Cara Bermain Tenis Meja

Permainan tenis meja merupakan salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil dan sebuah bad untuk memukulnya. Masyarakat umum biasanya menyebut olahraga ini dengan nama pingpong. Dan tentunya, bukan rahasia lagi jika olahraga ini sangat digandrungi terutama mereka pecinta sejarah.

cara bermain tenis meja

Setiap jenis olahraga memiliki peraturan dan perlengkapannya yang berbeda – beda, termasuk permainan olahraga tenis ini. Beberapa komponen penting yang wajib ada pada permainan tenis meja antara lain bola, bad, papan meja lapangan dan juga net.  Untuk mengetahuinya lebih lanjut silahkan simak ulasan berikut.

Aturan Main Tenis

Permainan tenis meja dapat dilakukan secara single yaitu tunggal putra atau putri, double yaitu ganda putra atau putri, dan double campuran yaitu ganda putra dan putri. Peraturan tenis meja yang utama adalah cara memukul bola. Bola tenis dapat dipukul setelah memantul dahulu sebanyak satu kali pada bidang meja (lapangan tenis meja). Bola yang dipukul harus bisa melalui net untuk menuju ke meja lawan. Bola tenis tidak boleh dipukul jika merupakan bola langsung serta telah memantul sebanyak dua kali di meja sendiri.

Untuk mendapatkan poin pada permainan ini adalah melakukan servis atau mengembalikan bola dengan baik sehingga lawan tidak dapat menerima atau mengembalikan bola yang mengarah ke arahnya. Dengan cara seperti ini, pemain akan mendapatkan satu angka. Tidak hanya mudah untuk mendapatkan angka, ternyata pemain juga dapat kehilangan angka jika terjadi beberapa hal diantarannya adalah gagal melakukan servis, tidak dapat mengembalikan bola yang diberikan oleh lawan, bat menyentuh net atau tiang selama pertandingan sedang berlangsung, bat menggerakkan bidang permainan ketika pertandingan sedang berlangsung serta tangan menyentuh bidang permukaan atau meja.

Peraturan tenis meja yang terakhir adalah perhitungan nilai akhir. Permainan akan dimenangkan oleh pemain yang mencapai nilai 21 lebih cepat dibandingkan pemain lain kecuali terjadi duece. Apabila terjadi duece yaitu nilai kedua pemain sama misal 20 lawan 20 maka yang menjadi pemenang adalah yang paling cepat memperoleh 2 angka diatasnya.

Ukuran Meja Tenis

Sama dengan permainan atau olahraga yang lain, permainan tenis meja juga memiliki ukuran lapangan tenis meja sendiri. Ukuran yang ditentukan pada permainan ini meliputi tiga hal yaitu meja standar, net dan tiang penyangga net.

Meja yang digunakan untuk permainan ini bukanlah meja sembarangan. Meja yang digunakan harus memiliki ukuran panjang 2,74 meter, lebar 1,525 meter, tinggi 76 cm, dan ketebalan 15mm – 25mm. Tidak hanya itu, permukaan meja harus rata karena hal ini akan memperngaruhi pantulan bola. Pada permainan tenis meja, terdapat ketentan bahwa jika bola dijatuhkan dari ketinggian 30 cm maka jarak pantulannya minimal harus sebesar 22 cm.

Net Tenis Meja

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah untuk ukuran net permainan tenis meja. Garis ujung net berjarak 137cm dengan panjang tali 183 cm yang dihitung dari ujung tiap tiang. Net harus terbuat dari bahan yang kaku dan memiliki warna yang gelap seperti hijau tua atau biru tua dimana pada bagian atasnya berwarna putih.

Terakhir, ukuran yang ditentukan adalah tiang penyangga net. Jarak setiap tiang harus 15,25 cm dari tiap sisi lapangan dimana diameter tiang sebesar 22 mm. Terdapat alat khusus yang digunakan untuk mengatur tinggi tiang dan kekencangan net dimana alat tersebut untuk mengatur jarak tiap tiang yaitu berjarak 7 mm.

Bola Tenis Meja

Harga bola tenis meja bermacam – macam, hal ini bergantung pada merk dan kualitas dari bola tenis itu sendiri, biasanya 1 pcs bola tenis berkisar di harga 10 ribuan. Namun kebanyakan dijual dalam 1 kotak yang isinya 6 buah, dengan kisaran harga 50-100ribuan (tergantung mereknya).

Demikian penjelasan tentang cara bermain tenis meja dan beberapa komponen penting pendukungnya dalam permainan. Selamat berolahraga semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)