Ukuran Gawang Sepakbola Standar Internasional FIFA

Peraturan Gawang Sepak Bola 

Gawang sepakbola adalah salah satu komponen penting pada setiap bergulirnya pertandingan dimana sebagai acuan para pemain dalam berlomba-lomba untuk memasukan bola dan mengumpulan skor gol sebanyak-banyaknya demi sebuah kemenangan. Ukuran gawang sepak bola standar yang digunakan dalam suatu turnamen resmi baik nasional maupun internasional harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan menurut FIFA maupun PSSI. Baik itu ukuran panjang, lebar dan tinggi gawang sepak bola harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional FIFA

Lapangan sepak bola dan gawang merupakan hal yang tak bisa terpisahkan dimana keduanya memiliki peranan penting dalam terciptanya sebuah permainan sepak bola yang berkualitas. Peraturan gawang yang ada pada suatu stadion sebagai tempat bergulirnya pertandingan mutlak harus diperhatikan untuk memastikan permainan berjalan lancar sesuai dengan ketetapan dan aturan main yang telah ditentukan. 

Bentuk Gawang 

Gawang dalam permainan sepak bola memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari 2 tiang di kanan dan kiri lalu disambung dengan 1 buah mistar gawang yang ada di sebelah atas sehingga terbentuklah persegi panjang. Terdapat 2 buah gawang di dalam lapangan permainan yang mana posisinya masing-masing letaknya berada di sebelah tengah dari garis gawang.

Tiang Gawang dan Mistar

Gawang sepak bola berwarna putih dan memiliki bentuk bulat pada tiang maupun pada mistarnya. Bahan yang bisa digunakan untuk tiang dan mistar gawang sepak bola menurut FIFA adalah terbuat dari besi atau beberapa bahan material yang tidak berbahaya bagi pemain dan penjaga gawang. Untuk ukuran diameter mistar gawang sama dengan tebal tiang gawang sepak bola yaitu berdiameter 12 cm dan juga sama seperti ketebalan garis lapangan permainan. 

Tiang gawang pada permainan sepak bola bisa tertanam di dalam tanah maupun yang bisa bergeser, akan tetapi harus memiliki ketahanan yang kuat. Baik tiang ataupun mistar gawang, tidak boleh bergeser sedikitpun saat terkena bola maupun terkena pemain ketika pertandingan sedang berlangsung. 

Jaring Gawang

Pada permainan sepak bola memiliki jaring-jaring dengan tujuan menahan laju bola yang masuk ke dalam gawang agar bola lebih terlihat jelas jika terjadi sebuah gol sehingga mempermudah wasit dalam menentukan keputusan. Ukuran jaring gawang sepak bola adalah 10 cm untuk besar lubangnya. Bahan jaring yang digunakan yaitu terbuat dari serat plastik yang sangat kuat atau bahan yang tidak mudah sobek saat terkena tendangan keras. 

Posisi jaring gawang ditempatkan ke belakang dari tiang gawang dan harus melekat dengan kuat pada tiang dan juga tanah sehingga jika ada bola yang masuk maka tak akan bisa menembusnya keluar. Ketika pertandingan berlangsung jaring gawang tak boleh mengganggu aktifitas para pemain maupun penjaga gawang. Pada umumnya untuk masalah jaring gawang dalam sepak bola menyesuaikan ukuran dari gawang itu sendiri. 

Ukuran Gawang Sepak Bola 

Gawang yang dipakai untuk pertandingan resmi nasional ataupun internasional harus menggunakan ukuran gawang sepak bola standar FIFA. Akan tetapi untuk beberapa turnamen di level bawah mungkin sedikit berbeda menyesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada, namun umumnya memiliki ukuran yang sama.

Ukuran Panjang Lebar Tinggi Gawang Sepakbola Standar Internasional FIFA

Berikut ini merupakan beberapa hal yang terkait dengan ukuran gawang pada sepak bola menurut FIFA

Panjang Gawang 

Pada permainan sepak bola memiliki ukuran panjang gawang yaitu 8 yards (8yds) atau sepanjang 7,32 meter. Ukuran ini merupakan lebar gawang sepak bola yang ideal sesuai dengan peraturan gawang internasional, diukur dari jarak antara tiang kanan dan kiri gawang. 

Tinggi Gawang Sepakbola

FIFA juga mengeluarkan ketentuan resmi mengenai tinggi gawang sepak bola yang ideal yaitu 2,44 meter. Ukuran tinggi tiang gawang ini diukur dari jarak atas dan bawah yaitu jarak antara mistar gawang dengan tanah atau permukaan lapangan.

Nah, itulah beberapa uraian tentang ukuran gawang sepak bola standar internasional menurut peraturan FIFA terkait dengan panjang, lebar dan tinggi gawang serta jarak mistar dan juga tiang gawang. Jangan lupa untuk membaca materi sepak bola yang lainnya untuk menambah wawasan kita, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)