Durasi Lama Permainan Sepak Bola

Lama Pertandingan Sepak Bola

Salah satu hal terpenting yang harus diketahui tentang peraturan dalam permainan sepak bola adalah mengenai berapa lama waktu pertandingan berlangsung. Lama permainan sepak bola secara resmi pada pertandingan internasional sesuai peraturan FIFA adalah 2 kali 45 menit atau 90 menit waktu normal. Hal itu pula berlaku pada peraturan sepak bola PSSI yang ada di Indonesia untuk pertandingan resmi nasional.

lama permainan sepak bola

Namun tentu tidak semua pertandingan yang bergulir pada suatu turnamen / kompetisi di level bawah maupun kelas amatir dapat menerapkan peraturan waktu pertandingan tersebut dikarenakan keterbatasan pada beberapa faktor tertentu. Durasi lama waktu permainan untuk setiap babak mungkin hanya berlangsung 30 menit, 40 menit atau bahkan 25 menit saja sesuai dengan kesepakatan bersama serta tidak mengabaikan ketentuan yang ada.

Injury Time (Tambahan Waktu)

Dalam sepak bola injury time adalah tambahan waktu yang diberikan wasit setelah lama pertandingan berlangsung dalam satu babak mencapai 45 menit waktu normal. Seorang asisten wasit di pinggir lapangan memberikan informasi kepada publik berapa menit tambahan waktu yang diberikan. Istilah injury time dalam sepak bola secara harfiah berarti waktu cidera. Hal ini memang awalnya dimaksud untuk mengganti berapa lama waktu yang terbuang disebabkan oleh beberapa pemain di lapangan yang mengalami cedera dan memerlukan perawatan sehingga memaksa wasit untuk menghentikan permainan.

Namun tak hanya sebab itu dalam perkembangannya penetapan tambahan waktu injury time juga bisa mempertimbangkan faktor lain yang membuat wasit mengentikan permainan. Lamanya waktu tambahan yang diberikan tergantung dari berapa lama waktu yang terbuang saat pertandingan di waktu normal 45 menit berlangsung, bisa 4 menit, 3 menit atau bahkan tidak ada perpanjangan waktu dalam babak tersebut.

Lama Waktu Istirahat

Dalam permainan sepak bola durasi waktu yang diberikan pemain untuk beristirahat diantara kedua babak pertandingan yang berlangsung adalah 15 menit. Hal itu berlaku pada pertandingan resmi baik lokal maupun internasional. Meskipun demikian bagi sebuah kompetisi level bawah bisa menerapkan durasi waktu yang lebih singkat, misalnya 10 menit atau bahkan hanya 5 menit saja sesuai sikon dan tetap harus mematuhi peraturan yang ada.

Babak Perpanjangan Waktu (Extra Time)

Berbeda dengan injury time dalam pertandingan sepak bola extra time merupakan babak tambahan perpanjangan waktu untuk mencari dan menentukan siapa yang berhak memenangkan permainan. Extra time biasanya berlangung pada pertandingan yang menggunakan sistem gugur atau suatu pertandingan yang mengharuskan adanya pemenang yang keluar diantara 2 tim dalam pertandingan tersebut.

Babak perpanjangan waktu atau extra time dilakukan jika kedua tim memiliki skor yang sama kuat setelah menjalani babak pertandingan 2 kali 45 menit atau selama 90 menit. Selain itu extra time juga bisa terjadi apabila kedua tim memiliki hasil agregat gol yang sama kuatnya. Lama waktu extra time dalam permainan sepak bola adalah 2 kali 15 menit atau selama 30 menit berlaku pada pertandingan resmi.

Untuk menentukan pemenang pertandingan bola pada saat extra time ada dua cara atau istilah yang dahulu bisa digunakan yaitu golden gol dan juga Silver Gol. Golden gol adalah suatu aturan dalam sepak bola untuk menentukan pemenang ketika extra time berlangsung yang mana tim yang lebih dulu berhasil memasukan bola ke gawang lawan maka dia lah yang menjadi pemenangnya tanpa harus menunggu hingga berapa menit kedepan.

Namun untuk saat ini cara yang paling umum sering dipakai adalah silver gol yaitu suatu aturan dalam menentukan pemenang pertandingan dimana kedua tim harus bermain selama 2 kali 15 menit dan saat pertandingan berakhir siapa yang jumlah gol atau skornya lebih banyak maka dialah yang berhasil memenangkan pertandingan. Apabila hasilnya masih juga sama dan tak berubah maka baru dilakukan tendangan adu penalti.

Water Break

Dalam pertandingan sepak bola di Indonesia khusunya istilah water break mungkin sering terdengar di telinga kita, disebut juga dengan turun minum yang mana memberikan kesempatan kepada para pemain untuk istirahat sejenak sekedar minum mengisi cairan tubuh yang hilang karena kelelahan. Setelah itu pertandingan segera dilanjutkan kembali.

Namun tidak selalu dalam setiap pertandingan sepak bola terdapat water break, hanya dilakukan jika dianggap perlu dengan beberapa faktor dan alasan tertentu. Seperti yang terjadi pada Piala Dunia 2014 Brasil saat pertandingan antara Portugal melawan Amerika Serikat dimana wasit memberikan water break karena pertimbangan panasnya cuaca yang terjadi di Brasil kala itu.

Time Out

Beberapa pelatih populer seperti Jose Mourinho pernah mewacanakan tentang aturan time out ketika ia masih menangani tim raksasa Real Madrid pada Oktober 2012 yang lalu. Seiring berjalannya waktu beberapa pihak juga sempat mengutarakan hal yang sama. Namun secara umum dalam permainan sepak bola tidak ada peraturan time out seperti yang terjadi pada pertandingan bola basket dan beberapa permainan yang lainnya.

Itulah beberapa penjelasan tentang peraturan lama permainan sepak bola, silahkan baca juga artikel yang lainnya semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)