Berbagai Macam Jenis Ukuran Kolam Renang Wahana Wisata Air

Wahana Wisata Air Kolam Renang

Tidak dapat dipungkiri lagi, olahraga renang memang memiliki daya tarik yang cukup kuat baik mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun baik pria maupun wanita. Bahkan tidak sedikit para pecinta renang yang sengaja membangun kolam renang pribadi yang indah di dalam desain rumah miliknya. Tentu dengan ukuran yang lebih minimalis dibandingkan dengan ukuran kolam renang standar yang memenuhi syarat untuk diperlombakan dalam pertandingan resmi dimana memiliki lebar dan panjang lintasan yang telah ditentukan dalam peraturan. 

macam-macam jenis ukuran kolam renang

Selain itu fakta lain banyaknya pecinta olahraga renang yang dapat kita saksikan saat ini adalah semakin banyak dibuka tempat wisata air kolam renang di kota-kota besar seperti Jakarta maupun di kota-kota kecil lainnya. Termasuk menyajikan area renang dengan ukuran kolam renang yang bermacam-macam dan selalu ramai dikunjungi. Terlebih saat musim liburan tiba, banyak sekali anak-anak yang mengisi waktu liburannya untuk mengunjungi obyek wisata renang bersama teman atau keluarga tercinta. 

Olahraga renang selain seru dan menyenangkan juga menyimpan banyak rahasia ampuh bagi kesehatan tubuh seperti menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi resiko terkena penyakit arthritis, menjaga kesehatan jantung, membentuk dan menguatkan otot, membakar kalori jahat dan menurunkan kelebihan berat badan dan lain sebagainya. 

Jenis Kolam Renang

Bagi Anda yang juga gemar berolahraga renang atau mungkin mempunyai hasrat untuk membuka tempat wisata renang sendiri, berikut beberapa jenis kolam renang yang penting untuk Anda ketahui.  

Kolam Renang Anak

Dalam memilih jenis kolam renang untuk anak-anak tidak boleh sembarangan, apalagi jika anak Anda masih kecil dan tubuhnya belum terlalu tinggi  Sebaiknya jangan berikan izin kepada anak untuk berenang di kolam renang ukuran orang dewasa. Karena ukuran kolam renang berbeda-beda tergantung kriteria tujuan pemakaian, kolam renang yang dikhususkan untuk berenang anak relatif lebih dangkal daripada kolam renang ukuran dewasa. 

Lap Pool

Jika dilihat dari ukuran kolam renang jenis ini, bentuknya tidaklah lebar namun sengaja dibuat memanjang dan sempit. Biasanya kolam renang ini berfungsi sebagai terapi bagi orang yang memiliki masalah dengan kesehatan tubuhnya. Tujuannya pembentukan kolam yang panjang dan sempit ini adalah agar orang yang berenang di kolam renang ini dapat melakukan olahraga renang dalam waktu yang lebih intensif.

Umumnya kolam renang jenis lap pool ini dilengkapi dengan mesin sebagai pengatur arus air. Pemakaian mesin arus ini agar perenang dapat merasakan sensasi santai ketika berolahraga renang di kolam ini. 

Exercise Pool

Kolam renang excercise poll juga dikenal dengan nama kolam renang latihan. Sekilas Anda mendengar nama dari kolam ini pastilah sudah bisa menebak apa fungsi dari kolam tersebut. Sesuai dengan namanya, jenis kolam yang satu ini difungsikan sebagai kolam renang latihan bagi para pemula yang belum pAndai untuk melakukan olahraga renang. Bentuk exersice pool mempunyai ukuran kolam renang yang relatif lebih kecil dari kolam renang pada umumnya. 

Sedangkan untuk fasilitas pelengkapnya, exercise pool ini dilengkapi dengan sistem penggerak air untuk menimbulkan arus dalam kolam. Adanya arus yang ditimbulkan ini membuat para perenang hanya bisa berada pada satu titik renangnya. 

Play Pool

Jenis kolam renang yang selanjutnya adalah play pool. Kolam renang ini mempunyai ukuran kolam renang yang cukup luas namun tingkat ketinggian air yang rendah. Fungsi utama dari play pool ini adalah sebagai kolam renang untuk bermain anak. Wajar saja jika didesain dengan air yang dangkal supaya aman untuk digunakan renang anak-anak.

Jenis kolam renang yang satu ini juga sengaja dibangun dengan mengkolaborasikan warna-warna cerah yang bertujuan agar menarik perhatian anak-anak dan membuat anak selalu ceria saat berada di kolam renang yang satu ini. Biasanya di sekeliling kolam disediakan tempat-tempat untuk bersantai bagi orang tua yang sedang mengawasi anak-anaknya berenang di play pool.

Private Pool

Jenis kolam renang yang kelima adalah dikenal dengan nama private pool atau kolam renang pribadi. Ukuran kolam renang ini biasanya tidak terlalu besar karena difungsikan sebagai kolam renang untuk bersantai bersama keluarga atau kelompok tertentu dalam jumlah orang yang tidak terlalu banyak. Biasanya jenis kolam yang satu ini terdapat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan sebagainya. 

Tentunya untuk masuk ke area wisata renang seperti kolam renang di Jakarta ditawarkan dengan harga yang lebih mahal daripada beberapa tempat renang yang dibuka di area pedesaan. Apalagi jika kolam renang tersebut disediakan juga sebagai kolam renang privasi yang bisa dibooking hanya untuk satu ruang lingkup keluarga. Tentulah harganya pun juga semakin tinggi. 

Kolam Renang Free Form

Kolam renang yang satu ini mempunyai suguhan bentuk yang berbeda dari jenis kolam renang yang lain. Jika biasanya kolam renang berbentuk persegi panjang, kolam renang free form dikemas dalam bentuk yang tidak beraturan atau bebas sesuai pembuat kolam. Tujuan dari desain kolam yang bebas ini adalah agar perenang bisa merasakan kesan yang lebih dekat dengn alam.

Kolam Renang Geometris

Jika kolam renang free form didesain dengan bentuk yang bebas maka jenis kolam yang ke tujuh ini merupakan kebalikannya. Kolam renang geometris umumnya tidak dibangun di rumah, melainkan di sekolah atau sebuah kompetisi renang dengan sifat yang formal.

Itulah beberapa jenis kolam renang yang bisa menjadi rekomendasi Anda jika ingin membuka usaha baru berupa bentuk wisata air kolam renang atau untuk kebutuhan kolam renang keluarga dan instansi. Tentunya dengan berbagai ukuran kolam renang yang berbeda sesuai kebutuhan atau tujuan pembangunan kolam renang tersebut.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)