisa tahu apakah bola itu memiliki keseimbangan yang bagus atau tidak. Jika bola dengan kondisi bulatan yang tidak sempurna seperti agak lonjong atau peyang, tentu jangan mau untuk membelinya. 

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah dengan mengecek kondisi pentil apakah pada posisi yang tepat atau tidak, jika pentil bola futsal bermasalah maka dihindari saja karena hal itu bisa berakibat bola menjadi mudah bocor. 

Bola Futsal Standar FIFA

Cara mudah untuk membedakan bola futsal yang bagus atau tidak dengan melihat ciri-cirinya. Ciri-ciri bola futsal yang berkualitas bisa dilihat dari ukurannya seperti berapa berat bola, diameter lingkaran, setinggi apa pantulan bola, dan sebagainya. Bola futsal yang standar untuk pertandingan resmi biasanya terdapat tulisan “Fifa Approved” yang berada pada permukaan bola.

Selengkapnya baca penjelasannya: Ukuran bola futsal standar FIFA

Merk Bola Futsal Terbaik

Merk bola futsal yang paling bagus dari pendapat setiap orang biasanya berbeda-beda karena banyak sekali merek yang ada di pasaran seperti Adidas, Nike, Specs, Mikasa, Puma, Umbro dan lain-lain. Tinggal tergantung dengan selera masing-masing dan kegunaannya untuk apa, sekedar bermain dan latihan biasa atau untuk sebuah turnamen dan pertandingan resmi. Bola yang sering dipakai kalangan professional dalam sebuah kompetisi resmi biasanya merk-merk terkenal seperti Adidas dan Nike yang memang memiliki kualitas sangat bagus.  

Untuk keperluan penyewaan kepada para pemain yang sekedar ingin  latihan biasa atau main bareng teman-teman mencari keringat memang biasanya tidak sebagus bola yang digunakan dalam turnamen resmi namun juga jangan sampai memilih bola dengan kualitas yang buruk yang akan membuat para pemain tidak puas dan merasa kecewa. 

Harga bola futsal di pasaran terdapat banyak pilihan yang ditawarkan tergantung budget Anda dan selera serta kegunaan masing-masing. Tentunya semakin bagus kualitas bola biasanya semakin mahal harganya namun tetap harus berhati-hati terhadap barang tiruan yang sepintas mirip dengan barang original atau asli. 

Mungkin sekian dulu beberapa tips cara memilih bola futsal yang bagus dan berkualitas pada kesempatan ini yang bisa dibagikan untuk kalian semua. Silahkan baca juga artikel yang lainnya seperti Tips cara memilih raket badminton yang berkualitas bagus, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)