Sepak Bola Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling digandrungi di dunia. Tak hanya untuk pria, ternyata banyak sekali kaum hawa yang juga menyenangi olahraga yang dimainkan oleh 22 pemain ini. Tak tanggung-tanggung, setidaknya hingga saat ini tercatat tidak kurang dari 176 negara di dunia telah mempunyai tim nasional sepak bola wanita. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai sejarah sepakbola wanita, klub/tim  hingga piala dunia untuk pertama kalinya berikut ini kami sajikan ulasannya.

sejarah piala dunia sepak bola wanita

Sejarah Sepak Bola Wanita

Dari segi sejarah, sepak bola wanita sudah ada sejak sepak bola pertama kali ditemukan. Mungkin sebagian besar orang mengetahui bahwa olahraga sepak bola berasal dari Inggris namun sejatinya permainan ini telah ada sejak ribuan tahun lalu. Sejarah sepak bola wanita sudah dimainkan oleh para wanita di Cina sekitar tahun 25 yakni pada masa Dinasti Donghan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lukisan-lukisan dari Dinasti Han yang mempertontonkan para wanita bermain Tsu Chu yang merupakan cikal bakal dari sepakbola. Setelah ratusan tahun berlalu permainan sepak bola wanita seperti tenggelam terutaman ketika Dinasti Qing berkuasa yang mana sangat tidak menyukai sepak bola wanita bahkan sampai muncul larangan bermain sepak bola bagi para wanita di Cina kala itu.

Skotlandia adalah negara yang penting bagi berkembangnya sepak bola wanita. Sejarah mencatat, sejak tahun 1790an sudah banyak ditemukan kejuaraan-kejuaraan sepakbola wanita di Skotlandia. Pada tahun 1852, Skotlandia menjadi negara pertama yang merekam dan menyiarkan pertandingan sepak bola wanita. Hal ini kemudian mulai diikuti Inggris pada tahun 1895.

Namun lambat laun mulai berubah, sepak bola untuk wanita rupanya diperbolehkan untuk dimainkan lagi. Seiring berjalannya waktu, sepakbola wanita menjadi sangat digemari. Sepak bola wanita di negara Eropa juga mulai banyak dimainkan oleh kaum hawa disana. Sekitar tahun 1920an terselenggaralah pertandingan sepak bola wanita di Inggris dan dihadiri oleh banyak sekali penonton yang sangat antusias untuk hadir. Bahkan pertandingan yang dilaksanakan di Everton tersebut mampu menyedot penonton hingga 53000 orang sampai melebihi kapasitas stadion yang ada.

Larangan Bermain

Kesuksesan sepak bola wanita bukanlah tanpa halangan. Pada saat itu perkembangan sepakbola wanita memang sangat pesat dan bisa dikatakan bahwa pertandingan sepak bola wanita dapat menyaingi pria. Sayangnya antusiasme yang tinggi tak disambut dengan positif saat itu sehingga tidak bisa berkembang dengan baik.

FA sebagai federasi sepak bola Inggris justru memberikan respon yang negatif sampai - sampai membuat sebuah larangan bermain sepak bola bagi wanita. Banyak yang mengatakan langkah yang diambil FA ini merupakan langkah iri hati sekaligus defensif demi melindungi sepakbola pria.

Sejak awal olahraga ini mulai dikenal, cibiran-cibiran pahit sudah banyak bermunculan seperti yang mengatakan wanita tidak etis dan tak sepantasnya bermain sepakbola. Hal ini memang erat sekali hubungannya dengan perbedaan gender yang pada saat itu masih ramai. Hal ini rupanya diikuti oleh negara lain seperti Belanda dan Jerman pada tahun 1955 yang menyatakan hal yang sama bahwa sepak bola wanita dilarang untuk dimainkan dengan alasan bahwa permainan sepak bola tak sesuai dengan kodratnya bagi seorang wanita.

Kebangkitan 

Seiring berjalannya waktu rupanya persepak bolaan untuk para wanita mulai bersinar. Puluhan tahun tidak mengalami perkembangan, akhirnya angin segar berhembus kembali. Perlahan aturan pelarangan sepakbola wanita mulai dicabut. Tahun 1971 beberapa negara besar Eropa memperbolehkan lagi pertandingan sepak bola bagi wanita.

Mulai saat itulah permainan sepak bola wanita modern berkembang menjadi lebih baik. Walaupun begitu, sepakbola wanita tidak dengan mudah menemukan kembali kesuksesan yang pernah dimiliki 60 tahun lalu. Perlu 20 tahun lebih lamanya sepak bola bisa bangkit kembali hingga di tahun 1991 berhasil menyelenggarakan piala dunia wanita untuk yang pertama kalinya.

Klub Sepak Bola Wanita 

Beberapa tim sepak bola wanita mulai terbentuk dan menggelar kompetisi sendiri di berbagai negara. Seperti beberapa klub besar sepak bola wanita yang cukup terkenal antra lain :
  • Di Inggris : Arsenal Ladies, Chelsea Ladies Football, Bristol Academy Ladies, dan lain lain
  • Amerika Serikat : Washington Freedoms, Boston Breakers, Arizona Heatwaves, dan lainnya
  • Jepang : NTV Beleza, INAC Kobe Leonessa, Albirex Niigata Ladies, dan lain sebagainya. 
Di negara kita sendiri juga tak ketinggalan memiliki tim yang mana salah satu klub sepak bola wanita di Indonesia adalah Buana Putri selain beberapa nama tim yang ada.

Piala Dunia Wanita 

Mengamati perkembangan sepak bola wanita yang mengalami perkembangan cukup baik akhirnya FIFA sebagai induk organisasi sepak bola di dunia memberikan support kepada sepakbola wanita dengan digelarnya sebuah kejuaraan piala dunia untuk wanita yang disebut dengan FIFA Women’s World Cup.

Sejarah piala dunia wanita pertama kalinya dilaksanakan di Cina yaitu pada tahun 1991. Dalam turnamen akbar tersebut diikuti oleh 12 tim dan Amerika Serikat keluar sebagai juara pada waktu itu. Piala dunia wanita FIFA diselenggarakan setiap 4 tahun sekali seperti yang terjadi pada sepakbola pria.

Adapun catatan gelaran piala dunia wanita yang diselenggarakan FIFA sebagai berikut:

Pertama
Tahun : 1991
Tuan rumah : Cina
Juara 1 : Amerika Serikat
Juara 2 : Norwegia

Kedua 
Tahun : 1995
Tuan rumah : Norwegia
Juara 1 : Norwegia
Juara 2 : Jerman

Ketiga 
Tahun : 1999
Tuan rumah : USA
Juara 1 : Amerika Serikat
Juara 2 : Cina

Keempat 
Tahun : 2003
Tuan rumah : USA
Juara 1 : Jerman
Juara 2 : Swedia

Kelima
Tahun : 2007
Tuan rumah : Cina
Juara 1 : Jerman
Juara 2 : Brasil

Keenam
Tahun : 2011
Tuan rumah : Jerman
Juara 1 : Jepang
Juara 2 : Amerika Serikat

Ketujuh
Tahun : 2015
Tuan rumah : Kanada
Juara 1 : Amerika Serikat
Juara 2 : Jepang

Hingga kini, tercatat sudah 7 kali gelaran Piala Dunia Wanita yang diselenggarakan FIFA dimana Amerika Serikat menjadi negara tersukses sejauh ini dengan mengantongi tiga gelar dan disusul oleh Jerman dengan dua gelar. Piala Dunia Wanita selanjutnya akan digelar di Prancis pada tahun 2019 mendatang dan rencananya akan diikuti oleh 24 negara yang sudah lolos fase kualifikasi.

Di Indonesia sendiri sepak bola wanita sudah umum dikenal walaupun kepopulerannya masih jauh jika dibanding sepakbola pria. Indonesia sebenarnya memiliki tim nasional sendiri yang bertanding di kelas Internasional sejak tahun 1979. Sayangnya, insiden-insiden yang menimpa persoalan tentang PSSI terpaksa membuat tim nasional sepak bola wanita Indonesia urung bertanding sejak 2015 lalu. Semoga kedepan prestasi sepakbola Indonesia di ranah internasional semakin maju dan membanggakan.

Nah, diatas adalah sekelumit ulasan mengenai sepak bola wanita, semoga bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa baca artikel yang lainnya semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)