Induk Organisasi Olahraga Bulutangkis/ Badminton

Induk Organisasi Olahraga Bulutangkis Indonesia 

Induk Organisasi Bulutangkis di Indonesia yaitu Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang berdiri di Bandung pada tanggal 5 Mei 1952 yang pada saat itu diketuai oleh A. Rochid Partaatmadja. Hal ini merupakan sejarah bagi Indonesia, namun karena minimnya catatan tertulis mengenai peristiwa beridirinya induk organisasi bulutangkis Indonesia,  maka banyak ada hal-hal yang masih belum jelas hingga sekarang.

Tugas dari PBSI yaitu untuk mengatur dan mengawasi perkembangan dan perjalanan bulu tangkis di Indonesia. Selain itu PBSI juga berperan penting dalam meningkatkan prestasi Bulu tangkis Indonesia yaitu mendirikan yayasan bagi para atlet dan bekerja sama dengan organisasi bulu tangkis lainnya termasuk induk organisasi BWF dalam mempromosikan bulu tangkis Indonesai untuk dapat ikut serta dalam berbgai kejuaraan.

arti lambang induk organisasi olahraga bulutangkis indonesia dan dunia internasional

Lambang PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia)

Adapun arti dari logo/ lambang PBSI adalah sebagai berikut :
1. Dilihat dari warna yang ada, lambang PSBI mempunyai arti sebagai berikut:
- Warna Kuning merupakan Simbol kejayaan
- Warna Hijau melambangkan Kesejahteraan dan kemakmuran
- Warna Hitam melambangkan Kesetiaan dan kekal
- Warna Merah melambangkan Keberanian
- Warna Putih melambangkan Kejujuran
2. Gambar Kapas berjumlah 17 biji yaitu melambangkan angka keramat ( hari proklamasi ). 
3. Gambar Shuttlecock dengan delapan bulu melambangkan 8 ( agustus )
4. Huruf PBSI terdiri dari 4 dihubungkan dengan gambar ½ lingkaran sebanyak 5 biji berwarna merah dibawah shuttlecock, melambangkan tahun 1945.
5. Gambar Padi sebanyak 51 butir yang melambangkan hari lahirnya PBSI yaitu tahun tanggal 5 Mei 1951.
6. Gambar Perisai merupakan simbul ketahanan, keuletan, rendah diri tapi ulet, kuat dan tekun

Induk Organisasi Bulutangkis Dunia 

Induk Organisasi Bulutangkis Dunia sebelum BWF bernama International Badminton Federation (IBF) yang didirikan pada tahun 1934 dan membukukan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir.

Adapun tugas BWF secara umum yaitu untuk mengatur dan mengkoordinasi hukum dan peraturan dalam bulutangkis dunia. Selain itu juga mensuport pelaksanaan kejuaran dunia seperti Olimpiade Musim panas, Kejuaraan Dunia BWF, Yunior BWF, Piala Thomas, Piala Uber, Piala Sudirman dan kejuaraan-kejuaraan dunia lainnya.

Demikian penjelasan tentang induk organisasi olahraga bulutangkis di Indonesia dan di dunia internasional. Untuk mengetahui sejarah dari olahraga ini lebih lanjut silahkan baca Sejarah Badminton/ Bulutangkis semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)