Jenis Lapangan Futsal Standar Internasional

Jenis lapangan Futsal

Ada berapa macam jenis lapangan futsal yang sudah kamu ketahui dan pernah kamu coba? Sudahkan lapangan yang biasa kamu pakai itu sesuai dengan ketetapan pada aturan dasar futsal fifa? Jika kita lihat ada macam-macam jenis lapangan futsal yang biasa dipakai dalam permainan atau pertandingan futsal, mulai dari pertandingan resmi internasional maupun permainan yang hanya dilakukan di tempat penyewaan lapangan futsal di kampung halaman kita. 

Untuk kamu para pecinta futsal maupun yang ingin berbisnis lapangan futsal penting sekali untuk mengetahui jenis lapangan futsal ini. Dan berikut penjelasan tentang macam-macam atau jenis lapangan futsal beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

1. Jenis Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan futsal vinyl ini biasa disebut dengan rubber karena bahan dasarnya menyerupai karet yang permukaanya lembut.  Jenis lapangan futsal yang satu ini merupakan yang paling banyak disukai oleh penggemar olahraga futsal. Hal tersebut dikarenakan bahannya yang empuk sehingga membuat kita lebih mudah dalam melakukan aksi-aksi penyelamatan terlebih bagi mereka yang suka diving.

Jenis Lapangan Futsal Vinyl

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Vinyl

Kelebihan lapangan vinyl:
  • Tingkat kerataan lapangan jenis ini baik sehingga bola bisa meluncur dengan lancar.
  • Bahan terdiri dari beberapa lapisan sehingga terasa empuk ketika kita melakukan diving atau terjatuh.

Kekurangan lapangan vinyl:
  • Jika digunakan dalam waktu yang relatif  lama, maka akan ada bagian yang terlepas dan hal tersebut menyebabkan lapangan menjadi tidak rata.
  • Daya cengkram yang cukup baik, terutama jika menggunakan sepatu yang outsolenya terbuat dari karet murni.
  • Ketika melakukan rush terkadang bisa menyebabkan luka pada bagian paha atas dan pinggul

2. Jenis Lapangan Futsal Parquette

Jenis Lapangan futsal ini lebih populer di daerah Eropa, Amerika Latin dan kurang begitu populer di Indonesia. Lapangan jenis ini sebenarnya sudah cukup lama digunakan dan biasanya dipakai di GOR (Gelanggang Olahraga). Beberapa lapangan basket juga banyak yang memakai bahan ini karena material lapangan ini sendiri terbuat dari kayu yang mampu memantulkan bola dengan baik. 

Jenis Lapangan Futsal Parquette

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Parquette

Kelebihan lapangan parquette:
  • Permukaan lapangan tergolong yang paling kesat. Sehingga tidak  licin ketika berlari di atasnya.
  • Kerataan jenis lapangan ini juga sangat baik, sehingga membuat laju bola juga lancar ketika bergulir di atasnya.

Kekurangan lapangan parquette:
  • Jenis lapangan ini memiliki tingkat kekerasan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis lapangan futsal lainnya karena terbuat dari kayu.
  • Mudah rusak yang disebabkan faktor cuaca dan tingkat kelembapan sehingga dibutuhkan perawatan yang ekstra.
  • Jika sudah mulai rusak, lapangan ini cukup berbahaya karena sekat-sekat antara satu potongan kayu dengan yang lain akan timbul ke permukaan, dan ini berbahaya bagi kiper futsal, hal ini akan menganggu alur laju bola.

3. Jenis Lapangan Futsal Taraflex

Jenis lapangan ini sekilas hampir sama dengan Parquette tetapi ini bahannya dari polyethylen atau biji plastik yang dipadatkan. Meskipun dari bahan plastik tetapi lapangan ini keset dan enak digunakan, sehingga tidak mudah terjatuh. Jenis lapangan ini juga sudah banyak sekali di Indonesia.

Jenis Lapangan Futsal Taraflex

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Taraflex

Kelebihan lapangan taraflex:
  • Tingkat kerataan dari permukaan lapangan ini yang cukup bagus menyebabkan aliran bola menjadi lancar.
  • Permukaan lapangan yang tidak licin.
Kekurangan lapangan taraflex:
  • Lapisan lapangan futsal ini terdiri dari beberapa lapisan sehingga terkadang dijumpai permukaan yang tidak rata yang dikarenakan ada lapisan permukaan yang terlepas.

4. Jenis Lapangan Futsal Karpet Plastik

Lapangan jenis ini memiliki bahan dasar yang sama dengan jenis lapangan taraflex, yaitu polyethyle. Yang menjadi pembeda keduanya adalah lapangan futsal dengan jenis ini terdiri dari banyak lembaran yang bisa dibongkar pasang sehingga membuat lapangan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mudah dipindah tempatkan serta memiliki daya tahan yang lama.

Jenis Lapangan Futsal Karpet Plastik

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Karpet Plastik

Kelebihan lapangan karpet plastik:
  • Permukaannya tidak licin dan relatif kesat.
  • Jarang sekali ditemui adanya permukaan yang tidak rata, yang disebabkan adanya lapisan yang terlepas.
Kekurangan lapangan karpet plastik:
  • Jika dibandingan dengan jenis lapangan vinyl, parquette, dan taraflex lapangan ini tidaklah terlalu rata, karena terdiri dari banyak lembaran-lembaran.


Itulah beberapa macam jenis lapangan futsal standar internasional yang ditetapkan FIFA. Sebenarnya di Indonesia sendiri ada dua jenis lapangan futsal lain yang sering kita jumpai, yaitu Rumput Sintetis (Artificial Grass) dan Semen. Namun menurut aturan dasar futsal, kedua bahan lapangan futsal tersebut tidaklah masuk ke dalam jenis lapangan untuk pertandingan. Meskipun begitu sangat banyak para penyedia lapangan futsal yang memakai dua jenis lapangan ini. 

Jenis Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Nah jenis lapangan ini mungkin yang paling populer di Indonesia. Lapangan rumput futsal ini sangat banyak ditemui hampir di setiap wilayah kota di Indonesia. Rumput sintetis ini sebenarnya diperuntukkan untuk lapangan indoor soccer bukan untuk futsal. Jenis lapangan ini digunakan hanya untuk hiburan saja bukan untuk tujuan prestasi walaupun diantara kita mungkin pernah menemui kompetisi menggunakan lapangan rumput sintetis ini. 

Jenis Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Kelebihan lapangan rumput sintetis:
  • Lapangan jenis ini tentu terasa lembut dan empuk untuk melakukan diving maupun saat terjatuh.
  • Laju atau aliran bola tidak terlalu cepat sehingga Bbola lebih mudah untuk dikuasai.

Kekurangan lapangan rumput sintetis:
  • Daya cengkram sepatu kurang sehingga perlu sepatu khusus, turf yang mempunyai pull pendek.
  • Cenderung mudah menyebabkan kulit kita terluka atau lecet jika terjadi gesekan.
  • Lapangan ini belum termasuk jenis lapangan untuk bermain futsal, tetapi indoor soccer.

Jenis Lapangan Futsal Semen

Lapangan jenis ini biasanya adalah lapangan outdoor atau di luar ruangan dan mudah ditemui terutama di daerah pinggiran kota besar. Hal ini dikarenakan nilainya yang ekonomis serta daya tahan yang lama.

Jenis Lapangan Futsal Semen

Kelebihan dan Kekurangan Lapangan Futsal Semen

Kelebihan lapangan semen :
  • Biaya dan cara perawatannya sangat mudah.
  • Permukaan lapangan mampu memiliki tingkat kerataan yang bagus
  • Arah dan laju bola yang di alirkan bisa berjalan lancar.

Kekurangan lapangan semen :
  • Bahan permukaannya yang cukup keras sehingga rentan menyebabkan cedera terlebih jika terjatuh.
  • Permukaan lapangan sangat licin jika basah, apalagi jika hujan tiba dengan kondisi lapangan outdoor.

TIPS BISNIS LAPANGAN FUTSAL

Sejauh ini bisnis penyewaan lapangan futsal memang masih sangat menjanjikan. Seiring dengan banyaknya peminat olahraga futsal ini, para pengusaha jasa penyedia lapangan ini juga berlomba-lomba mencari cara berbisnis lapangan futsal yang baik dengan menyajikan sebuah pelayanan dan kualitas yang baik agar bisa diterima oleh masyarakat. 

Namun hal yang harus diketahui juga bahwa para penggemar futsal juga semakin selektif di dalam memilih tempat untuk bermain maupun melakukan pertandingan futsal. Para penyedia lapangan yang tidak melakukan inovasi dan kualitas pelayanan yang tidak memuaskan maka secara perlahan akan ditinggalkan dengan sendirinya oleh para penggemar ataupun membernya. Oleh karena itu dibutuhkan daya tarik tersendiri untuk mengambil hati para pecinta futsal. 

cara modal berbisnis lapangan futsal

Ada sedikit tips untuk para pebisnis yang ingin membuka jasa penyedia atau penyewaan lapangan futsal. Beberapa tips ini sebenarnya sekedar masukan saja dari para penggemar olahraga futsal yang sering menggunakan jasa dari penyedia lapangan. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis lapangan futsal

  • Tentukan target marketnya, untuk para pemula atau kalangan profesional
  • Memilih jenis lapangan futsal yang baik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan
  • Perhatikan ukuran lapangan futsal yang standar
  • Pencahayaan atau lighting yang bagus
  • Kemudahan dalam pemesanan lapangan
  • Berikan kenyamanan fasilitas pendukung lainnya
  • Sesuaikan budget yang dimiliki dengan berapa modal yang dibutuhkan

Itulah beberapa pertimbangan dan masukan dari para penggemar futsal untuk Anda yang ingin membuka bisnis penyewaan lapangan futsal, semua keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda. Semakin  bagus kualitas lapangan tentunya akan semakin besar anggaran yang dikeluarkan. Modal lapangan futsal memang butuh dana yang tidak sedikit. Harga matras karpet lapangan futsal saja sudah butuh modal yang lumayan besar belum lagi ditambah dengan biaya lainnya. 

Biaya pembuatan lapangan futsal indoor misalnya butuh dana kisaran ratusan juta rupiah untuk menghasilkan sebuah kualitas lapangan futsal yang bagus dan berkualitas. Namun berapapun besarnya modal yang dikeluarkan jika hasil riset mengatakan daerah tersebut memang sangat potensial dan prospek kedepannya masih sangat bagus dan menjanjikan pastinya jangan sia-siakan kesempatan itu sebelum peluang tersebut diambil oleh orang lain.  

Mungkin demikian tips singkat bisnis lapangan futsal dan beberapa penjelasan mengenai macam-macam jenis lapangan futsal yang bagus dan standar internasional. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang permainan olahraga futsal. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)