Panduan Lengkap Tutorial Bermain Olahraga Badminton

Permainan olahraga badminton atau bulutangkis adalah suatu permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecock yang di pukul melewati sebuah net. Permainan ini berlaku untuk siapa saja baik pertandingan bentuk tunggal (Single), ganda (Double), dan juga dengan ganda campuran (Mixed double). Permainan dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yaitu memukul bola dari petak service kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga jalan bola menyilang. 

Bulutangkis merupakan cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Olahraga bulutangkis dimainkan di atas lapangan yang di batasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan di bagi dua sama besar dan di pisahkan oleh net yang direnggangkan di kedua tiang net yang ditanam di pinggir lapangan.

Panduan Lengkap Tutorial Bermain Olahraga Badminton bulutangkis

Begitu banyaknya orang yang antusias terhadap olahraga bulutangkis ini maka untuk memudahkan kita dalam memahami dan mempelajari apa saja teknik- teknik, perlengkapan, peraturan dan hal-hal yang berkaitan dengan permainan olahraga bulutangkis ini, kami mencoba untuk membuat sebuah panduan yang runtut dan sistematis khususnya untuk pemula yang ingin belajar atau bahkan ingin menitik karir bersama olahraga badminton ini. 

Sejarah Badminton / Bulutangkis

Pernahkan Anda berpikir dari manakah sebenarnya asal permainan badminton atau bulutangkis dan siapakah yang pertama kali menciptakan permainan tersebut serta bagaimana sejarahnya sampai permaianan itu sampai ke Indonesia? Untuk mengetahuinya lebih lanjut baca di Sejarah permaian olahraga badminton di dunia dan di Indonesia

Induk Organisasi Badminton / Bulutangkis

Induk organisasi bulutangkis terbagi untuk ranah nasional dan interneasional. Di Indonesia permainan bulutangkis berada di bawah naungan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) sedangkan di ranah internasional induk raganisasinya bernama BWF. Selengkapnya di Induk organisasi olahraga bulutangkis. 

Cara Bermain Badminton/ Bulutangkis 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa memainkan olahraga badminton/ bulutangkis ini dengan benar dimana komponen-komponen ini harus dipenuhi dalam setiap pertandingan, diantaranya adalah harus mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, teknik-teknik yang digunakan dalam permainan, dan juga peraturan yang harus ditaati dalam pertandingan. 

Perlengkapan Permainan Badminton / Bulutangkis

Perlengkapan yang baik juga menjadi salah satu faktor yang bisa menunjang keberhasilan kita dalam permainan bulutangkis. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan badminton/  bulutangkis antara lain lapangan, net, shuttlecock, raket, kaos dan sepatu.  Selengkapnya bisa dilihat di Perlengkapan bermain badminton / bulutangkis.

Teknik Permainan Bulutangkis

Jika mendengar istilah dropshot, netting, jumping smash dan  lain-lain itu adalah salah satu bagian yang ada dalam teknik permainan badminton/ bulutangkis. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai diantaranya adalah teknik grip atau cara memegang raket, teknik footwork atau gerakan kaki, teknik sikap berdiri, teknik hitting position, dan teknik-teknik pukulan dalam bulutangkis. Silahkan baca selengkapnya di Teknik dasar permainan badminton/ bulutangkis.  

Peraturan Permainan

Peraturan ini penting karena untuk mengatur jalannya pertandingan agar berjalan dengan baik dan memenuhi standar permainan yang ditentukan. Ada beberapa kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seorang pemain, terutama yang masih pemula atau awam. Ketentuan-ketentuan yang perlu diketahui dalam permainan bulutangkis antara lain tentang aturan servis, garis area lapangan permainan, partai/ bentuk permainan, dan sistem perhitungan poin atau skor. Selengkapnya baca Peraturan Permainan Bulutangkis

Itulah beberapa penjelasan tentang panduan permainan badminton/ bulutangkis yang bisa dibagikan. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan kita dalam memahami olahraga badminton ini dengan lebih baik lagi. Dan untuk Anda yang masih pemula bisa  mempelajari hal-hal dasar yang perlu diketahui seperti Teknik dasar permainan bulutangkis dan halaman lainnya diatas. Semoga bermanfaat.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)