Bola Futsal Standar FIFA

Ukuran bola futsal standar internasional untuk sebuah pertandingan resmi memiliki bentuk yang sama dengan bola sepak yaitu sama-sama berbentuk bulat. Hanya saja bola futsal sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bola sepak, yaitu memiliki ciri-ciri dan desain khusus dimana bola futsal ini lebih digunakan di sebuah ruangan tertutup atau indoor sehingga memiliki pantulan yang lebih rendah. Disamping itu juga ada beberapa hal yang membedakan antara  bola futsal dengan bola untuk sepak bola, baik itu mengenai ukuran, berat bola, diameter, bahan, dan sebagainya.

bola futsal standar internasional fifa

Ukuran Bola Futsal Standar Internasional 

Bola futsal yang sesuai dengan ketetapan atau aturan dari FIFA adalah
• Bola harus berbentuk bulat.
• Terbuat dari kulit atau bahan lainnya.
• Lingkaran bola memiliki ukuran minimal 62 cm dan maximum 64 cm.
• Berat bola pada saat pertandingan dimulai minimum 400 gram dan maximum 440 gram.
• Tekanannya sama dengan 0,4 – 0,6 atmosfir (400 – 600 g/cm³).
• Pantulan bola tidak boleh kurang dari 50 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm ketika pantulan pertama di jatuhkan dari ketinggian 2 meter

Perbedaan Bola Futsal dengan Bola Sepak 

Bahan Bola
Bola futsal terbuat dari bahan kulit atau yang lainnya sedangkan bola untuk sepak terbuat dari bahan karet atau karet sintetis.

Lingkaran Bola
Bola futsal memiliki ukuran lingkaran bola yaitu 62 cm – 64 cm sedangkan untuk bola sepak berkisar antara 68cm - 70 cm.

Berat Bola
Bola futsal memiliki berat antara 400 gram – 440 gram sedangkan untuk bola sepak beratnya adalah 410 gram hingga 450 gram.

Tekanan Bola
Pada bola futsal memiliki tekanan antara 0,4 – 0,6 atmosfir sedangkan pada bola sepak tekanannya adalah antara 8 – 12 psi.

Pantulan Bola
Jika dilakukan uji pantulan dari ketinggian 2 meter, maka pantulan bola futsal tidak boleh lebih dari 65 cm sedangkan untuk bola sepak jika dilakukan uji pantulan dari ketinggian 1 meter maka pantulan untuk bola sepak adalah setinggi 60 cm.

Nah berikut ini bagi kalian yang ingin membeli bola futsal ada sedikit tips Cara memilih Bola Futsal  agar sesuai dengan harapan.

Peraturan Bola Futsal dalam Pertandingan Resmi 

Penggantian Bola Rusak

  • Apabila bola futsal pecah atau rusak dalam suatu pertandingan maka pertandingan dihentikan sementara. Pertandingan dimulai kembali dengan menjatuhkan bola pengganti di tempat dimana bola pertama tersebut rusak.
  • Apabila bola pecah atau menjadi rusak ketika bola tidak dalam permainan pada saat permainan dimulai, tendangan gawang, tendangan pojok, tendangan bebas, tendangan pinalti atau tendangan ke dalam maka pertandingan dimulai kembali sesuai dengan peraturan biasa.
  • Bola tidak dapat diganti selama pertandingan tanpa ijin dari wasit.

Keputusan dan Penegasan

Keputusan 1
Bola yang terbuat dari kulit laken/ bulu (Felt ball) tidak diperbolehkan.

Keputusan 2
  • Bola tidak diperbolehkan memantul kurang dari 55cm dan juga tidak boleh lebih dari 65cm pada pantulan pertama ketika bola dijatuhkan dari ketinggian 2 m. Dalam suatu pertandingan atau kompetisi, hanya bola-bola yang memenuhi persyaratan teknis minimal yang diatur dalam Peraturan No. 2 diperbolehkan untuk digunakan.
  • Dalam suatu pertandingan atau kompetisi FIFA dan pertandingan yang lainnya di bawah pengawasan konfederasi, penggunaan bola Futsal tergantung pada tiga logo persyaratan yang tercantum pada bola yaitu logo resmi “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” atau Referensi“International Match Ball Standard”
  • Logo yang tertera pada bola menyatakan bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan sesuai dengan persyaratan teknis, masing-masing kategori beda spesifikasi yang diatur dalam Peraturan No.2, daftar persyaratan tambahan ditentukan pada setiap kategori dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang ditunjuk oleh FIFA yang akan melaksanakan pengujian tersebut.
  • Asosiasi Nasional dapat menyetujui penggunaan bola yang akan digunakan untuk kompetisinya sendiri atau pada seluruh kompetisi yang digelar, bola yang digunakan harus memenuhi salah satu dari tiga persyaratan yang telah ditetapkan dari Peraturan No.2
  • Apabila asosiasi nasional memperbolehkan penggunaan bola berlogo “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” untuk kompetisinya sendiri, maka asosiasi nasional juga harus memperkenankan penggunaan bola yang memegang rancangan bebas royalti “Internasional Matchball Standard”.
  • Didalam kompetisi FIFA dan kompetisi lainnya dibawah pengawasan konfederasi serta asosiasi nasional, tidak diperbolehkan bentuk iklan komersial apapun tertera pada bola tersebut, kecuali untuk plakat kompetisi, penyelenggara kompetisi serta merek dagang pabrik pembuatnya dengan membatasi ukuran dan jumlah tanda-tanda tersebut.

Peraturan Bola di Luar dan Dalam Pertandingan

Bola Di Luar Permainan 

Bola dikatakan sudah di luar permainan jika :
  • Bola secara keseluruhan melewati garis gawang ataupun menyentuh garis samping baik bergulir dalam lapangan maupun melayang di udara,
  • Permainan telah di hentikan oleh wasit,
  • Bola Menyentuh Langit-Langit

Bola Di Dalam Permainan

Bola dikatakan di dalam permainan pada setiap waktu termasuk ketika :
  • Bola memantul dari tiang gawang atau memantul dari mistar gawang ke dalam lapangan permainan,
  • Bola memantul setelah menyentuh wasit bila mereka berada di dalam lapangan permainan
Tinggi minimal langit-langit dalam ruangan lapangan futsal adalah 4 meter dan harus di persyaratkan dalam peraturan kompetisi. Jika bola mengenai langit-langit ketika bola di dalam permainan, maka pertandingan di mulai kembali dengan tendangan ke dalam di laksanakan oleh tim lawannya dari yang terakhir menyentuh bola. Tendangan ke dalam di laksanakan dari tempat dalam lapangan terdekat di bawah dimana bola mengenai langit-langit.

Keterangan lebih lengkap mengenai aturan-aturan main bisa dipelajari pada peraturan permainan futsal yang dibahas secara mendetail.

Itulah beberapa penjelasan tentang aturan bola futsal standar internasional yang ditetapkan oleh FIFA, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang olahraga futsal.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)